Sampah Anorganik: Pengertian, Contoh, Manfaat, Gambar

    KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) mendefinisikan sampah sebagai barang atau benda yang dibuang karena tidak terpakai lagi dan sebagainya. Lebih lanjut, KBBI juga mengartikan sampah sebagai kotoran seperti daun, kertas. Salah satu jenis sampah adalah sampah anorganik, berikut dijelaskan pengertian, contoh, manfaat, dan gambarnya.

    Pengertian sampah anorganik

    Sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari bahan nonhayati, baik itu berupa produk sintetis ataupun limbah hasil proses teknologi pengolahan SDA (Sumber Daya Alam) dan tidak bisa diuraikan oleh alam. Artinya, jenis sampah ini tidak bisa terurai oleh bakteri dengan alami. Meski demikian, sebenarnya sampah ini memungkinkan untuk penguraian, tetapi memerlukan waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu, dikategorikan demikian.

    Sampah anorganik ini menjadi salah satu masalah besar bagi peradaban. Karena jenis sampah ini memiliki banyak dampak negatif bagi kehidupan. Beberapa di antaranya banyak yang mencemari lingkungan karena tidak bisa terurai dengan waktu yang singkat. Waktu yang diperlukan untuk penguraian bisa ratusan, bahkan ribuan tahun untuk bisa mengurai sampah ini dengan alami. Oleh karena itu, upaya untuk meminimalisir pengunaannya dan pemanfaatannya sangat diperlukan demi kelangsungan peradaban.

    Contoh sampah anorganik

    Apa saja contoh sampah anorganik? Antara lain adalah berikut ini.

    1. Botol plastik

    2. Tas plastik

    3. Kaleng

    4. Besi

    5. Pecahan kaca

    6. Plastik bekas kemasan

    7. Paku bekas

    8. Styrofoam bekas kemasan makanan

    9. Pecahan asbes

    10. Pecahan keramik

    11. Lampu rusak

    12. Kabel bekas

    13. Ban bekas

    14. Alat elektronik rusak

    15. Tutup botol

    16. Limbah pabrik

    17. Kain bekas

    Daftar contoh sampah anorganik tersebut beberapa di antaranya bisa dimanfaatkan. Terdapat beberapa cara untuk upaya pemanfaatan ini.

    Manfaat sampah anorganik

    Meskipun biasa menjadi penyebab kerusakan lingkungan, beberapa jenis sampah ini bisa dimanfaatkan jika mengetahui cara pengolahan dengan tepat. Dengan pengolahan yang tepat ini, bisa mengurangi ancaman kerusakan lingkungan.

    Apa manfaat dari sampah anorganik? Berikut beberapa di antaranya.

    1. Bahan pembuatan kerajinan tangan

    Melalui kreativitas, sampah anorganik dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang dihasilkan pun bisa memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan bisa dikembangkan untuk bisnis.

    Misalkan pada sampah botol plastik yang dapat diolah menjadi kerajinan tangan dengan aneka versi, seperti pigura, hiasan dinding, tas, peralatan rumah tangga, dll.

    2. Pembuatan bahan daur ulang

    Pemanfaatan sampah untuk bahan daur ulang biasanya berasal dari botol plastik. Sampah botol ini biasanya dikumpulkan, lalu didaur ulang. Pastinya dengan daur ulang, bisa mengurangi penumpukan sampah yang tidak bisa terurai ini.

    Dengan daur ulang ini, limbah bisa berguna dan tidak sekadar menjadi benda yang dibuang. Meski begitu, perlu dicermati bahwa tidak semua limbah bisa didaur ulang kembali.

    3. Reusable (penggunaan kembali)

    Reusable merupakan upaya untuk menggunakan kembali berbagai sampah yang memiliki sifat anorganik. Ketika tidak terpakai lagi, tidak perlu dibuang langsung. Melainkan bisa dipakai untuk keperluan lainnya, sehingga tidak menjadi limbah yang mencemari lingkungan.

    Pemanfaatan ini biasanya pada sampah yang seperti kardus bekas peralatan elektronik. Kardus yang tidak bisa diuraikan dengan cepat ini, sebaiknya dimanfaatkan untuk keperluan lainnya.

    4. Bahan pembuatan mainan

    Beberapa jenis sampah bisa dimanfaatkan untuk bahan pembuatan mainan anak kecil. Misalkan untuk membuat kincir angin dari bekas gelas minuman dan membuat mobil mainan dari botol plastik. Penggunaan bahan ini juga menghemat pemembelian mainan anak yang mana harganya semakin mahal.

    Upaya pemanfaatan limbah sangat penting. Jika tidak, kita bisa melihat dampaknya yang terjadi, salah satunya yaitu kerusakan lingkungan. Sampah yang dibuang sembarangan dan tidak terurai di tanah ini bisa menyumbat saluran air dan sungai, lalu menyebabkan terjadinya banjir.

    Gambar sampah organik

    Berikut merupakan beberapa contoh gambar sampah anorganik. Gambar ini didapatkan dari beberapa sumber situs web koleksi gambar seperti Freepik, Rawpixel, Unsplash, Pexels, dan Stockvault.

    Jika Kamu ingin mendapatkan gambar yang lebih banyak, maka bisa mengunjungi langsung situs web tersebut.

    Sampah Kaleng Bekas
    Gambar Sampah Kaleng Bekas | Credit: Pexels/Suzy
    Sampah Botol Plastik
    Gambar Sampah Botol Plastik | Credit: Rawpixel
    Sampah Besi Bekas
    Gambar Sampah Besi Bekas | Credit: Stockvault
    Sampah Anorganik Merusak Lingkungan
    Gambar Sampah Anorganik Merusak Lingkungan | Credit: Feepik/Jcomp
    Buanglah Sampah Pada Tempatnya
    Buanglah Sampah Pada Tempatnya | Credit: Freepik