Review AirPods Gen 2 dan Harga Terbarunya, Masih Worth It?

Rasa-rasanya pengguna Apple tidak puas jika tidak membeli AirPods sekalian. Bicara tentang AirPods, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk membeli AirPods Gen 2. Ini jika kamu belum punya AirPods sebelumnya, karena jika sudah, ceritanya beda lagi.

Jika kamu pengguna iPhone adan ingin mendengarkan musik dan podcast dengan nyaman, AirPods Gen 2 adalah pilihan yang layak. AirPods ini memiliki koneksi yang baik, serta daya tahan baterai yang cukup bagus. Jika tertarik, kamu bisa membaca ulasan lengkapnya di bawah ini.

Review AirPods Gen 2

Apple AirPods mengombinasikan kenyamanan dan fitur software berkelanjutan yang membuatnya menjadi salah satu earbud nirkabel terbaik di luar sana. Sebelum AirPods Gen 2 muncul, penggemar Apple memang menunggu cukup lama sampai perangkat ini dirilis.

1. Desain

Case

Apple termasuk yang terbaik untuk urusan kualitas dan desain, termasuk bagaimana mereka mendesain AirPods. Memang terbuat dari plastik, namun case pengisi dayanya luar biasa. Ringan dan cukup kokoh, bisa dimasukkan dengan nyaman ke saku pengguna.

Bicara tentang desain AirPods Gen 2, desainnya sama persis dengan generasi sebelumnya. Misalnya, di bagian bawah casing, di mana ada pengisi daya dengan satu port lightning, serta tombol di bagian belakang untuk masuk ke mode instalasi Bluetooth.

Namun, hal yang membuat desain case benar-benar menonjol adalah magnet, yang berfungsi untuk menjaga tutupnya tetap tertutup. Tidak hanya itu, magnet juga diletakkan di dalam case, untuk mengamankan earbud.

Jika ada hal yang berbeda antara AirPods asli dan AirPods Gen 2, adalah lampu LEED kecil. Lampu LED kecil ini berada di bagian depan casing, untuk mengisi daya dan pemasangan (pairing). Jika di AirPods asli, lampu berada di dalam case, jadi harus membukanya untuk melihatnya.

Kenapa casing sangat penting ketika kamu menggunakan AirPods Gen 2? Casing memang mutlak diperlukan saat menggunakan Apple AirPods, karena jika tidak membawanya, sangat mudah untuk kehilangan earbud karena bentuknya yang kecil.

Earbud

Setelah pembahasan tentang case di atas, yang mana sangat panjang, dan ternyata tidak jauh berbeda, sekarang kita akan membahas tentang desain earbud-nya. Sama seperti casing-nya, desain earbud di AirPods Gen 2 ini juga sama saja, alias hampir tidak ada perubahan sama sekali.

Sayangnya, AirPods Gen 2 ini tidak bisa menyegel atau menutup telinga pengguna dengan baik. Akibatnya, banyak masalah yang tidak mungkin diabaikan, misalnya saja kebisingan atau suara dari luar yang masih akan terdengar ketika mendengarkan audio di iPhone.

Setiap earbud juga memiliki mikrofon kecil, yang berguna untuk panggilan suara. Kemudian ada sensor kecil, memungkinkan pengguna untuk mengontrol sesuai keperluan saat menyentuh sensor tersebut. Kurang samalah dengan earbud wireless di luar sana dengan harga 100 ribuan.

Kemudian, karena earbud yang terbuka (open-fit) tidak menutup, beberapa orang menemukan bahwa AirPods yang berada di luar telinga akan rentan terhadap pergeseran posisi dan drop-out. Jadi, akan sangat sial jika AirPods tersebut tidak cocok dengan telinga pengguna.

Imbasnya, AirPods Gen 2 ini tidak cocok untuk aktivitas yang berat atau penuh gerakan, seperti olahraga misalnya. Mau tidak mau, jika ingin AirPods yang bisa sesuai dengan telinga, maka bisa menggunakan AirPos yang terbaru seperti AirPods Pro.

2. Chip

Sebagai informasi, AirPods yang pertama dibekali dengan Apple W1 chip, yang berfokus di fitur pemasangan yang ekstra mudah ke perangkat iPhone. Lalu, bagaimana dengan AirPods Gen 2? Berbeda dengan AirPods Gen 1, yang kedua telah dilengkapi dengan chip Apple H1.

Chip Apple H1 disebut sebagai chip yang dikhususkan untuk produk headphone. Mereka mengklaim, bahwa disematkannya chip ini di AirPods Gen 2, perangkat ini bisa memiliki koneksi wireless yang lebih cepat juga stabil.

Dibandingkan dengan generasi pertama, kecepatan koneksi AirPods Gen 2 meningkat dua kali lebih cepat, ketika berganti ke perangkat sumber musik yang sedang menyala. Sedangkan untuk panggilan telepon, kecepatannya meningkat 1,5 kali.

Berikutnya, Apple H1 Chip juga membuat AirPods 2 ini memiliki fitur Siri, bisa dikaktifkan dengan suara yang didaftarkan oleh pengguna. Jauh lebih praktis, karena tidak perlu lagi menggunakan double tap (ketuk dua kali) atau panggil melalui iPhone.

Chip H1 juga memiliki teknologi yang bermanfaat, dapat memberikan latensi game yang lebih rendah dan lebih baik, sampai 30%. Jadi, saat kamu menggunakan AirPods 2 untuk bermain game atau mendengarkan podcast, akan mendapatkan audio yang lebih baik.

3. Baterai

Selanjutnya kita akan membahas fitur AirPods Gen 2 untuk baterainya. Jadi, dibandingkan dengan generasi pertama, sebenarnya kapasitas baterai generasi kedua ini tidak terlalu jauh berbeda. Jika sudah punya yang pertama, tidak perlu upgrade dengan membeli generasi yang kedua.

Jika ada perbedaan, mungkin terletak pada durasi Talk Time alias waktu bicara. AirPods Gen 2 memang memiliki waktu bicara yang lebih lama, sekitar 50% dibandingkan sebelumnya. Dengan AirPods ini, pengguna bisa menikmati Talk Time sampai 3 jam dalam sekali pengisian baterai.

AirPods 2 masih memiliki fitur 5 jam listening time, yang artinya bisa untuk mendengarkan musik sampai 5 jam. Charging case AirPods 2 juga bisa menyimpan baterai untuk lebih dari satu kali isi ulang, sampai penggunaan lebih dari satu hari (24 jam).

Berikutnya ada fitur quick charge alias isi ulang baterai dengan cepat ke dua earphone. Detailnya adalah 15 menit untuk isi ulang di dalam charging case untuk baterai yang bisa digunakan untuk 3 jam waktu pendengaran dan 2 jam talk time.

Memang, daya tahan AirPods ini masih kurang lama, apalagi jika dibandingkan dengan earphone Bluetooth yang biasa. Seperti yang kamu lihat sendiri, baterai AirPods ini sangat kecil, jadi wajar jika tidak bisa bertahan lama.

4. Kompatibilitas

Salah satu keunggulan dari Apple AirPods, bahkan sejak generasi pertama, adalah mode koneksi yang otomatis. Jadi, perangkat akan langsung terkoneksi saat kamu menggunakan perangkat Apple lain, dengan syarat terdaftar di 1 akun iCloud.

Nah, fitur yang sudah ada sejak di AirPods pertama tersebut juga dibawa ke generasi kedua. Jika ada yang berbeda, itu terletak di batasan sistem operasi yang digunakan. Minimal, sistem operasi yang digunakan adalah macOS 10.14, watchOS 5.2 dan iOS 12.2.

Harga Apple AirDrop Gen 2

Ada dua jenis AirPods Gen 2 yang dijual oleh Apple, dibagi berdasarkan Charging Case yang digunakan. Simak tabelnya di bawah ini :

Jenis Harga
AirPods 2 dengan Wireless Charging Case Rp2.941.727,45
AirPods 2 dengan Standar Case Rp2.350.425,45
Wireless Charging Case untuk AirPods Rp1.167.821,45

Kelebihan dan Kekurangan Apple AirPods Gen 2

1. Kelebihan

  • Koneksi yang bagus.
  • Sangat portabel.
  • Baterai yang lebih bagus dibandingkan sebelumnya.
  • Charging case yang berkualitas.

2. Kekurangan

  • Suara tidak terlalu bagus.
  • Tidak selalu pas dengan telinga pengguna.
  • Tidak ada isolasi.
  • Tidak ada control volume.
  • Fitur terbatas untuk iOS.

Kesimpulannya adalah, jika kamu telah memiliki AirPods 1, maka tidak perlu upgrade ke AirPods Gen 2, karena spesifikasinya yang tidak jauh berbeda. Namun, jika baru akan beli Apple AirPods sebelumnya, bisa mempertimbangkan untuk membelinya.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan