Samsung J8 Review Spesifikasi, Harga dan Kelebihannya Lengkap

Samsung J8 adalah smartphone kelas menengah yang masih menjadi pilihan populer di kalangan konsumen dengan harga terjangkau. Meskipun dirilis pada tahun 2018, J8 masih memiliki fitur yang cukup baik dan mampu bersaing dengan ponsel sejenis yang dirilis belakangan ini.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang ulasan smartphone ini, mulai dari spesifikasi, performa, kamera, hingga kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh perangkat.

Review Samsung J8

Melihat review sebelum membeli ponsel ini dapat membantu untuk mengetahui gambarannya. Dengan begitu, konsumen dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan memperoleh informasi yang berguna sebelum melakukan pembelian.

1. Desain

Samsung Galaxy J8 memiliki desain yang elegan dan premium dengan bodi metal berwarna matte dan sudut-sudut yang melengkung. Smartphone ini memiliki dimensi 159.2 x 75.7 x 8.2 mm dan berat 177 gram. Meskipun memiliki layar berukuran 6 inci, bodynya masih nyaman digenggam dengan satu tangan.

Bagian depan smartphone ini didominasi oleh layar Super AMOLED berukuran 6 inci dengan resolusi 720 x 1480 piksel dan rasio aspek 18:9. Layar ini dilindungi oleh Corning Gorilla Glass dan menawarkan reproduksi warna yang cerah dan kontras yang dalam. Di atas layar terdapat kamera selfie 16 MP dengan LED flash, sedangkan di bawah layar terdapat tiga tombol sentuh.

Bagian belakang smartphone ini dilengkapi dengan kamera ganda 16 MP + 5 MP dengan LED flash, sensor sidik jari berbentuk pil, dan logo Samsung. Samsung J8 tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, biru, dan emas.

Salah satu hal yang menarik dari desainnya adalah penempatan speakernya. Penempatannya tidak berada di bagian bawah seperti kebanyakan smartphone lainnya, melainkan di bagian samping kanan di atas tombol power. Hal ini membuat suara tidak tertutup saat smartphone digunakan dalam posisi landscape.

Di bagian samping kiri terdapat tombol volume, slot kartu SIM, dan slot microSD. Di bagian bawah terdapat jack audio 3.5 mm dan port micro USB untuk pengisian daya.

2. Kamera

Samsung Galaxy J8 memiliki kamera ganda di bagian belakang dengan resolusi 16 MP (f/1.7) + 5 MP (f/1.9). Kamera ini mendukung fitur Live Focus yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kedalaman bidang secara real-time dan menghasilkan efek bokeh yang indah. Tak hanya itu saja, kamera juga dapat merekam video dengan resolusi Full HD (1080p) pada 30 fps.

Sedangkan untuk kamera depan, sudah dilengkapi dengan resolusi 16 MP (f/1.9) dengan LED flash. Hal ini membuat pengguna dapat mengambil foto selfie dengan detail yang tajam dan warna yang natural. Kamera ini juga mendukung fitur Portrait Dolly dan Background Blur Shape yang dapat memberikan efek artistik pada latar belakang foto selfie.

Samsung Galaxy J8 juga dilengkapi dengan fitur AR Emoji yang dapat membuat avatar animasi dari wajah pengguna dan mengekspresikan emosi mereka dalam bentuk stiker atau video.

3. Performa

Samsung Galaxy J8 ditenagai oleh prosesor Snapdragon 450 octa-core berkecepatan 1.8 GHz dan RAM 3 GB atau 4 GB. Prosesor ini merupakan prosesor kelas menengah yang cukup mumpuni untuk menjalankan aplikasi-aplikasi sehari-hari dan game-game ringan.

RAM 3 GB atau 4 GB juga memberikan ruang yang cukup untuk multitasking. Smartphone ini memiliki memori internal 32 GB atau 64 GB yang dapat diperluas hingga 256 GB dengan menggunakan kartu microSD. Kemudian, perangkat juga mendukung dual SIM standby dengan jaringan 4G LTE.

Samsung J8 menjalankan sistem operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka Samsung Experience 9.0. Antarmuka ini menawarkan fitur-fitur menarik seperti Always On Display, Face Unlock, Chat Over Video, Dual Messenger, Secure Folder, Game Launcher, dan lain-lain.

Ponsel ini juga memiliki sensor sidik jari yang responsif dan akurat untuk membuka kunci smartphone dengan cepat dan aman. Selain itu, smartphone ini juga memiliki fitur Samsung Pay Mini yang memudahkan pengguna untuk melakukan pembayaran digital dengan menggunakan NFC.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy J8 memiliki performa yang cukup baik untuk ponsel kelas menengah. Smartphone ini dapat menjalankan berbagai aplikasi dan game tanpa mengalami lag atau hambatan yang berarti.

4. Baterai

Samsung Galaxy J8 memiliki baterai berkapasitas 3500 mAh yang dapat bertahan hingga 23 jam waktu bicara, 15 jam waktu pemutaran video, atau 112 jam waktu pemutaran audio. Baterai ini juga mendukung fitur pengisian daya cepat yang dapat mengisi daya hingga 50% dalam waktu 30 menit.

5. Harga

Harga Samsung Galaxy J8 dibanderol dengan Rp 3.999.000 untuk varian RAM 3 GB dan memori internal 32 GB, dan Rp 4.499.000 untuk varian RAM 4GB dan memori internal 64GB. Smartphone ini dibanderol dengan harga yang cukup kompetitif, jika dibandingkan dengan smartphone kelas menengah lainnya yang memiliki spesifikasi serupa.

Keunggulan dan Kekurangan

Setiap handphone, tentunya tidak terlepas dari keunguan dan kekurangannya tersendiri yang perlu diketahui oleh calon pembelinya. Untuk perangkat Samsung J8 ini, beberapa poin tersebut bisa dilihat sebagai berikut:

Keunggulan

  • Desain yang elegan. Ponsel memiliki desain yang cukup elegan dan modern dengan layar super AMOLED berukuran 6 inci yang memberikan tampilan yang jernih dan nyaman saat digunakan.
  • Kamera yang baik. J8 dilengkapi dengan kamera belakang ganda 16MP + 5MP dan kamera depan 16MP yang mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang baik.
  • Baterai yang besar. Smartphone memiliki baterai dengan kapasitas 3.500 mAh yang mampu bertahan selama seharian penuh dengan penggunaan normal.
  • Performa yang baik. Ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 450 dan RAM 4GB, J8 mampu memberikan performa yang baik untuk kegiatan sehari-hari seperti browsing, gaming, dan streaming.
  • Fitur keamanan yang lengkap. J8 dilengkapi dengan fitur keamanan seperti pemindai sidik jari dan pengenalan wajah untuk melindungi privasi pengguna.

Kekurangan

  • Tidak mendukung fast charging. Meskipun memiliki baterai yang besar, J8 tidak mendukung fitur fast charging sehingga pengisian daya memakan waktu yang cukup lama.
  • Prosesor yang kurang cepat. Meskipun J8 mampu memberikan performa yang baik untuk kegiatan sehari-hari, prosesor Snapdragon 450 yang digunakan terbilang kurang cepat jika dibandingkan dengan smartphone kelas menengah lainnya.
  • Tidak memiliki pengaturan manual pada kamera. J8 tidak memiliki pengaturan manual pada kamera, sehingga pengguna tidak dapat mengatur ISO, shutter speed, dan lain sebagainya.
  • Tidak ada lampu notifikasi. Samsung Galaxy J8 tidak dilengkapi dengan lampu notifikasi, sehingga pengguna harus memeriksa layar secara manual untuk mengetahui adanya notifikasi atau pesan baru.
  • Harga yang cukup tinggi. Meskipun tergolong sebagai smartphone kelas menengah, harga ponsel di pasaran tergolong cukup tinggi dibandingkan dengan kompetitornya yang sejenis.

Samsung J8 adalah smartphone yang cocok untuk Anda yang mencari smartphone kelas menengah dengan desain yang kekinian, layar yang luas, kamera yang canggih, dan performa yang tangguh. Ponsel ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan komunikasi, hiburan, dan gaya hidup.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan