Sekolah Kedinasan Langsung Kerja Banyak Peminat di Indonesia

Mello.idSetelah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), tahap berikutnya akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu Universitas. Namun tak jarang pula ada yang ingin melanjutkan Pendidikan ke sekolah kedinasan. Terdapat beberapa Sekolah Kedinasan yang langsung kerja di Indonesia.

Selain tingkat kesulitan yang sangat tinggi pada saat mengikuti proses seleksi, para calon mahasiswa dan mahasiswi dari Sekolah Kedinasan ini sudah pasti adalah orang-orang yang telah terpilih. Hal ini lantaran mengingat banyaknya proses seleksi yang akan dilewati.

Mulai dari ambang batas nilai minimum untuk mendaftar, fisik yang telah ditentukan dengan standar yang ada, kemampuan umum, Bahasa asing serta banyak lagi aturan-aturan dari masing-masing Instansi. Untuk itu sekolah kedinasan banyak sekali peminatnya.

Sehingga, tingkat persaingan masuk ke sekolah kedinasan pun sangat sulit. Alasan utama sekolah kedinasan banyak peminat, yakni tak membebankan biaya pendidikan untuk mahasiswanya dan lulusannya akan langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

Untuk diketahui, sekolah kedinasan adalah suatu perguruan tinggi yang berada dan dikelola di bawah naungan institusi pemerintah, baik itu badan pemerintahan, lembaga pemerintahan, ataupun kementerian. Dan sekolah kedinasan merupakan lembaga pendidikan yang melatih calon anggota dinas tertentu atau PNS.

Untuk mengetahui apa saja sekolah kedinasan yang langsung kerja banyak peminat di Indonesia, bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

5 Sekolah Kedinasan yang Langsung Kerja di Indonesia

Berikut Daftar 5 Sekolah Kedinasan yang Paling Banyak Diminati di Indonesia

Politeknik Keuangan Negara (STAN)

Yang pertama sudah jelas adalah Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN). Sudah bertahun-tahun PKN STAN berhasil menjadi Sekolah Kedinasan yang langsung kerjadengan  paling banyak peminat.

Pada dua tahun lalu, Kampus yang berlokasi di Bintaro ini berhasil menarik lebih dari 44 Ribu peminat. Tidak mengherankan karena PKN STAN banyak menawarkan keuntungan apabila kita berhasil lolos dan menjadi salah satu mahasiswa atau mahasiswi mereka.

Keuntungan yang diberikan apabila kita menjadi salah satu bagian dari PKN STAN adalah biaya pendidikan yang tidak dipungut biaya sama sekali, mendapatkan uang saku serta berkesempatan untuk berkarier di Kementrian Keuangan.

PKN STAN sendiri menawarkan pendidikan yang berfokus pada Akuntansi Ekonomi serta Keuangan dan Perbendaharaan Negara, tidak heran banyak sekali lulusan terbaik dari PKN STAN berhasil bekerja di Kementrian Keuangan  serta banyak instansi Pemerintahan lainnya.

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Di urutan kedua ditempati oleh Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN. Kampus IPDN berlokasi di banyak penjuru Indonesia, salah satu lokasi Kampusnya yang paling terkenal ialah di Kawasan Jati Nangor. 

Kampus IPDN ini dinaungi oleh Kementrian Dalam Negeri. Maka tidak mengherankan apabila lulusan dari Kampus IPDN atau yang biasa disebut Purna Praja akan berkarier di bidang pemerintahan kota atau daerah.

Oleh sebab itulah ini menjadikan IPDN menjadi salah satu Sekolah Kedinasan yang langsung kerja dengan banyak peminat di Indonesia.

Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS)

Posisi ketiga ditempati oleh Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS). Sama dengan Sekolah Kedinasansebelumnya, STIS juga membebaskan biaya kuliah bagi para mahasiswanya.

Jaminan langsung diangkat menjadi CPNS dan bekerja di Badan Pusat Statistika setelah lulus menjadikan STIS menjadi salah satu Sekolah Kedinasan dengan banyak peminat. Kampus STIS sendiri berlokasi dibilangan Jakarta Timur.

Politeknik Imigrasi (POLTEKIM)

Selanjutnya ada Akademi Imigrasi atau yang sekarang disebut Politeknik Imigrasi (POLTEKIM). Politeknik Imigrasi dinaungi oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kampusnya sendiri berlokasi di Gandul, Jalan Raya Cinere, Depok.

Kampus dengan peminat belasan ribu pendaftar ini berfokus pada pengajaran mengenai pembelajaran serta pelatihan mengenai Keimigrasian. Biasa para mahasiswa yang berkuliah di sini disebut sebagai Taruna bagi Pria dan Taruni bagi Wanita.

Setelah lulus, pastinya para Taruna dan Taruni akan mendapatkan karier yang cerah di bidang Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia khususnya pada bidang Keimigrasian.

Akademi Kepolisian (AKPOL)

Yang terakhir ada Akademi Kepolisian atau AKPOL. AKPOL menjadi salah satu Sekolah Kedinasan dengan banyak peminat khususnya bagi murid laki-laki. Karena lulusan AKPOL nantinya akan langsung menjadi perwira POLRI.

AKPOL sendiri mempelajari tentang pengembangan ilmu serta pengetahuan mengenai bidang kepolisian Indonesia. Karena nantinya akan menjadi Perwira POLRI, lulusan AKPOL pastinya memiliki rasa nasionalisme yang tinggi serta dapat mengayomi masyarakat.

Itulah 5 Sekolah Kedinasan yang langsung kerja banyak peminat di IndonesiaDengan jaminan langsung mendapat pekerjaan setelah lulus menempuh jenjang pendidikan serta terlihat berbeda dari mahasiswa Universitas Negeri atau Swasta karena latarbelakangnya, biasanya makin membuat berbagai Sekolah Kedinasan banjir pendaftar.

Kalau kalian, berminat untuk mendaftar di Sekolah Kedinasan yang mana nih?

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan