Rute/Lokasi, HTM dan Daya Tariknya

Jawa Barat memiliki berbagai macam destinasi wisata yang menarik untuk Anda kunjungi ketika musim liburan. Salah satu kotanya, Bandung, menyimpan tujuan wisata berupa air terjun yang memesona dan menyegarkan mata. Nama tempat wisata itu tidak lain adalah Curug Dago.

Mengunjungi wisata air terjun akan terasa menenangkan karena Anda bisa beristirahat sejenak dari hiruk pikuk perkotaan yang padat dan menikmati aliran air untuk menjernihkan pikiran. Selain itu, tempat wisata ini juga menyimpan edukasi sejarah terkait peninggalan kerajaan Thailand.

Anda bisa mengajak teman ataupun keluarga untuk pergi liburan ke curug ini ketika ada waktu. Nah, untuk mengetahui informasi lebih lengkap terkait Wisata Dago ini, Anda bisa memperhatikan paparan pembahasan berikut untuk memperoleh beberapa informasi yang diperlukan.

Rute dan Alamat Curug Dago

Seperti yang sudah Anda ketahui, Air Terjun Dago ini berlokasi di Kota Bandung, Jawa Barat. Lokasi persisnya tidak terlalu jauh dari pusat kota Bandung, sekitar 7-8 kilometer. Curug ini terbilang sedikit tersembunyi keberadaannya sehingga butuh perjuangan bagi Anda untuk sampai ke lokasi wisata.

Pilihan kendaraan yang dapat Anda pakai menuju curug adalah menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Kemudian untuk rute jalannya, Anda bisa memilih melewati jalan di seberang Terminal Dago atau melalui Taman Budaya Ganesha.

Apabila Anda adalah wisatawan yang berasal luar kota, maka bisa mencoba arahan jalan dengan mengandalkan Google Maps. Alamat lengkap curug berada di Jalan Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Akses jalan menuju lokasi air terjun bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Kondisi jalannya sudah cukup baik, walaupun agak sempit. Namun, sepanjang perjalanan Anda bisa melihat berbagai macam penampakan pohon yang tumbuh rimbun dan rindang.

Nantinya, Anda akan melihat jembatan gantung yang menghubungkan antara sisi kanan dan kiri. Jika ingin menurun ke bagian dasar curug, Anda perlu menuruni anak tangga dengan hati-hati karena licin.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Sama seperti tempat wisata lain yang mematok harga tiket masuk, curug ini juga menetapkan tarif kepada wisatawannya. Harga tiket masuk yang perlu Anda bayar adalah sekitar Rp15.000.

Anda juga perlu mempersiapkan uang untuk membayar biaya parkir apabila membawa kendaraan baik itu motor maupun mobil. Biaya parkir motor sekitar Rp2.000 dan parkir mobil sekitar Rp5.000.

Akan tetapi, untuk harga tiket bagi wisatawan mancanegara dan domestik dibedakan. Jam operasional curug ini buka mulai pukul 08.00 sampai dengan 17.00. Anda disarankan datang saat matahari masih bersinar terang agar mendapatkan pencahayaan yang terang.

Selain itu, lebih baik datang ke lokasi wisata pada saat musim panas ketimbang musim hujan. Bila Anda datang ke air terjun ini pada musim hujan maka akan cukup beresiko. Sebab, jalannya bisa saja licin dan arus airnya deras mengalir.

Daya Tarik Wisata Curug Dago

Setiap tempat wisata tentunya memiliki daya tariknya tersendiri untuk menarik para wisatawan agar berkunjung meramaikan lokasi. Curug yang cantik ini merupakan wisata berupa air terjun sekaligus menjadi wisata edukasi bersejarah karena terdapat prasasti peninggalan dari Raja Thailand.

1. Prasasti Bersejarah

Thailand dan Indonesia merupakan negara yang berada di kawasan ASEAN sehingga tidak mengejutkan apabila kedua negara ini menjalin hubungan bilateral. Penemuan prasasti batu yang bertulisan bahasa Thailand di curug ini mengandung nilai sejarah.

Wisata sejarah Curug Dago menunjukkan bahwa prasasti yang ditemukan di curug sana merupakan peninggalan dari kerajaan Thailand pada abad 18 yang lalu. Tulisan yang terdapat pada batu prasasti yaitu Raja Rama V (Raja Chulalongkorn II) dari Thailand pernah datang ke Curug bernama Dago ini.

Para ahli menyebutkan bahwa raja Thailand ke Curug Dago pada masa silam. Jadi, Raja Rama V berkunjung ke curug ini untuk pertama kali sekitar tahun 1896 kemudian disusul yang kedua kalinya pada tahun 1901.

Bukan hanya tulisan Raja Rama V saja yang terukir dalam prasasti, melainkan pada batu prasasti lain terdapat nama Raja Rama VII (Raja Prajadipok) yang juga berasal dari kerajaan Thailand. Anda bisa langsung datang ke lokasi air terjun ini untuk mendapatkan edukasi sejarahnya.

2. Pemandangan yang Asri

Sebagai salah satu wisata alam curug di Bandung, tempat wisata ini mempunyai pemandangan alam yang cukup memesona. Anda bisa merasakan suasana sejuk dari air terjun yang dikelilingi dengan pemandangan hijau yang tumbuh asri dan rindang.

Pemandangan asri inilah yang membuat sebagian besar pengunjung merasa betah dan nyaman berwisata ke curug. Hal-hal yang membuat pikiran menjadi jenuh dan terbebani akan teringankan dengan menyaksikan air terjun yang dapat mengalihkan beban pikiran setidaknya dalam sesaat.

Dulunya, air terjun di curug ini masih bersih dan jernih. Namun, karena terkontaminasi limbah, warna airnya berubah menjadi kecoklatan sehingga pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang ataupun mandi di sini.

Fasilitas Wisata Curug Dago

Keberadaan sebuah fasilitas penunjang dalam suatu wisata sangat penting. Mengapa demikian? Destinasi wisata yang mempunyai fasilitas minim akan membuat para wisatawan merasa tidak betah berlama-lama sebab mereka tidak dapat menggunakan fasilitas yang mereka butuhkan.

Fasilitas-fasilitas umum yang biasanya terdapat di area wisata misalnya kamar mandi, gazebo, warung, tempat ibadah, lahan parkir, dan lain sebagainya. Apalagi, citra suatu tempat wisata akan terlihat dari komentar mayoritas pengunjung. Jika fasilitasnya lengkap, maka pengunjung bisa merasa nyaman dan betah.

Sementara itu, fasilitas yang terdapat di Curug Dago ini antara lain penginapan, warung, gazebo, hingga lahan parkir. Bagi Anda yang ingin menginap di sekitar area wisata, maka bisa berkunjung ke Dago Pakar yang menyediakan fasilitas penginapan.

Lalu, untuk mengantisipasi lapar dan haus tiba-tiba ketika berwisata, terdapat satu dua warung di sekitar air terjun. Selain itu, fasilitas lain yang bermanfaat adalah gazebo atau tempat duduk. Bagi Anda yang lelah berjalan-jalan mengitari air terjun, maka bisa rehat sejenak dengan duduk-duduk di gazebo.

Bagi Anda yang membawa kendaraan, jangan khawatir dengan tempat parkirnya. Ada lahan parkir yang lumayan luas, sehingga dapat menampung cukup banyak kendaraan.

Kegiatan Menarik di Lokasi Curug

Sesampainya di lokasi wisata, mestinya ada beberapa kegiatan yang ingin Anda lakukan. Beberapa kegiatan menarik di curug ini antara lain: menjelajah, belajar sejarah, berjalan-jalan menikmati pemandangan, mengambil foto, dan lain sebagainya.

Salah satu kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan adalah memotret keindahan air terjun dan pemandangan alam sekitarnya yang indah. Anda juga bisa mengambil foto dengan latar belakang air terjun yang mengalir.

Selain itu, karena wisata ini juga mengandung bahan pelajaran sejarah yang dapat Anda pelajari, maka di samping menjadi wisata alam yang menghibur dan menenangkan, curug ini dapat Anda manfaatkan untuk mengetahui nilai sejarah dari keberadaan prasasti yang ditemukan.

Nah, setelah membaca beberapa informasi mengenai Curug Dago di atas, apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya? Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di tempat wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan agar kelestarian alam tetap terjaga.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan