Resolusi yang Pas untuk Ukuran Banner di PhotoShop

    Beberapa desainer grafis mungkin pernah membuat desain untuk ukuran cetak bahan banner/spanduk, baliho, backdrop, dll di PhotoShop. Lalu mendapati ukuran file gambar yang dibuat menjadi begitu besar. Mengapa bisa demikian?

    Ukuran file gambar yang dibuat sangat dipengaruhi oleh ukuran cetak banner dan resolusi. Oleh karena itu, ketika membuat desain banner untuk ukuran cetak yang besar, maka ukuran file gambar yang dihasilkan juga besar.

    Misalnya saja ketika membuat desain banner/spanduk 3×1 meter, 3×2 meter, 4×1 meter, 4×2 meter, dan ukuran besar lainnya di Photoshop. Lalu juga dengan menggunakan unsur-unsur desain grafis yang cukup banyak di halaman desain. Jika menggunakan resolusi yang normal, maka kemungkinan file gambar yang dihasilkan menjadi berukuran besar.

    Ukuran file yang besar ini pun dapat membuat kinerja komputer menjadi lebih lambat, terutama jika komputer yang digunakan bukan spesifikasi komputer desain grafis yang tinggi. Lalu bagaimana cara mengatasi ini?

    Memperkecil ukuran file gambar

    Cara yang tepat untuk dilakukan tidak harus dengan upgrade komputer. Karena komputer yang digunakan oleh percetakan pun belum tentu memiliki spesifikasi yang terlalu tinggi. Lalu meskipun spesifikasi komputernya sudah tinggi juga belum tentu bisa masuk ke sistem mesin digital printing jika ukuran filenya terlalu besar.

    Yang bisa dilakukan dan yang biasa dilakukan oleh pihak percetakan adalah memperkecil ukuran file. Salah satu cara memperkecil ukuran file tanpa mengubah ukuran cetaknya adalah dengan mengecilkan resolusi gambar.

    Apa tidak masalah cetak banner dengan resolusi kecil?

    Jika memang ditujukan untuk keperluan cetak yang berukuran besar, maka sebenarnya tidak terlalu memerlukan penggunaan resolusi yang besar. Misalnya bisa mengatur resolusi menjadi 72 pixels/inch di Photoshop, yang mana merupakan salah satu yang resolusi bagus untuk ukuran banner dan paling banyak digunakan.

    Resolusi 72 ini bisa ditujukan untuk banner, baliho, backdrop, dan ukuran cetak yang besar lainnya. Sehingga tidak harus menggunakan resolusi normal yang biasanya adalah 300. Karena sebetulnya resolusi 300 tersebut lebih ditujukan untuk cetakan yang memerlukan kejelasan tampilan ketika dilihat dari jarak dekat. Misalnya untuk cetak kertas, label, buku, brosur, dll.

    Sedangkan banner, baliho, backdrop, dll biasanya ditujukan untuk dilihat dari jarak yang relatif jauh. Orang tidak melihat banner seperti ketika melihat brosur. Yang mana brosur biasa dilihat dengan dipegang dengan tangan, sedangkan banner biasanya hanya dilihat ketika orang sedang melewati tempat di mana banner dipasang. Dengan dimikian, tidak begitu masalah jika ukuran banner yang besar dicetak dengan resolusi 72.

    Format file untuk cetak banner

    Jika software desain grafis yang digunakan adalah Adobe Photoshop, bisa menyimpannya ke format TIFF, lalu dengan memilih Image Compression LZW. Dengan Image Compression LZW, biasanya ukuran file gambar bisa mengecil, namun gambar tetap tidak pecah.

    Format TIFF
    Image Compression LZW

    Apa harus di resolusi 72 pixels/inch?

    Sebenarnya tidak harus di resolusi 72. Bisa cari resolusi yang lainnya yang mungkin lebih cocok. Misalnya bisa mencoba ke resolusi 90, 120, 150, dll. Lalu kroscek apakah ukuran file yang dihasilkan apakah terlalu besar atau tidak.

    Jika resolusi gambar yang digunakan semakin besar, maka bisa semakin bagus hasil cetaknya. Meskipun mungkin tidak tampak begitu signifikan perbedaannya jika untuk cetakan banner. Tetapi sebaiknya gunakan resolusi yang maksimal saja.

    Apa boleh lebih kecil dari 72 pixels/inch?

    Jika ukuran file masih terlalu besar meskipun telah diubah ke resolusi 72, mungkin bisa mencobanya di 60, 50, atau sedikit lebih kecil. Namun jangan terlalu kecil karena gambar bisa pecah. Lalu juga perlu disimulasikan dengan preview print di ukuran aslinya, yaitu untuk memastikan bahwa gambar yang dicetak nanti tidak pecah.

    Taksiran resolusi untuk ukuran banner di PhotoShop

    Berikut adalah beberapa taksiran resolusi untuk ukuran banner yang bagus.

    1. Ukuran banner -1 meter 300 pixels/inch.

    2. Ukuran banner 1-2 meter 200 pixels/inch.

    3. Ukuran banner 2-3 meter 150 pixels/inch.

    4. Ukuran banner 3-5 meter 100 pixels/inch.

    5. Ukuran banner +5 meter 72 pixels/inch.

    Kesimpulan

    Resolusi gambar untuk cetak banner ini bisa diatur ketika awal membuat desain di PhotoShop. Lalu juga bisa diatur ketika telah selesai mengerjakan desain.

    Namun perlu diingat bahwa, pengaturan resolusi gambar setelah selesai mengerjakan desain, tidak bisa digunakan untuk menambah kualitas gambar. Kecuali jika masih menyimpan file aslinya.

    Loading...