Review, Harga, Kelebihan & Kekurangan

Baru saja masuk bulan keempat di 2023, dan OPPO sudah merilis smartphone dengan spesifikasi kamera yang sangat mematikan, yaitu OPPO Find X6. Katanya, smartphone ini tidak memiliki kamera utama, karena semua lensa memiliki spesifikasi yang sama-sama luar biasa.

Jika kamu ingat dengan OPPO Find X5 Pro yang rilis tahun lalu, dengan spesifikasi layar, daya tahan, kamera dan kinerja yang luar biasa, maka OPPO Find X6 adalah peningkatannya. Berikut akan kami ulas spesifikasi dan fitur HP ini, khusus untuk kamu yang tertarik membelinya.

Review Spesifikasi OPPO Find X6

OPPO baru saja merilis smartphone flagship terbaru, yakni OPPO Find X6 series. Ada dua model yang diluncurkan, yakni OPP Find X6 dan OPP Find X6 Pro. Find X6 Pro tentu versi yang lebih baik (dan mahal) dari Find X6 biasa.

1. Desain

Pertama, kita akan membahas desain dari Find X6, yang menggunakan campuran kulit vegan dan kaca matte, dan bingkai dari aluminium yang polos. Ada tiga opsi warna yang bisa dipilih, yaitu hijau, hitam dan cokelat.

Namun, apa pun warna yang kamu pilih, tidak akan pernah menyaingi modul kamera di Find X6. Pasalnya, bagian belakang dari smartphone ini didominasi oleh tonjolan kamera melingkar di bagian atas. Modul kamera menonjol sedikit, namun tetap terasa seimbang saat berada di tanganmu.

Beralih ke bagian depan, sudah ada kaca Gorilla Glass Victus 2, yang bisa melindungi bagian depan smartphone dengan sangat baik. Pelindung bagian depan sedikit lebih baik daripada bagian belakang, yang masih menggunakan Gorilla Glass 5.

Kaca pelindung depan sangat kuat, bisa bertahan dengan baik, misalnya saja ketika smartphone terjatuh dari ketinggian 1 meter di permukaan yang keras. Adapun, bagian belakang tidak terlalu tahan terhadap benturan, yang untungnya ada tutup pelindung di paket pembelian.

Selain itu, smartphone ini pun juga  memiliki sertifikasi IP64, jadi tahan air dan debu. Well, sertifikasi semacam ini memang sudah dimiliki oleh banyak smartphone flagship lainnya, jadi tidak perlu panik jika smartphone tidak sengaja terkena air.

Smartphone ini memiliki dimensi 162.9 x 74.1 x 9 mm dan berat 207 gram, terasa pas saat dimasukkan ke saku. Rasio aspek layarnya juga masuk akal, jadi smartphone ini akan terasa cukup nyaman saat kamu genggam dengan satu tangan.

Sayangnya, seperti smartphone masa kini, kamu tidak akan menemukan fitur standar speerti port headphone 3,5mm dan slot memori eksternal. Namun, sudah ada blaster IR, yang bisa mengontrol TV dan AC tanpa menggunakan remote bawaan perangkat tersebut.

2. Layar

Berikutnya, kita akan membahas spesifikasi layar dari OPPO Find X6. Smartphone ini memiliki layar 6,72 inci, hanya selisih sedikit dari Find X6 Pro yang memiliki layar 6,82 inci. Layarnya memiliki rasio layar ke bodi sebesar 90,5%, membuatnya terlihat lebih luas.

Layaknya layar smartphone flagship, sudah ada panel AMOLED, yang selain hemat daya, juga bisa menampilkan konten dengan sangat baik. Resolusinya juga juara, yaitu 1240 x 2772 piksel, yang membuat layarnya terlihat cerah, tajam dan jernih.

Kemudian, smartphone ini memiliki refresh rate yang luar biasa, mencapai 120Hz. Refresh rate semacam ini sangat dibutuhkan, khususnya saat bermain, multitasking dan semacamnya. Refresh rate 120hz membuat semua animasi dan pergerakan di Find X6 terlihat smooth bebas dari lag.

Smartphone ini juga bisa mencapai kecerahan maksimal hingga 1450 nits (normal 1100 nits), membuat layar masih tetap terlihat meski berada di tempat yang terang. Ada fitur menarik lainnya seperti HDR10+ dan kemampuan layar untuk menampilkan sampai 1B warna.

3. Performa

OPPO Find X6 sudah menggunakan OS Android terbaru, yakni Android 13. Smartphone ini juga telah menggunakan userinterface khas OPPO yang ramah pengguna, yakni ColorOS 13.1. Hal yang wajar dimiliki oleh smartphone flagship yang baru saja keluar di tahun 2023.

Soal chipset, juga tidak perlu dikhawatirkan lagi, karena menggunakan MediaTek Dimensity 9200 dengan delapan inti. CPU octa-core atau delapan inti tersebut memiliki bagian sebagai berikut 1×3.05 GHz Cortex-X3 & 3×2.85 GHz Cortex-A715 & 4×1.80 GHz Cortex-A510.

Untuk urusan grafis, diserahkan kepada Immortalis-G715 MC11, yang bisa memastikan kesempurnaan grafis saat smartphone digunakan untuk bermain game, multitasking dan semacamnya. Dengan spesifikasi seperti di atas, bagaimana performa Find X6?

Dapur pacunya memang lebih rendah dari Find X6 Pro, namun Find X6 ini tetap bisa  diandalkan kok. Kamu bisa memainkan game berat seperti Genshin Impact dengan lancar, bahkan ketika kamu menyetel grafis di setelan tertinggi.

Kalau untuk bermain game saja  sudah lancar, apalagi jika digunakan untuk aktivitas yang lebih ringan. Apalagi, dengan dukungan RAM 12GB dan 16GB dengan teknologi UFS 4.0, tentu urusan multitasking semakin lancar tanpa hambatan.

Smartphone ini memang tidak dibekali dengan port untuk memori eksternal, namun rasanya memori internal saja sudah cukup. Ya, sudah ada opsi memori internal kapasitas 256GB dan 512GBm sangat memadai untuk download game/aplikasi dan menyimpan file ukuran besar.

4. Kamera

Kamera adalah salah satu kekuatan dari OPPO Find X6, sudah ada konfigurasi tiga kamera belakang, yakni 50MP (wide), 50MP (periscope telephoto) dan 50MP (ultrawide). Sudah ada fitur canggih dan eksklusif seperti Hasselblad Color Calibration, panorama, HDR, LED Flash, IOS, PDAF dan lainnya.

Selain bisa menghasilkan foto dengan kualitas jempolan, begitu juga dengan video. Kamera belakangnya bisa menghasilkan rekaman kualitas 4K di 30/60fps, 1080p di 30/60/240fps dengan fitur HDR, gyro-EIS dan 10-bit video.

Untuk urusan selfie, kamera Find X6 juga tidak kalah bagus dibandingkan kamera utamanya. Ada satu kamera dengan resolusi 32MP (wide), dengan fitur PDAF dan panorama. Kamera depannya bisa merekam video kualitas 1080p di 30fps dengan fitur gyro-EIS.

5. Baterai

Performanya yang luar biasa, serta kamera yang kualitas jempolan, harus didukung dengan daya tahan yang awet seharian. Kabar baiknya, Find X6 memiliki baterai dengan kapasitas 4.800 mAh, yang meski lebih rendah dari versi pro, namun tetap decent.

Pastinya, HP bisa tahan digunakan seharian penuh tanpa charging sama sekali, utamanya untuk penggunaan kasual. Namun, jika menggunakannya untuk bermain game, apalagi dalam waktu yang lama, daya tahannya bisa berkurang.

Namun jangan khawatir, karena kamu selalu bisa isi ulang dengan cepat, berkat fitur fast charging 80W. Fitur ini bisa isi ulang baterai dengan cepat, hanya butuh waktu 12 menit untuk isi ulang dari 1% sampai 50%.

Harga OPPO Find X6 2023

Varian Harga
12/256GB Rp10.000.000

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Find X6

1. Kelebihan

  • Performa gahar.
  • Kamera terbaik.
  • Desain mewah.
  • Sertifikasi IP64.
  • Layar AMOLED dengan fitur HDR10+.

2. Kekurangan

  • Tidak ada slot memori eksternal.
  • Tidak ada port Audio Jack 3,5mm.
  • Kapasitas baterai masih kurang besar.

OPPO Find X6 adalah versi terjangkau dari Find X6 Pro, dengan spesifikasi dan harga yang lebih rendah. Sementara ini, smartphone ini baru rilis di China, belum tahu apakah akan rilis secara global, termasuk di Indonesia.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan