Perpindahan Panas Secara Radiasi, Bedanya dng Konveksi & Konduksi

    Perpindahan Panas Secara Radiasi, Konveksi, dan Konduksi – Mungkin Kamu pernah ke luar rumah saat siang hari dengan memakai baju hitam. Lalu merasa bahwa udara panas di luar begitu panas. Jika iya, maka tidak salah, sebab warna hitam memanglah penyerap kalor radiasi yang paling baik.

    Berbagai benda dengan warna hitam lebih banyak menyerap kalor, lalu hanya memantulkannya sebagian jika dibandingkan dengan benda lain yang berwarna putih. Begitu pula sebaliknya saat malam hari ketika kita menggunakan baju hitam, maka dapat lebih terasa dingin jika dibandingkan dengan menggunakan baju warna putih. Bisa demikian karena pakaian dengan warna hitam menyerap kalor yang dikeluarkan tubuh.

    Nah pada pembahasan ini adalah tentang apa yang dimaksud dengan perpindahan panas secara radiasi, lalu juga dengan pembahasan mengenai perbedaan utamanya dengan konveksi dan konduksi.

    Daftar Isi:

    Apa yang dimaksud dengan perpindahan panas secara radiasi?

    Perpindahan panas secara radiasi adalah proses pindahnya panas atau kalor yang tidak membutuhkan zat perantara.

    Apa perbedaan utama perpindahan panas secara radiasi dengan konveksi?

    Perbedaan utama perpindahan panas secara radiasi dengan konveksi adalah kalau radiasi tidak membutuhkan zat perantara, sedangkan untuk konveksi membutuhkan zat perantara.

    Biasanya pada perpindahan ini zat perantaranya ikut berpindah. Jadi kalau partikelnya pindah, maka kalornya merambat dan konveksi terjadi. Biasanya terjadi pada zat cair dan gas. Contoh perpindahan ini misalnya gerakan naik dan turun air saat dipanaskan, terjadinya angin darat dan angin laut, asap cerobong pabrik, dll.

    Apa perbedaan utama perpindahan panas secara radiasi dengan konduksi?

    Perbedaan utama pindahnya panas secara radiasi dengan konduksi adalah kalau radiasi tidak membutuhkan zat perantara, sedangkan untuk konduksi membutuhkan zat perantara, yakni benda logam.

    Jadi, pada perpindahan ini, biasanya melalui zat padat yang tidak ikut mengalami perpindahan. Maksudnya perpindahan kalor panda sebuah zat tersebut tidak disertai dengan partikelnya. Contohnya adalah saat memegang kembang api yang sedang dibakar, knalpot motor menjadi panas ketika mesin dihidupkan, tutup panci turut panas ketika digunakan untuk menutup rebusan air, dll.

    Contoh pindahnya panas secara radiasi

    Contoh pindahnya panas secara radiasi misalnya adalah api unggun, api kompor, serta panas matahari.

    Kalor dari panas matahari tidak bisa pindah dengan cara konduksi. Sebab udara yang ada di atmosfer merupakan konduktor yang paling buruk. Kalor dari panas matahari tidak bisa pula dihantarkan dengan cara konveksi. Sebab di antara matahari dengan bumi ada ruang hampa yang tidak menghantarkan panas. Jadi, bisa disimpulkan bahwa kalor dari matahari merambat ke bumi bukan lewat zat perantara.

    Ada pula contoh lain, yaitu ketika kita sedang pergi ke dataran tinggi. Semisal untuk berkemah di pegunungan. Ketika udara yang ada di pegunungan terasa sangat dingin, maka kita bisa membuat api unggun. Panas dari api unggun itu bisa sampai ke badan kita tanpa harus lewat zat perantara. Pindahnya kalor dengan cara semacam ini yang kita sebut sebagai radiasi.


    Share this post:
    Loading...