Review Poco X3 GT 5G HP Spesifikasi Mid Range dari Xiaomi

Brand Xiaomi pada tahun 2021 lalu mengusung produk andalannya ke Indonesia, yaitu Poco X3 GT. Keberadaan smartphone ini melengkapi series Poco X yang pendahulunya diisi Poco X3 Pro, X3 NFC dan lainnya.

Posisi dari series Poco X yang satu ini menduduki smartphone kelas mid range. Hal ini secara tidak langsung berpengaruh terhadap harganya yang sangat mahal karena mencapai hampir Rp 5 jutaan.

Review Spesifikasi Poco X3 GT

Poco X3 GT sebenarnya merupakan nama umum dari Redmi Note 10 Pro yang support dengan jaringan 5G. Keunggulan utamanya ada pada chipset yang bisa menghadirkan performa dalam kategori flagship.

Namun jika ingin mengetahui varian Poco ini, simak ulasan selengkapnya di bawah ini:

1.  Desain yang Elegan

Tak disangka kalau ukuran dari smartphone yang satu ini lumayan besar. Ukurannya sebesar 163,3 x 75,9 x 8,9 mm yang memiliki bobot mencapai 193 gram.

Material yang digunakan untuk body belakangnya berbahan plastik sehingga terasa solid. Tersedia dalam 3 varian warna yang bisa dipilih, yaitu Wave Blue, Stagaze Black, dan Cloud White.

Setiap varian warna mempunyai kesan dengan sentuhan akhir yang terlihat berbeda. Tampilan Stargaze Blace mirip seperti langit dengan bintik berupa bintang di bodi belakangnya. Sedangkan Cloud White dan Wave Blue, bodynya memiliki garis vertikal yang indah di pandang.

Finishing doff membuat bodynya tidak terasa licin ataupun mudah kotor. Untuk aksen garisnya bisa membuat tampilan semakin terlihat atraktif.

2. Layar Dilapisi Corning Gorilla Glass Victus

Layar dari series Poco X ini dilapisi dengan proteksi unggulan, yakni Corning Gorilla Glass Victus. Lapisan memiliki ketahanan lebih baik hingga 1,5 kali terhadap benturan dan 2 kali lebih kuat dibanding Gorilla Glass 6.

Poco X3 GT  sudah mengantongi sertifikasi IP53 yang tidak dimiliki pada versi sebelumnya. Tak heran jika ketahannya sangat baik meskipun kecipratan air, kemasukan debu, dan lain sebagainya.

Resolusi layarnya super tinggi karena full HD+ atau 1080 x 2400. Resolusi tersebut sudah support refresh rate sampai 120 Hz dengan touch sampling mencapai 240 Hz.

Tingkat kecerahan layar yang dihasilkan bisa mencapai angka 465 nit. Kualitas layarnya mengusung standar DCI-P3 dalam akurasi tinggi dengan dukungan HDR10.

3. Performa Andalan dari Dimensity 1100 5G

Masuk ke performa, ponsel ini ternyata dilengkapi chipset yang sebanding dengan Snapdragon 870. Chipsetnya adalah Dimensity 1100 5G dari Mediatek yang memiliki konfigurasi 8 inti core. Kualitas chipsetnya sangat mumpuni karena tergolong dalam kategori kelas atas.

Dimensity 1100 terbagi dalam 4 core performa SoC yang memiliki Cortex A78 (2,6 Ghz) dan Cortex A55 (2,0 GHz). Cortex A78 yang disematkan dalam prosesornya merupakan generasi terbaru. Sehingga mengalami peningkatan dari versi sebelumnya, mulai dari kinerja hingga efisiensi daya.

Disamping itu, visual softwarenya juga meningkat karena menerapkan grafis Mali G77 MC9. Pengaturan ini memungkinkan pengguna untuk memainkan game tanpa mengkhawatirkan hambatan apapun.

4. Fitur RAM Expansion yang Memadai

Kapasitas RAM yang disematkan dalam series Poco X ini sebesar 8 GB. Jika ukuran RAM tersebut masih kurang memadai maka tak perlu khawatir karena masih ada alternatif cara yang bisa dicoba.

POCO sudah melengkapinya dengan RAM expansion yang bisa memberikan RAM 2G secara manual. Pastinya Anda bisa menampung lebih banyak file di smartphone, bahkan juga bisa menginstall beberapa game atau aplikasi.

5. Kamera dengan Hasil Sangat Apik

Spesifikasi spesial yang dimiliki Poco X3 GT ada pada kameranya yang lumayan lengkap dan berkualitas. Pada kamera utamanya terdiri dari 3 lensa yang memiliki resolusi 64 MP dengan diafragma f/1.79.

Lensa kedua adalah ultrawide 8 MP yang memiliki bukaan f/2.2  untuk mengambil sudut panjang 120 derajat. Sedangkan yang terakhir adalah lensa makro dengan resolusi 2 MP yang memiliki bukaan f/2.4. Pada bagian depannya terdapat sebuah lensa resolusi 16 MP dengan diafragma f/2.45.

Terkait videografi, kamera utamanya mampu merekam video dalam durasi tertentu dari resolusi 4K sampai 30fps. Selain itu, bisa juga untuk menangkap 1080 pada 120, 50 ataupun 30 fps sehingga menyesuaikan.

Sementara itu, kamera depannya maksimal hanya pada resolusi 1080p di kisaran 30 fps saja. Namun cukup handal untuk merekam slow motion yang mencapai 720p dalam 960 fps.

6. Baterai yang Mampu Tahan Lama

Selama ini pengguna puas dengan kapasitas daya baterai yang dimiliki Poco ini. Tak tanggung, kapasitas baterainya sebesar 500 mAh sehingga bisa digunakan selama seharian penuh.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan GSM Arena, endurance rating bisa mencapai hingga 110 jam. Saat digunakan untuk melakukan panggilan telepon bisa bertahan dalam waktu 36 jam 29 menit. Waktu pemakaian berubah menjadi 17 jam 19 menit saat digunakan untuk browsing.

Hal yang tak kalah menarik, daya baterai ini sudah didukung dengan pengisian cepat atau fitur fast charging 67 W. Poco mengklaim bahwa teknologi yang diusung bisa membuat daya smartphone terisi full hanya dalam waktu 40 menit.

7. Speaker Kualitas Unggul

Aspek speaker seringkali tidak dipertimbangkan karena kurang begitu penting. Padahal, speaker mampu memberikan pengalaman mendengar terbaik saat mendengarkan musik atau bermain game.

Kabar baiknya, Poco X3 GT sudah disertai dua speaker yang memiliki sensasi getar alias haptic feedback. Speaker tersebut sudah disetel secara langsung oleh sebuah perusahaan ternama dunia, yaitu JBL.

Kelantangan speaker yang dihasilkan berada dalam skala -28,5 LUF. Sementara itu, haptic feedbacknya mengusung dinamo X-axis linear motor. Fungsi utama dari Dinamo tersebut sebagai motor getar yang juga digunakan pada Xiaomi Mi 10.

8. Konektivitas Lengkap

Konektivitas 5G yang disematkan dalam smartphone ini support dengan dua hal, yaitu NSA dan SA. Keduanya memegang peran cukup penting yang bisa membuat umur smartphone menjadi lebih lama.

NSA atau Non Standalon merupakan jaringan 5G yang beroperasi dalam frekuensi di bawah 600 MHz. Teknologi NSA sekarang ini mulai dikembangkan secara pesat di tanah air. Sementara itu, SA atau Standalon merupakan jaringan 5G yang bekerja dalam frekuensi lebih tinggi mencapai 6000 MHz.

Selain kemampuan jaringan 5G, smartphone besutan POCO ini masih dilengkapi dengan berbagai fitur konektivitas lainnya. Beberapa diantaranya adalah Bluetooth 5.2, NFC, WiFI 6 dan masih banyak lagi.

Harga Poco X3 GT Terbaru 2023

Berbicara soal harga, ponsel ini dipasaran dijual dengan harga berbeda tergantung variasi RAM. Namun secara menyeluruh harganya cukup terjangkau jika dibandingkan dengan kinerja yang ditawarkan.

Inilah daftar harga terbarunya di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai referensi sebelum memilih:

Merk/Varian Harga
Poco X3 GT 8GB/128GB Rp4.199.000
Poco X3GT 8GB/256GB Rp4.500.000

Poco tak pernah berhenti untuk mengeluarkan produk dengan performa mumpuni di kelas harganya. Hal ini dibuktikan kembali dengan adanya Poco X3 GT, ponsel andalan untuk menunjang berbagai aktivitas. Pastinya bisa dijadikan pilihan yang cocok untuk mobile worker ataupun gamer!

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan