Simbol dalam Karya Seni Rupa 2 dan 3 Dimensi

    Pengertian simbol dalam karya seni rupa

    Simbol dalam karya seni rupa adalah makna yang terdapat pada karya seni rupa, baik itu bentuk objeknya ataupun unsur-unsur yang membentuknya. Pada seni rupa, simbol bisa dijumpai dalam karya seni 2 dimensi maupun 3 dimensi.

    Pada bentuk objeknya, kita bisa menjumpai simbol dengan tema yang terdapat pada hasil karya seni rupa. Sedangkan pada unsur-unsurnya, kita bisa menjumpainya melalui penataan unsur-unsur seni rupa seperti warna, garis, bidang, bentuk, gelap terang, tekstur, dan ruang yang memiliki makna tertentu.

    Secara konseptual, simbol ini bisa memiliki beberapa pengertian, antara lain yaitu sebagai berikut.

    1. Sesuatu yang biasanya berupa tanda yang kelihatan dan dapat ditujukan untuk menggantikan ide atau gagasan objek tertentu.

    2. Tanda atau isyarat yang bisa digunakan untuk merepresentasikan sesuatu yang lain. Misalnya adalah arti, kualitas, ide atau gagasan, dan objek.

    3. Apa saja yang diberikan arti dengan persetujuan umum dan/atau dengan kesepakatan atau bisa juga kebiasaan. Misalnya yaitu lampu lalu lintas.

    4. Tanda konvensional, yaitu sesuatu yang dibuat oleh masyarakat tertentu dengan arti tertentu yang kurang lebih merupakan standar yang disepakati atau dipakai oleh anggota masyarakat tersebut. Arti simbol pada konteks ini biasanya dilawankan dengan tanda alamiah.

    Contoh simbol dalam karya seni rupa

    Karya seni biasa dibuat untuk menyimbolkan sesuatu. Misalnya karya seni 3 dimensi seperti patung, tugu, dan monumen, yang mana biasanya dibuat sebagai simbol untuk makna tertentu.

    Pembuatan patung, tugu, dan monumen yang menyimbolkan sesuatu tersebut sudah lama menjadi kebiasaan dan sudah dilakukan orang sejak zaman dahulu. Kebanyakan dibuat dengan ukuran yang besar dan sebagai kesepakatan untuk memperingati peristiwa penting atau peristiwa bersejarah.

    Contoh simbol dalam karya seni rupa 3 dimensi di Indonesia

    1. Tugu Proklamasi di Jakarta merupakan simbol dari perjuangan rakyat dan kemerdekaan Indonesia.

    2. Tugu Khatulistiwa di Pontianak Kalimantan Barat untuk menandai tempat yang dilewati garis khatulistiwa

    3. Tugu Jogja yang menyimbolkan persatuan antara pemimpin dan rakyat dalam perjuangannya melawan musuh dan juga menyimbolkan persatuan untuk membentuk pemerintahan dalam suatu negara.

    Simbol pada objek

    Kita juga bisa mengamati karya seni rupa 3 dimensi yang ada di sekitar kita. Kita mungkin mendapati bahwa ada makna dari objek karya seni tersebut. Misalnya patung pahlawan atau orang yang berjasa, dibuatnya patung tersebut dapat ditujukan untuk menghormatinya. Lalu patung tersebut dapat memiliki simbol kekuatan, kepahlawanan, dan perjuangan.

    Simbol pada unsur-unsur

    Pada bagian unsur-unsurnya pun juga bisa memiliki simbol dengan makna yang berbeda. Misalnya untuk melambangkan duka cita, beberapa masyarakat ada yang menggunakan unsur berupa warna hitam. Namun ada juga masyarakat yang menggunakan kuning, lalu ada juga masyarakat yang menggunakan putih. Dengan demikian, setiap masyarakat di daerah tertentu bisa saja menciptakan makna dengan simbol tertentu yang berbeda dari daerah lainnya.

    Dalam karya seni rupa 2 dimensi pun juga demikian. Misalnya pada seni lukis, objek lukisan dan unsur-unsur seni rupa 2 dimensi yang menyusun lukisan tersebut, keduanya bisa ditujukan untuk menyimbolkan makna tertentu.

    Loading...