Perbedaan, Pengertian, dan Fungsi: Save dengan Save As

    Bagi para pengguna PC, Save dan Save As pasti menjadi 2 perintah yang biasa ditemui. Keduanya merupakan perintah untuk menyimpan sebuah dokumen atau berkas hasil pekerjaan di media penyimpanan PC. Namun, kedua perintah ini mempunyai beberapa perbedaan. Berikut merupakan pengertian, perbedaan, dan fungsi dari perintah Save dengan Save As.

    Inti perbedaan Save dan Save As

    Perbedaan Save dan Save As adalah Save digunakan untuk menyimpan langsung sebuah dokumen yang pernah disimpan dengan nama, format, dan lokasi penyimpanan yang sama seperti sebelumnya. Sedangkan Save As digunakan untuk menyimpan sebuah dokumen lama maupun baru dengan nama, format, dan lokasi penyimpanan yang bisa ditentukan.

    Pengertian

    Pengertian Save

    Save adalah operasi untuk menyimpan langsung berkas komputer yang sebelumnya pernah disimpan.

    Pengertian Save As

    Save as adalah operasi untuk menyimpan berkas yang bisa mengatur nama, format, dan lokasi penyimpanan berkas.

    Contoh pemakaian

    Contoh pemakaian Save

    Misalkan kita memiliki dokumen yang pernah disimpan beberapa waktu yang lalu dengan nama Berkas 1 dan posisi penyimpanan terletak di data D. Kemudian kita mau mengedit isi dokumen tersebut. Sehabis mengedit isi dokumen, kita bisa menyimpannya dengan nama dan format yang sama serta lokasi penyimpanan yang sama menggunakan perintah Save ini. Namun perlu diingat, berkas yang sebelum diedit tidak bisa dikembalikan alias hilang.

    Contoh pemakaian Save As

    Misalkan kita memiliki dokumen yang pernah disimpan beberapa waktu yang lalu dengan nama Berkas 1. Kemudian kita mau mengedit isi dokumen serta ingin membuatnya menjadi 2 dokumen, biar dokumen yang sebelum diedit tidak hilang. Maka kita dapat menyimpan dokumen baru dengan nama yang berbeda serta lokasi penyimpanan yang berbeda menggunakan perintah Save As ini. Kemudian dokumen yang diedit bisa diberi nama lain semisal Berkas 2 serta lokasi penyimpanannya bisa diganti, misal ke data E. Dengan begitu, kita memiliki dokumen baru dan tidak kehilangan dokumen yang sebelumnya.

    Tabel perbedaan

    PerbedaanSaveSave As
    FungsiMenyimpan perubahan berkas yang sebelumnya pernah disimpan di media penyimpanan komputer.Menyimpan berkas baru atau perubahan berkas lama yang ingin diganti format atau namanya.
    Cara cepatCTRL + S.CTRL + ALT + S atau F12 atau CTRL + SHIFT + S (Berdasarkan perangkat lunak yang digunakan).
    Lokasi penyimpananOtomatis di lokasi penyimpanan berkas yang sebelumnya.Lokasi penyimpanan berkas bisa dipilih.
    Format penyimpananOtomatis diatur komputer seperti format sebelumnya.Format penyimpanan bisa ditentukan.

    Lebih lanjut

    a. Perbedaan fungsi

    Save merupakan perintah bagi program PC untuk menyimpan hasil pengeditan berkas yang di mana berkas ini tadinya pernah disimpan. Misalkan, kita membuka sebuah berkas Microsoft Office di PC yang sebelumnya pernah kita simpan, setelah itu merubah isinya. Maka dengan perintah Save bisa menyimpan hasil pengeditan tersebut ke berkas yang sama.

    Sementara Save As merupakan perintah bagi program PC untuk menyimpan sebuah berkas yang tadinya belum terdapat di PC. Dengan demikian, perintah Save As bisa untuk menyimpan berkas baru atau bisa juga berkas lama yang ingin diganti format ataupun namanya, sehingga mendapatkan berkas baru.

    b. Perbedaan cara cepat

    Perbedaan Save dan Save As terdapat pula pada cara cepat yang bisa dipakai untuk melaksanakan perintahnya. Save bisa dengan menekan tombol CTRL+S, sedangkan Save As bisa dengan menekan tombol CTRL+ALT+S atau F12 atau CTRL+SHIFT+S (Berdasarkan perangkat lunak yang digunakan).

    c. Perbedaan penentuan lokasi penyimpanan berkas

    Perbedaan Save dan Save As terdapat pula pada penentuan lokasi penyimpanan berkas. Save otomatis menyimpan hasil pengeditan berkas di tempat awal berkas tersebut ditaruh. Sementara Save As bisa untuk menyimpan berkas dengan memililih lokasi penyimpanannya.

    Meski demikian, bila berkas merupakan berkas baru. Maka menggunakan perintah Save pun bisa juga untuk menyimpan berkas baru dan memilih lokasi penyimpanannya seperti halnya Save As. Oleh karena itu, semisal untuk pembuatan dokumen baru, maka tidak penting perbedaan keduanya ini, sebab keduanya bisa berfungsi sama bila untuk berkas baru.

    d. Perbedaan format penyimpanan berkas

    Berkas yang disimpan menggunakan perintah Save mempunyai nama serta format yang serupa seperti yang disimpan sebelumnya. Misalkan kita ingin menyimpan berkas foto hasil editing software desain grafis Photoshop, maka berkas dengan default disimpan menggunakan nama foto serta format yang sama seperti sebelum diedit. Sedangkan bila memakai perintah Save As, kita bisa menyesuaikan nama serta format seperti yang diinginkan, misalnya gambar disimpan dengan nama Foto Hasil Edit serta format bisa dipilih antara PSD, JPG, PNG, GIF, dll.

    Loading...