Spesifikasi iPhone 11 Pro (Review): Kelebihan & Kekurangan

Sekarang mungkin waktu terbaik untuk membeli iPhone 11 Pro, karena harganya pasti turun dan tidak semahal sebelumnya. Harga iPhone seri terbaru, yang baru saja rilis, memang gila-gilaan, apalagi jika versi Pro atau Pro Max.

iPhone masih menjadi idaman setiap orang, sayang tidak banyak yang bisa membelinya. Harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan smartphone Android flagship, namun di situlah letak keistimewaan dari smartphone besutan Apple ini.

Review iPhone 11 Pro

Spesifikasi iPhone 11 Pro memang tidak perlu diragukan lagi, tetap relevan sampai sekarang meski sudah ada versi iPhone yang lebih baru. Selama apa pun versi iPhone, tetap akan mendapatkan update dan upgrade iOS, jadi tidak perlu khawatir.

1. Desain

iPhone 11 Pro hadir dengan empat warna yang terlihat kalem, yaitu emas, abu-abu, perak dan hijau temaram. Kamu bebas memilih warna yang kamu sukai, meski tidak sebanyak dengan iPhone 11 biasa, yang mengusung enam warna.

Jika iPhone 11 menggunakan alumunium, maka versi Pro telah menggunakan frame stainless steel. Dibandingkan dengan alumunium, bahan ini lebih tahan goresan. Smartphone pun akan terasa premium ketika digenggam.

Sayangnya, sidik jari juga akan lebih mudah meninggalkan jejak, mau tidak mau harus dibersihkan secara berkala. Untuk bagian belakang, iPhone ini menggunakan bahan kaca, yang bertekstur dove dan tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari.

Desain dari smartphone ini juga sangat tangguh, terutama ketika berhubungan dengan air. Berkat sertifikasi anti air IP68, smartphone ini diklaim bisa bertahan di kedalaman 4 meter selama kurang lebih 30 menit. Jadi, tidak perlu khawatir jika iPhone hanya kecipratan air.

2. Layar

Layaknya smartphone buatan Apple, iPhone 11 Pro ini memiliki layar dengan kontras yang luar biasa. Dibandingkan dengan iPhone 11, versi Pro ini memiliki dimensi layar yang lebih kecil, tepatnya 5.8 inci. Layar tersebut memiliki resolusi yang lebih tinggi, yaitu 1125 x 2436 piksel.

Pastinya, dengan resolusi yang lebih tinggi, smartphone ini memiliki tingkat kecerahan yang lebih bagus. Layar smartphone ini juga telah menggunakan panel terbaik dari Apple, yang disebut sebagai Super Retina XDR OLED.

Berdasarkan situs Stuff.tv, layar ini memiliki kontras yang luar biasa, cerah dan memiliki detail yang sangat baik. Apalagi, layarnya juga sudah dibekali dengan teknologi Dolby Vision dan HDR10, membautnya semakin menarik dan berkualitas.

Bagaimana performa layar iPhone ini ketika diterpa sinar matahari? Jangan khawatir, tingkat kecerahan layar iPhone ini sudah bagus, bisa menampilkan kecerahan sampai 800 nits. Jadi, meski berada di tempat terbuka, dengan sinar matahari yang menerpa, layar smartphone ini tetap terlihat jelas.

3. Performa

Kamu tidak perlu mengkhawatirkan performa dari iPhone 11 Pro, karena pasti kencang. Sedikit banyak, berkat chipset yang dimilikinya, yaitu Apple A13 Bionic, yang dibuat dengan fabrikasi 7nm+. Chipset ini memiliki 6 prosesor, yaitu :

  • Dua core Lightning 2,65 GHz untuk performa.
  • Empat core Thunder 1,8 GHz untuk menghemat daya.

Untuk pengolah grafis, iPhone ini menggunakan Apple GPU, yang memiliki empat inti core graphics. Ditambah dengan dukungan RAM 6GB dan ROM 64GB, 256GB dan 512GB, perangkat ini sangat sempurna untuk mencukupi kebutuhan harianmu.

Dengan spesifikasi seperti di atas, iPhone ini mendapatkan skor AnTuTu yang lebih dibandingkan dengan smartphone Android flagship, seperti ROG Phone II dan Redmi K20 Pro. Bisa disimpulkan, performa iPhone ini sangat luar biasa, entah untuk bermain game, streaming, multitasking dan photo & video editing.

4. Baterai

Bagaimana dengan baterai iPhone 11 Pro? Sayangnya, iPhone ini masih memiliki baterai dengan kapasitas yang biasa saja. Smartphone ini memiliki baterai kapasitas 3.046 mAh, yang terlihat sangat kurang jika dibandingkan dengan smartphone keluaran terbaru, yang minimal memiliki baterai 5.000 mAh ke atas.

Namun jangan salah, kapasitas baterai ini memang disesuaikan dengan layarnya yang tidak begitu lebar. Jadi, baterainya termasuk cukup mumpuni, karena bisa mencatatkan skor endurance rating hingga 86h, yang mana sangat baik.

Untuk memberikanmu gambaran, berikut simulasi daya tahan baterai iPhone 11 Pro :

  • 17 jam 1 menit untuk menelepon.
  • 13 jam 15 menit untuk browsing internet.
  • 15 jam 14 menit untuk memutar video.

Well, untuk ukuran smartphone Android, baterai 3.046 mAh memang sangat kurang, namun jangan sepelekan produk Apple. Pastinya, HP iOS ini memiliki sistem dan manajemen daya yang berbeda, yang bisa membuat kapasitas yang terlihat kecil tersebut cukup.

Setidaknya, dibandingkan dengan iPhone XS, kapasitas baterai dari iPhone ini lebih besar. Meski, kapasitas baterainya akan kalah dengan iPhone 11 yang biasa. Apa pun itu, ini memang bukan smartphone gaming yang hardcore, jadi kamu tidak perlu baterai dengan daya tahan yang besar.

Sebenarnya, iPhone pun sudah memiliki charger bawaan dengan teknologi fast charging, yaitu 18W. Harus diapresiasi, mengingat charger ini tidak ada di iPhone 11. Dengan charger ini, kamu bisa cas iPhone dengan lebih cepat, hanya butuh waktu 30 menit untuk mengisinya sampai 58%.

5. Kamera

Review iPhone 11 Pro beralih ke sektor kamera, yang jelas luar biasa. Banyak yang kepincut dengan iPhone, salah satu alasannya adalah spesifikasi kameranya yang luar biasa. Tidak perlu diragukan lagi kemampuannya untuk menghasilkan foto dan video yang bagus.

iPhone ini dibekali dengan tiga kamera belakang, yang terdiri dari 12MP kamera wide, 12MP kamera telefoto dan 12MP kamera ultra-wide. Pastinya, spesifikasi kamera seperti ini bisa menghasilkan foto yang bagus, termasuk jika kamu menggunakannya di malam hari.

Bagaimana dengan kamera depan? iPhone 11 Pro memiliki kamera depan 12MP dan SL 3D Camera atau kamera 3D TOF. Hasil jepretan kamera depan dari smartphone ini tidak kalah berkualitas dibandingkan dengan kamera belakang, bisa menghasilkan gambar penuh warna dan bertekstur lebih banyak.

Harga iPhone 11 Pro

Lalu, berapa sih harga dari iPhone 11 Pro? Sebelum kamu niat beli smartphone ini, mending survei harganya terlebih dahulu. Di bawah ini telah kami rangkum harga dari iPhone 11 Pro berdasarkan memori internalnya.

Varian Harga
64GB Rp7.195.000
256GB Rp8.340.000
512GB Rp13.000.000

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 11 Pro

Sebelum membelinya, kamu pun harus tahu hal-hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini, yaitu :

1. Kelebihan

  • Layar memiliki kontras yang sangat baik.
  • Memiliki sertifikat tahan air.
  • Chipset kencang.
  • Baterai termasuk awet untuk ukuran iOS.
  • Charger dilengkapi dengan fast charging.
  • Kamera depan dan belakang yang sama-sama bagus.

2. Kekurangan

  • Notch yang lebar, dan bezel yang tebal.
  • Kamera telefoto dan ultra-wide jomplang dengan kamera utamanya.
  • Tidak ada Jack Audio 3,5mm.
  • Mahal, dengan harga yang sama, bisa mendapatkan Android dengan spesifikasi yang lebih oke.

Harga iPhone 11 Pro sudah turun jauh dibandingkan ketika baru pertama kali dirilis beberapa tahun lalu. Buat kamu yang sedang mencari iPhone lama, bisa mempertimbangkan iPhone 11 Pro ini.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan