Apa Saja Perlengkapan Pameran Karya Seni Rupa?

    Penyelenggaraan pameran karya seni rupa memerlukan beberapa perlengkapan yang sangat penting. Perlengkapan ini merupakan berbagai peralatan yang dibutuhkan ketika berlangsungnya kegiatan. Lalu disusun sesuai dengan denah pameran. Dengan kelengkapan peralatan ini, diharapkan bisa mendukung keberhasilan pameran yang diselenggarakan.

    Berikut adalah contoh perlengkapan dalam penyelenggaraan pameran karya seni rupa.

    1. Ruang pameran

    Ruang untuk penyelenggaraan pameran berhubungan dengan pengelolaan lokasi dan perlengkapan pameran. Pameran seni rupa bisa dilakukan di galeri dan museum. Jika di sekolah, ruang yang bisa digunakan adalah ruang aula dan ruang kelas.

    2. Sketsel atau panil

    Sketsel atau panil adalah perlengkapan pameran yg digunakan untuk memajang karya 2 dimensi. Misalnya adalah lukisan, gambar, kerajinan hiasan, dll. Alat ini merupakan papan yang juga berfungsi sebagai penyekat ruangan.

    3. Level

    Level adalah perlengkapan pameran yang digunakan untuk memasang karya 3 dimensi. Misalnya adalah patung, kriya, dll. Level memiliki bidang datar seperti meja. Bentuk alat ini bisa bervariasi, lalu ukurannya bisa dipilih yang sesuai dengan ukuran karya seni.

    4. Label

    Label merupakan informasi dari karya seni yang dipamerkan, bisa ditempelkan di bagian bawah atau bagian samping karya. Informasi pada label bisa di lengkapi dengan judul karya, nama seniman, dan kapan pembuatannya.

    5. Tata Cahaya

    Tata cahaya adalah perlengkapan pameran yang digunakan untuk memperjelas karya yang dipamerkan. Tata cahaya ini biasanya menggunakan lampu yang diatur dengan sedemikian rupa, yaitu tidak begitu terang dan tidak begitu redup.

    Tata cahaya pameran seni rupa di dalam gedung hendaknya difokuskan pada setiap objek karya seni yang dipamerkan. Jika memiliki bujet yang mencukupi, bisa menggunakan spotlight untuk menerangi satu per satu karya seni biar menambahkan dampak visual.

    6. Pendingin udara

    Jika ruang pameran memiliki banyak pengunjung, bisa menjadi panas dan mengganggu kenyaman. Oleh karena itu perlu menggunakan pendingin udara, bisa dengan AC, kipas angin, ataupun alat lainnya.

    7. Sound system

    Sound system memiliki peranan penting di kegiatan pameran, yaitu untuk menyampaikan informasi. Dengan alat ini, informasi yang disampaikan bisa langsung di dengan banyak orang di ruang pameran.

    8. Meja

    Meja bisa menjadi tempat untuk meletakkan beberapa perlengkapan pameran lain, seperti brosur, katalog, dan buku tamu.

    9. Kursi

    Kursi diperlukan untuk penyambut tamu pameran, yang mana biasanya duduk di dekat mejanya. Lalu jika memiliki tempat yang luas juga bisa untuk pengunjung,

    10. Buku tamu

    Di kegiatan pameran, buku tamu biasanya diletakkan di atas meja dekat dengan pintu masuk. Buku ini bisa ditujukan untuk mengetahui berapa jumlah pengunjung pameran dan dari kalangan apa saja. Di buku tamu bisa diberikan form untuk diisi pengunjung, yang biasanya meliputi nama, pekerjaan, tanda tangan, dll.

    11. Katalog

    Katalog merupakan bentuk buku seperti brosur, namun memiliki beberapa halaman. Katalog ini biasanya diletakkan di meja pintu masuk. Di kegiatan pameran, katalog dapat ditujukan biar pengunjung bisa mendapatkan banyak gambaran tentang apa yang dipamerkan. Alat ini bisa diisi dengan kata sambutan, jenis-jenis karya seni, dan data peserta pemeran dengan hasil karyanya.

    12. Brosur

    Brosur biasanya diletakan di meja pintu keluar. Alat ini dapat dimaksudkan untuk menawarkan ke pengunjung, namun mereka juga bisa membawa informasinya pulang. Brosur bisa disertakan dengan kontak yang bisa dihubungi, sehingga jika memiliki keperluan mereka dapat menghubungi yang bersangkutan.

    13. Buku pesan

    Buku pesan bisa diletakkan di atas meja dekat dengan pintu keluar. Buku ini bisa ditujukan untuk meminta ulasan dari pengunjung atas pameran yang diselenggarakan, yaitu bagaimana pendapat mereka.

    14. Dekorasi ruangan

    Dekorasi ruangan dapat dijadikan perlengkapan tambahan yang ditujukan untuk memperindah ruangan pameran. Misalnya dapat dengan menambahkan pot bunga, jam dinding, dll.

    Loading...