Review Huawei MatePad 10.4 dan Harga di Indonesia 2023

Huawei MatePad 10.4 sudah dirilis secara resmi di Indonesia sejak bulan April tahun lalu. Tablet unggulan ini tersedia dalam dua model, yaitu versi WiFi dan LTE. Namun di pasar Indonesia hanya menyediakan model WiFi saja.

Kehadirannya sangat fungsional untuk digunakan dalam berbagai aktivitas seperti belajar, bekerja, atau sekedar hiburan. Terlebih jika dilengkapi M Pencil dan Smart Keyboard, tingkat produktivitas akan semakin maksimal.

Review Huawei MatePad 10.4

Huawei ini hadir sebagai variasi kelas premium yang tak boleh terlewatkan untuk dicoba. Tablet ini dibekali dengan berbagai aspek yang penting seperti baterai, kamera, layar, multitasking video, foto dan lain sebagainya.

Jika sudah penasaran, mari simak review tablet terbaik dari Huawei yang satu ini:

1. Desain Body

Desain yang diusung tablet Huawei ini cukup minimalis tetapi jauh dari kesan murahan. Tablet ini hanya tersedia dalam satu warna sehingga konsumen tidak bisa memilih, yaitu Midnight Grey. Saat dipegang, bodynya terasa licin meskipun tampilannya doff.

Pada masing-masing sisi tablet memiliki sudut yang terlihat sedikit bulat aau rounded. Secara menyeluruh, bodynya tidak begitu tebal karena ukurannya hanya mencapai 7,35 mm. Sedangkan beratnya sekitar 450 gram sehingga ringan untuk dibawa kemana-mana.

Bodynya didukung dengan frame alumunium yang dijamin kuat dan kokoh. Pada bagian atas memiliki 4 mikrofon dan tombol volume.

2. Layar

MatePad dari Huawei ini menggunakan desain layar Full View yang memiliki ukuran 10,4 inci. Layar yang digunakan jenis IPS dengan resolusi sebesar 2.000×1.2000 piksel. Untuk tingkat kecerahannya lebih dari 470 nits yang memberikan visibilitas cukup bagus.

Demi menjaga kesehatan mata dan menunjang kenyamanan pengguna ketika membaca, Huawei memberikan kualitas unggulan. Layarnya sudah mengantongi sertifikat TUV Rheinland Low Blue Light yang dapat mengurangi cahaya biru.

Cahaya biru sendiri bisa memberikan dampak yang berbahaya bagi mata apalagi dalam waktu yang lama. Selain itu, tampilan tersebut juga difungsikan untuk menjadi pengingat terkait posisi duduk dan jarang pandang untuk menghindari ketidaknyamanan.

3. Hasil Kamera

Beralih ke sektor kamera, Huawei MatePad 10.4 memiliki kamera utama sebesar 13 MP autofocus. Resolusi gambarnya dijamin bagus karena mencapai sebesar 4160 x 3120 piksel. Kamera utama tersebut dilengkapi berbagai fitur seperti panorama, time-lapse, mode Pro, dan lain sebagainya.

Selain kamera utama, ada juga kamera depan yang biasa digunakan untuk selfie. Kamera selfie tersebut adalah 8 MP dan memiliki resolusi 1920 x 1080 piksel. Terdapat juga fitur yang tak kalah lengkap seperti timed photo shooting, fitur kecantikan, dan lain sebagainya.

Kamera depan dengan fixed focal length memiliki kegunaan penting untuk mengambil video conference. Anda bisa mengabadikan wajah dengan FHD 30fps dan tingkat pewarnaannya lumayan bagus.

4. Kualitas Audio

Kualitas audio dari MatePad ini tentu sangat memuaskan bagi para pengguna. Huawei telah melengkapinya dengan 4 speaker yang ada di samping, setiap sisinya memiliki dua speaker. Speaker tersebut mampu menciptakan pengalaman audio yang lebih maksimal.

Suara yang dihasilkan treble dan bass sehingga sangat cocok untuk hiburan. Pastinya akan terasa seperti di bioskop karena suara tersebut terdengar di sekitar kita.

Bagi Anda yang sering WFH atau meeting online, MatePad ini bisa dijadikan pilihan tepat. Hal ini karena dilengkapi fitur Noise Reduction yang dapat meredam kebisingan sehingga menghasilkan suara yang bagus.

5. Ketahanan Baterai

Kapasitas baterai dari MatePad keluaran Huawei ini sangat besar yaitu 7250 mAh. Jenis baterainya non-removable dan sudah didukung dengan adanya charger yang dapat diandalkan.

Saat dalam kondisi penuh, baterainya bisa digunakan selama 12 jam untuk streaming video dan 8 jam untuk memainkan game 3D. Pastinya menjadi hal yang sangat bagus jika dimanfaatkan dalam berbagai aktivitas lainnya.

Baterai ini sebenarnya sudah support dengan pengisian super cepat 18W. Hanya saja dalam paket penjualan di Indonesia hanya menyediakan pengisi daya sebesar 10W saja. Berarti butuh waktu sekitar 4 jam lamanya untuk mengisi daya dari kosong sampai penuh.

6. Chipset

Jenis MatePad ini telah diperkuat dengan sebuah chipset buatan Huawei yaitu Kirin 710A. Chipset dari Huawei MatePad 10.4 mengusung CPU 8 inti yang terbagi lagi dalam 2 bagian.

Bagian pertama adalah 4 inti Cortex A53 yang memiliki speed sebesar 1.7 GHz. Sedangkan yang kedua yaitu 4 inti Cortex A73 yang menawarkan clock seed mencapai 2 GHZ.

Chipset tersebut memang bukan versi terbaru ataupun terbaik dalam kelasnya. Namun sudah cukup fungsional karena support untuk multi display dalam satu layar.

Selain itu, Chipset Kirin 710 A ternyata juga mengusung GPU Mali G51. Pemakaiannya tidak disarankan untuk game berat karena bisa membuatnya sering mengalami lag. Hindari juga menggunakan banyak aplikasi karena performanya bisa menurun.

7. Memori

Untuk menunjang kelancaran multitasking sudah pasti dibutuhkan memori yang lumayan besar. Maka dari itu, MatePad ini menawarkan RAM 4GB dan 6GB dengan memori 64GB maupun 128 GB.

Anda juga tak perlu khawatir jika memang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar. Jenis tablet yang satu ini juga menawarkan slot untuk memori pendukung yaitu MicrosD card sebesar 512 GB.

Namun sebenarnya untuk memori internal yang disediakan sudah lumayan untuk kebutuhan aplikasi. Anda juga bisa menyimpan file musik, foto, ataupun video dalam ukuran yang lumayan besar.

8. Fitur Pendukung untuk WFH

Huawei MatePad 10.4 memiliki banyak fitur pendukung untuk kegiatan belajar online ataupun WFH. Fitur yang dimaksud adalah multi-window untuk membuka dua aplikasi sekaligus dalam sebuah layar. Seperti misalnya, menulis di Microsoft Word sambil membuka email ataupun browser.

Selain itu, ada juga fitur kolaborasi multi-layar memudahkan Anda untuk membuka pemberitahuan ponsel pada tablet. Jadi semisal sedang  bekerja, dijamin tak akan merasa terganggu dengan banyaknya pemberitahuan yang masuk ke ponsel karena bisa dibuka pada layar tablet.

Selain itu, ada juga fitur lainnya yaitu FollowCam yang bisa ditemukan pada menu aksesibilitas. Fitur ini sangat dibutuhkan ketika video conference WFH, dimana kamera akan mengikuti gerakan pengguna ketika melakukan video call.

Harga Huawei MatePad 10.4 Terbaru 2023

Sejak diperkenalkan pada tahun 2022, tablet yang satu ini memiliki status Available. Harganya bisa dibilang cukup ekonomis karena hanya sekitar Rp4.229.000. Untuk harga tersebut merupakan kisaran dalam pasar global yang sudah pasti tidak berbeda jauh dengan pasar di indonesia.

Meski begitu, jika kelengkapan paket atau fitur yang ditawarkan berbeda maka kemungkinan harganya bisa berbeda. Namun dalam setiap pembelian produk biasanya sudah dilengkapi charger, kabel data, kartu garansi, SIM Card Ejector, buku panduan, dan lain sebagainya.

Dilihat secara menyeluruh, Huawei MatePad 10.4 merupakan tablet terbaik di kelasnya. Jenis tablet android ini memang sangat unggul baik dari segi performa ataupun harga jualnya. Tak heran jika sangat sulit untuk ditandingi dengan produk lainnya dari kompetitor.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan