Pertandingan dan Perlombaan Sama atau Beda ya?

    Bagi yang kurang menyukai olahraga, mungkin banyak yang belum mengetahui perbedaan antara pertandingan dan perlombaan. Bahkan di Asian Games 2018, salah satu stasiun televisi mendapati kesalahan dengan menyebutkan “pertandingan” wushu dan “perlombaan” bola voli. Padahal yang benar, wushu adalah perlombaan, sedangkan bola voli adalah pertandingan. Lalu bagaimana biar benar?

    Pada umumnya pertandingan dan perlombaan merupakan istilah yang berhubungan dengan persaingan, misalnya adu  keterampilan, ketangkasan, kepandaian, dll. Keduanya memiliki persamaan yaitu, mempertemukan pesertanya untuk bersaing mendapatkan kemenangan. Namun pertandingan dan perlombaan juga memiliki perbedaan, yang intinya adalah sebagai berikut.

    Perbedaan pertandingan dan perlombaan adalah pertandingan menggunakan istilah menang kalah dan seri dengan mempertemukan 2 pemain atau regu untuk mendapatkan hasil pertandingan. Sedangkan perlombaan menggunakan istilah menang dan kalah namun tidak menggunakan istilah seri, Lalu berjalan searah dan sekali pertandingan bisa dilakukan dengan lebih dari 2 pemain.”

    Baik itu pertandingan maupun perlombaan, keduanya bisa terjadi persaingan yang seru antar pihak yang mengikutinya.

    Pertandingan

    Pertandingan dilaksanakan dengan mempertemukan 2 pemain atau regu untuk bersaing mendapatkan hasil kemenangan. Sehingga di pertandingan keduanya saling berhadapan.

    Pada pertandingan ini, peserta yang ikut bertanding bisa 1 pemain atau bisa juga 1 regu yang berisi beberapa pemain. Lalu mereka berhadapan dengan lawan yang jumlahnya sama.

    Contohnya adalah basket, sepak bola, voli, catur, tinju, bulu tangkis, futsal, dll.

    Pertandingan Basket
    Image credit: Unsplash/Markus Spiske

    Misalnya pada olahraga basket, maka dua tim basket berhadapan untuk bertanding. Lalu pada olahraga tinju, maka 2 petinju berhadapan untuk bertanding.

    Perlombaan

    perlombaan bisa dilaksanakan dengan mempertemukan dua pemain atau lebih untuk bersaing mendapatkan kemenangan. Pada perlombaan ini, biasanya jumlah peserta tidak dibatasi, lalu dengan sekali perlombaan bisa diketahui siapa pemenangnya.

    Contohnya adalah lari, lompat jauh, lompat tinggi, dll.

    Perlombaan Lari
    Image credit: Unsplash/Goh Rhy Yan

    Misalnya pada olahraga lari, lompat jauh, dan lompat tinggi. yaitu tidak terbatas untuk 2 pemain yang mengikuti. Namun terdiri dari beberapa pemain, yang mana mereka tidak saling berhadapan seperti pada pertandingan dan mereka juga tidak saling menjatuhkan secara langsung. Melainkan saling menunjukkan siapa yang memiliki kemampuan paling unggul untuk memenangkan lomba.

    Jika untuk lomba lari maka pemenangnya adalah yang larinya paling cepat, untuk lompat tinggi maka pemenangnya adalah yang lompatannya paling tinggi, dan untuk lompat jauh maka pemenangnya yang lompatannya paling jauh.


    Share this post:
    Loading...