Rekomendasi Wisata Air Terjun di Banten yang Paling Indah

Mello.id Bagi kamu yang sedang berada di Banten dan sekitarnya dan ingin mencoba liburan dengan mengunjungi air terjun, kamu harus tahu beberapa rekomendasi wisata air terjun di Banten yang paling indah dan menarik. Beberapa air terjun ini bahkan populer karena keindahan dan tampilannya yang menawan.

Banten dikenal dengan provinsi yang memiliki beragam kekayaan alam yang menarik. Terletak di paling pinggir Pulau Jawa menjadikan Banten sebagai provinsi yang kaya akan hamparan lautnya yang dijadikan sebagai tempat wisata.

Tak hanya laut saja, di Banten juga terdapat kekayaan alam lain berupa air terjun yang juga bisa kita datangi sebagai tempat melepas penat. Saat musim liburan tiba, banyak wisatawan rela berjalan jauh untuk melihat keindahan air terjun di Banten ini.

Air sungai yang bersih, udara sejuk serta pepohonan rindang yang masih dijaga keasriannya membuat beberapa air terjun ini banyak dikunjungi. Lantas, apa saja wisata air terjun di Banten paling indah yang bisa dikunjungi ? Berikut ini simak ulasannya.

Beberapa Wisata Air Terjun yang Paling Indah di Banten

Leuwi Tomo

Air terjun yang pertama yakni Curug Leuwi Tomo yang merupakan salah satu wisata air terjun paling indah dan menarik di Banten.

Berada di Kampung Cikupa Pamatang Kandis, Mandalawangi, Kab. Pandeglang, Curug Leuwi Tomo ini banyak diminati wisatawan karena keindahan alamnya yang sempurna.

Selain bisa berendam dan bermain di sini, bagi yang suka hiking juga pasti akan sangat menyukai tempat ini, karena untuk dapat mencapai lokasinya, kamu perlu berjalan dari perkampungan warga sekitar 30 menit dengan jalanan yang cukup menantang.

Namun rasa lelahmu akan hilang saat kamu sampai di air terjun ini. Airnya yang jernih dan juga tidak ada berbatuan yang tajam di dasar air membuat kamu akan semakin nyaman menikmati waktu liburanmu.

Curug Kembar

Curug Kembar juga menjadi salah satu wisata air terjun yang populer dan ramai dikunjungi wisatawan. Sesuai namanya, curug ini memiliki dua aliran air yang berdampingan dengan pepohonan rindang yang mengelilinginya.

Curug Kembar ini berada di kawasan Perhutani, yang areanya dijaga ketat untuk menarik minat pengunjung. Fasilitas di air terjun ini juga cukup banyak, bedanya di sini kamu tak hanya main air atau mengeksplorasi beberapa area, tapi juga diizinkan camping di area yang sudah disediakan pihak pengelola curug. Curug Kembar tepatnya ada di Desa Cinoyong, Kec. Carita, Kab. Pandeglang.

Curug Putri

Jika di curug lain hanya bisa menikmati keindahan alam sesaat setelah sampai di lokasi, namun tidak untuk Curug Putri. Tak hanya air terjunnya saja, sepanjang perjalanan ke sana pun kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Tak heran jika Curug Putri ini juga dijuluki sebagai little green.

Daya tarik utama dari Curug Putri yakni adanya aliran air yang mengalir di antara dua celah batu yang besar. Keindahan berbatuan ini juga menjadi spot favorit pengunjung untuk mengambil foto.

Curug Putri yang berada di Jl. Raya Carita, Sukarame, Kab. Pandeglang ini terletak di kawasan Tahura. Untuk bisa ke spot air terjunnya, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 250 meter dengan medan yang cukup menantang namun dijamin akan memanjakan mata.

Jika lelah berjalan, kamu juga bisa menyewa motor trail yang sudah disediakan oleh pengelola curug.

Curug Leuwi Bumi

Rekomendasi air terjun di Banten selanjutnya yakni Curug Leuwi Bumi. Air terjun yang satu ini terletak di perbatasan Kab. Pandeglang dan Kab. Serang.

Pada awalnya air terjun ini merupakan kawasan hutan lebat dan liar yang tidak terlalu diperhatikan oleh pemerintah setempat. Namun, akhirnya masyarakat pun mengelola kawasan ini menjadi tempat wisata agar bisa memperkenalkan keindahan daerah kepada pada wisatawan.

Air terjun yang tingginya mencapai tiga meter ini memiliki konsep agroekowisata. Di sini kamu tak hanya bisa lihat air terjun, namun juga banyak perkebunan swadaya yang dikelola masyarakat setempat yang bisa kamu nikmati keindahan dan keasriannya.

Curug Leuwi Mangrod

Curug Leuwi Mangrod terletak di daerah Padarincang, Kab. Pandeglang. Curug yang satu ini juga bisa kamu kunjungi saat liburan yang pastinya akan memberikan kamu pemandangan alam yang tak kalah indah dari Curug lain.

Dahulu untuk sampai ke air terjun ini butuh usaha ekstra karena medannya sangat berat terlebih jika hujan atau sedang mendung. Namun saat air terjun ini ramai dikunjungi, masyarakat sekitar mulai mengelola tempat ini dan akses ke air terjun pun semakin mudah.

Untuk airnya sendiri, air terjun Leuwi Mangrod dipastikan tidak akan membuat kamu kecewa. Air yang jernih dan pepohonan hijau yang rindang adalah daya tarik utama air terjun yang berada di provinsi Banten.

Karena lokasinya sering ramai, di sini juga sudah banyak pedagang makanan yang berjualan. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan kelaparan.

Itulah beberapa rekomendasi wisata air terjun paling indah di Banten yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi waktu libur kamu. Perlu diingat bahwa untuk datang ke tempat semacam air terjun ini, kamu harus mempersiapkan beberapa hal terutama P3K, karena jalan menuju air terjun sangat licin, apalagi jika sedang hujan.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan