Spesifikasi Huawei Nova 7i, Review dan Harga Terbarunya 2023

Huawei Nova 7i sudah diluncurkan secara resmi di Malaysia pada bulan Februari 2020. Smartphone kelas mid range ini masih banyak diburu  karena mampu bersaing dengan para kompetitornya.

Salah satu daya tarik jika dibandingkan dengan pendahulunya ada pada bagian kamera. Huawei telah melengkapinya dengan 4 kamera belakang 48 MP sehingga kualitasnya sangat jernih.

Lantas, bagaimana dengan berbagai aspek lain dari jeroan smartphone ini? Mari langsung simak review lengkapnya yang akan dibagikan pada artikel di bawah ini.

Review Lengkap Huawei Nova 7i

Huawei menawarkan banyak keunggulan untuk bersaing dengan kompetitornya dalam segmen kelas menengah. Keunggulan tersebut meliputi tampilan desain, fitur, hingga spesifikasinya yang lebih lengkap.

1. Desain Body

Review pertama yang akan diulas bisa dilihat dari segi fisik atau sektor eksteriornya. Sektor ini menjadi bagian luar yang berperan penting untuk menarik konsumen melalui tampilannya.

Dimensi body dari smartphone ini mempunyai ukuran 159.2 x 76.3 x 8.7 mm dengan berat 183 gram. Wajar sekali jika bodynya terlihat begitu ramping dan berkelas.

Namun rangka body yang digunakan dibuat dari bahan plastik sehingga terbilang standar. Sebenarnya bukan menjadi masalah karena dimensinya sudah cukup membuatnya elegan dan kuat.

Tersedia dalam beberapa variasi warna seperti Emerald Green, Black, dan Light Blue atau Pink. Semua warnanya mengandung unsur Glossy yang menonjol sehingga semakin berkilau.

2. Tampilan Layar

Huawei kali ini mengusung teknologi canggih dan modern untuk menjamin visualisasinya. Maka dari itu, Huawei Nova 7i dilengkapi dengan sebuah layar visual yang memiliki ukuran 6.4 inci.

Layar tersebut menggunakan panel LTPS IPS LCD sehingga hasil visualnya akan lebih tajam Selain itu, bagian layarnya memiliki resolusi yang cukup tajam sebesar 1080 x 2310. Tampilannya memang terlihat seperti real dengan tingkat kejernihan tinggi.

Disamping itu, smartphone ini masih belum disematkan dengan adanya pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass. Maka dari itu, supaya tidak mengalami goresan maka bisa melapisi LCD dengan screen guard yang dipasang secara manual.

3. Kamera Andalan

Beralih ke kamera, Huawei menerapkan quad camera yang siap untuk memanjakan para penggunannya. Kamera utama yang ada di bagian belakang terbagi dalam 4 kamera dengan resolusi berbeda.

Masing-masing kamera tersebut mempunyai sensor 8 MP, 48 MP, 2 MP, dan 2 MP. Kamera tersebut memiliki fitur LED Flash yang menjamin performa dalam pengambilan gambar lebih atraktif dan berkualitas.

Sedangkan untuk kamera depan tunggalnya memiliki sensor yang tak kalah handal, yaitu sebesar 16 MP dengan lensa wide. Lensa wide dapat diandalkan untuk mengambil foto selfie yang memiliki objek lumayan luas.

Semua kamera tentu bisa digunakan untuk mengambil video dalam durasi yang cukup lama. Kameranya bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi mulai dari 1080p hingga 4k.

Apalagi memiliki fitur menarik seperti slow motion yang menggunakan frame rate 960 FPS. Selain itu, ada juga dual view untuk merekam dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan.

4. Dapur Pacu

Dalam sektor performa juga tangguh karena mengusung chipset Kirin 810 (7 nm). Chipset tersebut di support dengan CPU atau Central Processing Unit Octa-Core (6×1.88 GHz Cortex-A55 dan 3×2.27 GHz Cortex-A76).

Huawei sudah berhasil meraih skor AnTuTu 8 hingga 323.430 untuk produk andalannya ini. Hal ini membuatnya mampu untuk memainkan berbagai game berat seperti PUBG. Pengaturan grafisnya bahkan dapat diatur hingga HDR dan Ultra.

Disamping itu, sebagai penunjang operasionalnya maka sudah menggunakan OS Android 10 EMUI 10 generasi terbaru. OS android ini merupakan generasi teranyar yang cukup handal dan fitur yang disediakan sangat ringan.

Tak ketinggalan, ada beberapa fitur lainnya yang membuat performanya semakin handal. Fitur tersebut meliputi accelerometer, fingerprint (side-mounted), compass, proximity, dan lain sebagainya.

5. Ketahanan Baterai

Jenis baterai yang digunakan dalam smartphone ini adalah Lithium Polymer atau yang disebut Li-Po. Baterai Li-Po memiliki kemampuan yang cukup mumpuni untuk menyuplai daya dalam setiap komponen.

Kapasitas daya baterai yang ditawarkan lumayan besar karena mencapai hingga 4200 mAh. Apabila dalam kondisi full, baterai tersebut bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama atau bahkan selama seharian.

Baterai tersebut dilengkapi fitur fast charging atau pengisian daya baterai yang cukup cepat. Hanya dalam waktu 30 menit sudah mampu mengisi daya smartphone hingga 75%.

Namun jika untuk mengisi daya secara penuh maka hanya memakan waktu sekitar 1 jam 8 menit. Performa baterai yang sangat menakjubkan untuk sebuah smartphone kelas menengah.

6. Ruang Penyimpanan

Tak dapat dipungkiri, Huawei Nova 7i memiliki RAM 8GB yang bisa membuat smartphone semakin multitasking. Dilengkapi dengan sebuah memori internal dengan kapasitas besar yaitu 128 GB.

Memori penyimpanan internal ini diperluas kembali kapasitasnya melalui Nano Memory atau NM sebesar 256 GB. NM sangat berguna untuk memaksimalkan penyimpanan sehingga mampu menampung banyak file.

RAM tersebut juga bisa digunakan untuk mendownload banyak aplikasi tanpa adanya peringatan low storage. Selain itu juga sudah memiliki teknologi UFS 3.0 sehingga bisa membuka banyak aplikasi dalam waktu yang sama.

7. Konektivitas atau Jaringan

Untuk mendukung jaringan internet yang cukup mumpuni, Huawei menggunakan jaringan 4 LTE. Jaringan ini tak perlu diragukan karena memiliki akses yang sangat agresif.

Huawei juga telah menyiapkan slot dual Hybrid SIM Card yang dapat mendukung aktivitas komunikasi semakin lancar. Bahkan masih banyak fitur lain yang disematkan seperti dual band, Hotspot, WiFi Direct, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, USB OTG, dan USB Type C.

Sedangkan soal penentuan akses pemetaan lokasi yang akurat juga menggunakan sistem navigasi yang handal. Sistem navigasi yang digunakan dalam smartphone ini berupa GLONASS, A-GPS, dan BDS, QZSS dan lainnya.

Semuanya akan berkolaborasi dengan baik untuk mendukung proses kinerja smartphone. Sehingga nantinya bisa menentukan lokasi yang tepat dengan akurasi yang tinggi. Hanya saja belum memiliki koneksi NFC sehingga menjadi kelemahannya tersendiri.

Harga Huawei Nova 7i Terbaru

Dengan segala keunggulan dan kelemahan yang dimiliki, Nova 7i sangat worth it untuk digunakan sekarang ini. Dirilis 14 Februari 2020, harganya secara global berada dalam kisaran 300 Euro.

Jika dirupiahkan maka nilainya sebanding dengan 4.5 jutaan sehingga terbilang cukup mahal. Namun bagi yang ingin mendapatkan harga lebih terjangkau maka sebaiknya membeli produk bekas atau second.

Anda bisa membelinya dengan mudah di beberapa konter yang ada di kota terdekat. Selain itu, bisa juga membelinya secara online di marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Shopee dan lain sebagainya. Harga secondnya sekitar 3 jutaan dan tergantung dari kondisi smartphone itu sendiri.

Huawei Nova 7i menjadi produk andalan Huawei yang tak bisa dianggap remeh, terlebih bagi penggemar fotografi. Tak tanggung, terdapat 4 kamera sekaligus yang mampu menghasilkan gambar berkualitas. Performanya sangat mumpuni sehingga bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan