Realme Narzo 50A Harga Terbaru dan Spesifikasi Lengkap 2023

Realme Narzo 50A jadi ponsel kelas entry level yang lahir dalam akhir tahun 2021. Kehadiran daripada ponsel pintar ini berbarengan dengan seri lainnya milik perusahaan tersebut yakni tipe GT 2 Pro dan juga Narzo 50A Prime yang diperuntukan khusus ponsel gaming.

Secara harga, Narzo 50A sendiri masuk dalam kategori kelas mid range yang masih terjangkau untuk dibeli masyarakat di tanah air. Namun apakah dengan kelas tipe level bawah ini ponsel tersebut kurang dalam hal performanya?

Pertanyaan tersebut akan dijawab dalam informasi lengkap berikut ini.

Review Realme Narzo 50A

Handphone ini merupakan salah satu smartphone besutan dari Realme yang diluncurkan pada September 2021. Smartphone ini hadir dengan spesifikasi yang menarik dan berbagai fitur yang berguna bagi penggunanya.

Dalam ulasan ini, kita akan membahas tentang desain, layar, performa, dan fitur-fitur yang ada pada Realme Narzo 50 A.

1. Desain Body

Desain daripada body milik hp ini belum memiliki perubahan yang signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Sayangnya ciri dari pada bentuk tetesan air yang ada di seri sebelumnya masih dipertahankan dalam ponsel pintar yang ini.

Meskipun desainnya relatif tidak berubah, tapi Realme tetap memberikan cara lain agar seri Narzo 50A nya tetap enak dilihat oleh pasar. Mereka membuat kotak tempat kameranya lebih panjang dan juga lebar.

Dalam tempat kamera ini sendiri diberikan fitur lain di dalamnya mulai dari sidik jari untuk para pengguna serta ada tulisan dari kata narzo. Yang mana tulisannya  ditempelkan dalam modul kameranya. Hal ini membuat desainnya terlihat agak berbeda dari seri yang 30A.

Dibawah modul kamera juga tetap mempertahankan motif diagonal yang jadi ciri khas dari Narzo 30A. Bedanya, letak garis tersebut berada di bawah langsung dari modul kamera bentuknya baru dari sebelumnya.

Lalu separuh lainnya dari bodi Narzo 50A ini tidak menggunakan pola diagonal tapi dipoles dengan bentuk matte di permukaannya. Gawai pintar ini sendiri memiliki dimensi sebesar 164.5 mm x 75.9 mm x 9.6 mm dengan berat 207 gram saja dan terdapat slot dual SIM card di dalamnya.

2. Tampilan Layar

Layar Realme Narzo 50 A merupakan salah satu bagian yang cukup menarik dari smartphone ini. Layar yang digunakan adalah layar IPS LCD berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+ 720 x 1600 pixel.

Spek layar ini memiliki rasio aspek 20:9 dan kerapatan piksel sebesar 270 ppi dengan refresh rate sebesar 60 Hz.

Tak hanya itu saja, namun Narzo 50A ini juga memiliki kecerahan yang cukup baik di ukuran sebesar 570 nits, hal tersebut bisa membuat Anda menggunakan smartphone ini di luar ruangan dengan nyaman.

Perlu diketahui bahwasanya minimal nits supaya bisa melihat layar ketika terpapar cahaya matahari adalah cukup sebesar 500 nits saja. Meski resolusinya yang dimilikinya hanya HD+ saja namun justru hal ini bukanlah sebuah masalah yang besar.

Resolusi yang sedemikian rupa justru membuat kinerja daripada chipset ponsel ini jadi lebih ringan dibuatnya. Dengan kinerja yang demikian maka konsumsi batre yang digunakan akan menjadi lebih irit daripada.

Meskipun layarnya hanya memakai resolusi yang cukup rendah, tapi ketika Anda hendak menonton video streaming dengan ukuran 2K. Maka, ponsel pintar ini tetap bisa memutar video tersebut dengan lancar tanpa gangguan.

3. Performa

Dalam segi performa, Realme Narzo 50A cukup memuaskan. Prosesor yang digunakan dalam handphone ini sendiri memakai chipset gaming yang kelasnya menengah. Dengan penggunaan dari pada chipset sejenis ini akan membuat performa ponsel pintar makin oke.

Adapun chipset yang digunakan adalah MediaTek Helio G85, yang kinerjanya hampir mirip dengan snapdragon kelas 800. Jika Anda mendengar ukuran dan juga nama dari chipset tersebut pasti langsung paham bahwa kinerja Helio G85 akan membuat pergerakan dari Narzo 50A cukup baik.

Untuk CPU nya, ponsel buatan Realme ini menggunakan Octa Core 2,0 GHz didalamnya. Lebih jauh, melalui pengujian yang dilakukan oleh aplikasi bernama Antutu, seri Narzo 50A mencapai poin 200 ribu.

Ini menunjukan bahwa ponsel pintar ini tidak bisa dipandang sebelah mata dari segi kemampuannya untuk digunakan dalam aktivitas harian.

Ketika digunakan untuk memainkan sebuah game dalam beberapa waktu, ponsel ini tidak sampai mengalami overheat yang berlebih. Alasan hal ini terjadi karena memang resolusi dari ponsel ini yang rendah. Sehingga GPU dengan tipe Mali G52 MC2 nya tidak bekerja hingga berlebih.

4. Kamera

Seri Narzo 50A sendiri merupakan salah satu smartphone kelas basic yang memiliki sistem kamera yang cukup baik.

Smartphone ini dilengkapi dengan tiga kamera belakang dengan resolusi utama 50MP dengan , bukaan lensa f/1.8. Di sana juga terdapat kamera makro dan portrait dengan ukuran 2MP dan bukaannya lensanya yang sama besar yakni f/1.2.

Makin besar bukaan lensa yang dimiliki olehnya, maka penyerapan cahaya nantinya akan menjadi lebih baik dari kamera yang lain. Dengan kamera belakang yang punya spek seperti ini maka tangkapan foto di tempat cukup cahaya akan lebih tajam.

Kualitas video yang dihasilkan oleh kamera utamanya menghasilkan resolusi HD 1080p di 30 atau 60 fps. Pengambilan dari pada video ini sendiri akan melahirkan warna yang as dan kualitas video yang cukup.

Untuk kamera bagian depan masih tetap menggunakan perangkat yang sama dengan seri 30A yakni memakai 8 MP. Bagian ini dibekali hal lain seperti panorama, HDR dan video dengan kualitas 1080p di 30 fps saja.

5. Baterai

Untuk daya tahan baterai, Realme dengan tipe ini dibekali dengan baterai berkapasitas 6000mAh yang membuatnya bisa bertahan hingga satu hari dengan penggunaan normal. Ketika digunakan untuk bermain game, dalam waktu setengah jam saja hanya habis kurang dari 10 persen.

Jika digunakan hanya sekedar main media sosial saja ternyata ponsel ini bisa kuat untuk digunakan selama dua hari.

Harga Realme Narzo 50A Terbaru 2023

Dari segi harga, handphone kelas entry level ini memiliki varian yang berbeda-beda. Ada varian dengan RAM ukuran 4 GB dan ROM  nya punya kapasitas 64 GB. Ada juga yang ukuran RAM nya sama namun memiliki memori internal 128 GB.

Berikut adalah harga lengkap dari handphone Narzo 50 ini.

Varian Harga
RAM 4 / ROM 64 GB Rp1.700.000
RAM 4 / ROM 128 GB Rp2.300.000

Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50A

Ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh ponsel ini, Inilah beberapa informasinya:

1. Kelebihan

  • Desain body yang menarik dengan pola diagonal
  • Chipset kelas menengah
  • Baterai 6000 mAh

2. Kekurangan

  • Speakernya mono
  • Belum ada uji tahan air
  • Tidak dibekali kamera ultra wide
  • Bobotnya berat karena di angka 200 gram

Realme Narzo 50A sebagai handphone dengan tipe bawah justru memiliki performa di chipset yang menakjubkan. Namun masih ada kekurangan di dalamnya seperti bobot yang relatif berat.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan