Spesifikasi Xiaomi 13 Pro, Review Indonesia & Harga Terbaru 2023

Meskipun Xiaomi terkenal karena ponsel berharga ekonomisnya, produsen HP asal Tiongkok ini juga memiliki HP flagship dengan harga yang tinggi. Mereka baru saja merilis sebuah produk flagship yang belum ada di pasar Indonesia, yang bernama Xiaomi 13 Pro.

Bisa dibilang bahwa produk unggulan Xiaomi ini memiliki harga dan spesifikasi yang cukup baik. Produk ini terkenal sebagai salah satu HP dengan sensor dan berbagai pengaturan kamera paling baik di awal 2023 ini.

Produk premium ini juga memiliki kualitas desain dan bahan yang baik, yang mana menggunakan krakmik di bagian belakangnya. Namun, tentu saja, produk buatan Xiaomi ini juga memiliki beberapa kekurangan. Kamu mau tahu bagaimana review selengkapnya dari Xiaomi 13 Pro? Mari kita bahas!

Review Spesifikasi Xiaomi 13 Pro

Secara garis besar, produk unggulan Xiaomi ini memiliki kelebihan dalam hal kualitas kamera, body, dan baterai. Baterai yang digunakan oleh perangkat ini memiliki masa pakai yang cukup lama dan mampu diisi ulang dengan kecepatan yang cepat.

Sayangnya, produk terbaru Xiaomi ini masih kurang baik dalam hal software, di mana bug masih cukup sering terjadi. Simak review selengkapnya dari spesifikasi 13 Pro berikut ini:

Desain

Ketika kamu baru membuka kotak kardus dari produk Xiaomi ini, kamu akan merasa bahwa kamu sedang melihat sebuah produk HP dengan kualitas premium. Setiap sudut dari bagian depan dan belakang HP ini melengkung, berbeda dengan berbagai produk iPhone dan Samsung.

Ditambah dengan bahan keramik mengkilap yang digunakan, membuat bagian belakang dari ponsel berbobot 229 gram ini menjadi lebih tampan. Seperti kamera belakang pada HP kebanyakan, lokasinya berada di bagian kiri atas HP.

Yang membedakan desainnya dari produk flagship lainnya adalah kameranya yang tidak menonjol sendiri-sendiri, melainkan datar berbentuk kotak.

Desain tersebut bisa memudahkan pemilik HP untuk membersihkan kamera. Terdapat logo brand Leica di bagian ini, yang membuat kesannya semakin mahal.

Display

Xiaomi 13 Pro memanfaatkan panel OLED 120Hz beresolusi 3200×1400 (20:9). Memiliki ukuran 6,73 inci, membuat HP ini memiliki 522 piksel/inci. Rasio layar Gorilla Glass Victus-nya dengan body adalah 86,9%.

Dilengkapi dengan kemampuan refresh adaptif yang cepat dan dinamis, yang mampu menyesuaikan frekuensi antara 1-120Hz berdasarkan apa yang ditampilkan di layar. Terdapat fitur peredupan PWM 1920, yang cocok untuk kamu yang sensitif dengan layar digital.

Kecerahannya bisa sampai 1900 nit, yang mana sangat nyaman untuk dilihat ketika digunakan di siang hari.

Kamera

Ini merupakan fitur unggulan dari tipe 13 Pro. Ketiga kamera belakang merupakan hasil kerjasama antara Xiaomi dan Leica, yang mana juga termasuk dalam pengembangan software khusus kamera ini.

Salah satu yang menarik di bagian belakang adalah sensor Sony IMX989 dengan ukuran 50MP. Kamera ini memiliki sensor kamera smartphone terbesar saat artikel ini dibuat, yaitu 1 inci. Setiap gambar yang dihasilkan oleh kamera ini memiliki kualitas yang hampir sama dengan DSLR.

Apalagi dikombinasikan dengan pemrosesan warna Leica, yang membuat hasilnya selalu baik di setiap kondisi cahaya. Dua kamera belakang lainnya yaitu telephoto 50MP 75mm dan wide-angle 50MP.

Kedua kamera ini membuat kualitas kombinasi kamera belakang 13 Pro semakin luar biasa, terutama lensa telephoto 3,2x yang digunakan. Pada bagian depan terdapat kamera 32MP dengan fitur Dynamic Framing.

Fitur ini memiliki tampilan yang agak terpotong ketika foto sendiri dan secara otomatis melebar ketika ada orang lain. Software milik HP ini lebih baik dari pada software produk Xiaomi lainnya.

Hasil kerjasama dengan Leica ini memungkinkan kamu untuk memilih antara profil warna Leica Authentic atau Vibrant. Fitur tersebut dan kamera 10-bit RAW DNG yang digunakan membuat HP ini sangat ramah untuk produksi pasca foto, khususnya untuk aplikasi Adobe Photoshop dan Lightroom.

Hardware

HP buatan Xiaomi ini memanfaatkan prosesor Snapdragon 8 generasi ke-2, RAM LPDDR5X berukuran 12GB, dan penyimpanan UFS 4.0 berukuran 256GB yang cepat. Hardware Wi-Fi 7 yang diguanakan memungkinkan untuk terhubung dengan koneksi 5 dan 6 GHz secara simultan.

Hardware lainnya yaitu Bluetooth 5.3, fitur dual SIM, dan blaster IR yang memungkinkan fungsi remot untuk disematkan di HP ini. Untuk membuat produk ini semakin premium, Xiaomi 13 Pro memiliki water dan dust resistant IP68, yang sangat baik dalam perlindungan.

Selain itu, HP ini dilengkapi dengan NFC, GPS L1+L5, USB Tipe C, dan speaker stereo dengan audio berkualitas tinggi. Tidak ada port jack 3.5 mm di HP ini, sehingga kamu perlu untuk memiliki earphone bluetooth jika kamu merupakan seorang pengguna earphone.

Software

Produk 13 Pro menawarkan update Android sebanyak 3 generasi dan update 5 tahun untuk patch keamanan. Fitur tersebut membuat HP ini cocok untuk digunakan dalam jangka panjang (5 tahun) tanpa perlu membeli HP yang baru.

Produk ini menggunakan OS Android 13 yang disandingkan dengan MIUI 14. User interface ini memiliki tampilan yang semakin mirip dengan apa yang ditawarkan oleh OS Android. Selain itu, dalam hal stabilitas, software ini juga lebih stabil jika dibandingkan dengan versi-versi yang lebih lama.

Namun masih kurang baik dalam mode baterai rendah, yang mengesampingkan cukup banyak pengaturan yang sudah diatur di mode utama. Selain itu, seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, software dari Xiaomi 13 Pro tidak mampu berjalan selancar produk pesaingnya.

Bug masih menjari PR dari perusahaan asal Tiongkok ini jika ingin bersaing dengan Samsung dan Pixel.

Performa dan Baterai

Prosesor Snapdragon 8 generasi ke-2 yang digunakan dapat membuat HP bekerja dengan temperatur yang lebih dingin. Prosesor ini juga memungkinkan 13 Pro untuk mendapatkan beban kerja yang berat dalam waktu yang cukup lama.

Pada fitur hyper-charge, 13 Pro merupakan salah satu HP yang tercepat saat ini, dengan fitur pengisian 120 W. Baterai 4.820 mAh yang digunakan dapat diisi dari 0 sampai 100% tidak sampai 20 menit.

Namun, untuk memiliki baterai dengan umur yang lebih lama, Xiaomi menyarankan untuk menggunakan fitur kecepatan pengisian yang biasa. Panas yang dihasilkan dari pengisian baterai super cepat ini bisa membuat kualitas baterai cepat menurun.

HP ini juga memiliki fitur fast-charging tanpa kabel 50W dengan kecepatan pengisian 36 menit dan pengisian balik tanpa kabel 10W.

Harga Xiaomi 13 Pro

Jika dibandingkan dengan produk yang memiliki spesifikasi hampir mirip, harga dari HP Xiaomi ini bisa dikatakan terlalu mahal. Berikut perbandingannya:

Xiaomi 13 Pro ± Rp 21 Juta (Eropa)
Vivo X90 Pro Rp 16,5 Juta
Oppo X6 Pro Rp 19 Juta
Samsung S23 Ultra Rp 22 Juta

Sedangkan, harga versi lainnya dari generasi Xiaomi 13 adalah sebagai berikut:

Xiaomi 13 ± Rp 16 Juta (Eropa)
Xiaomi 13 Lite ± Rp 14 Juta (Eropa)
Xiaomi 13 Ultra ± Rp 16 Juta (China)

Penutup

Untuk harga start from 20 jutaan, Xiaomi 13 Pro bisa dibilang mempunyai performa hardware dan software yang cukup mumpuni. Namun itu kembali lagi pada kebutuhan masing-masing individu.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan