Apa Sajakah Potensi Ekonomi Maritim di Indonesia?

    Ekonomi maritim Indonesia memiliki potensi untuk menambah devisa negara melalui beberapa cara, di antaranya adalah sebagai berikut.

    1. Budi daya perairan
    2. Bioteknologi industri
    3. Wisata bahari
    4. Energi laut
    5. Pelayaran

    Beberapa daftar potensi ekonomi maritim tersebut bisa diberdayakan untuk memberikan kontribusi bagi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di Indonesia. Jika ingin mengetahui penjelasannya, berikut ringkasan dari masing-masing poin di atas.

    Penjelasan potensi ekonomi maritim Indonesia

    1. Budi daya perairan

    Budi daya perairan disebut juga sebagai akuakultur. Budi daya ini merupakan bentuk pemeliharaan dan penangkaran aneka macam hewan dan tumbuhan yang menggunakan air sebagai komponen pokoknya. Misalnya adalah budi daya ikan, udang, dan rumput laut.

    2. Bioteknologi industri

    Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi yang melibatkan pemanfaatan makhluk hidup untuk mengembangkan atau membuat produk. Lalu bioteknologi industri merupakan pengaplikasiannya untuk mengoptimalkannya pada kegiatan industri.

    3. Wisata bahari

    Wisata bahari merupakan rekreasi menikmati alam laut. Bisa meliputi daerah pantai, pulau-pulau, dan kawasan lautan lainnya, baik dasar atau permukaan laut maupun dalamnya. Wisata ini memiliki manfaat penting untuk meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga ekosistem laut.

    4. Energi laut

    Energi laut merupakan salah satu energi terbarukan. Energi laut dapat dibagi menjadi tiga yaitu, energi pasang surut, energi ombak, dan konversi energi termal lautan.

    a. Energi pasang surut merupakan energi yang dihasilkan dari pasang surut air laut dan dijadikan energi dalam bentuk lainnya, misalnya listrik. Energi ini relatif lebih mudah diprediksi jumlahnya daripada energi angin dan energi surya.

    b. Energi ombak merupakan energi yang berasal dari tekanan naik turun gelombang air di laut. Energi ini bisa digunakan untuk pembangkit listrik. Negara maritim memiliki potensi yang besar untuk energi ini.

    c. Konversi energi termal lautan merupakan cara untuk menghasilkan energi listrik menggunakan perbedaan temperatur yang terdapat di antara laut dalam dan perairan dekat permukaan untuk menjalankan mesin kalor. Mesin kalor adalah sebutan bagi alat yang digunakan untuk mengubah energi panas menjadi energi mekanik.

    5. Pelayaran

    Potensi pelayaran yang dimaksud bisa untuk jasa transportasi. Misalnya untuk antar dan kirim barang maupun warga yang ingin menggunakan jalur laut untuk transportasi. Namun tantangan besar di pelayaran adalah menghasilkan sumber daya manusia yang memadai.


    Share this post:
    Loading...