Apa Perbedaan Pertanian dan Perkebunan ya?

    Pertanian dan perkebunan, keduanya merupakan istilah yang berjalan beriringan dan bisa membingungkan untuk membedakannya. Namun perbedaan pertanian dan perkebunan bisa dijelaskan dengan singkat sebagai berikut.

    Perbedaan dari pertanian dan perkebunan

    Perbedaan pertanian dan perkebunan adalah pertanian mengembangkan dan memanfaatkan sumber daya alam hayati untuk menghasilkan komoditi yang bisa digunakan untuk kebutuhan hidup. Sedangkan perkebunan merupakan bagian dari sistem pertanian namun berorientasi pada skala besar dan hasil komoditinya bisa diperdagangkan.”

    Secara umum, penjelasan tersebut telah merepresentasikan semua penjelasan untuk perbedaan pertanian dan perkebunan. Karena pertanian memiliki arti luas yang intinya memanfaatkan sda hayati, bisa meliputi peternakan, perikanan, dan kehutanan. Sementara perkebunan biasanya tidak dikomsumsi secara lokal, melainkan biasanya diperdagangkan untuk skala besar. Tentu harus diingat bahwa, lahan perkebunan berbeda dengan sekadar kebun di belakang rumah kita.

    Pengertian pertanian dan perkebunan

    Pengertian pertanian

    Pertanian adalah kegiatan untuk memanfaatkan sda hayati yang dilakukan untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, dan sumber energi, serta mengelola lingkungan hidupnya. Kegiatan pertanian bisa meliputi bercocok tanam, pembesaran hewan ternak, budidaya ikan, dan pendayagunaan hutan.”

    Pengertian perkebunan

    Perkebunan adalah kegiatan untuk membudidayakan tanaman tertentu pada tanah atau media lainnya yang bisa ditumbuhi, lalu mengolah dan memasarkan hasil tanaman tersebut.”

    Penjelasan tambahan

    Penjelasan di atas mengacu pada pengertian pertanian dengan arti yang luas. Namun pertanian juga memiliki arti yang sempit, yaitu sekadar memanfaatkan lahan untuk menghasilkan komoditi yang bisa dinikmati secara lokal. Baik lahan itu sempit ataupun luas. Lalu hasil tanam biasanya tidak untuk didistribusikan ke daerah luar, namun ditujukan untuk pasar setempat.

    Pertanian
    Image credit: Freepik/Jcomp

    Lalu untuk perkebunan, sekadar contoh misalnya, kita bisa pergi ke dataran tinggi untuk melihat perkebunan teh. Lalu menanyakan ke pemetik tanaman teh, apakah mereka meminum teh yang dipetik tersebut? Biasanya tidak. Kita bisa menanyakan ke pimpinan perkebunan, ke mana teh tersebut didistribusikan? Biasanya sebagian besar didistribusikan ke luar daerahnya atau bahkan dieskpor, lalu untuk sebagian kecil bisa untuk distributor lokal.

    Perkebunan
    Imaga credit: Unsplash/BBH Singapore

    Sebagai tambahan, biasanya perkebunan berkonsentasi dengan menerapkan banyak efisiensi. Oleh karena itu, penggunaan berbagai teknologi dan mesin untuk budidaya dan juga pengolahan hasil tanaman begitu ditekankan. Lain dengan pertanian yang dengan arti sempit, yang di mana biasa bisa menggunakan alat seadanya untuk bercocok tanam dan irigasi.

    Perkebunan biasanya juga memperhitungkan efisiensi untuk penggajian tenaga kerja, energi yang digunakan untuk pengolahan, harga untuk jual, lokasi penjualan, bahkan dividen. Struktur dan kepengurusan perkebunan pada umumnya lebih kompleks, jika dibandingkan dengan perbedaan pertanian yang arti sempit.


    Share this post:
    Loading...