Spesifikasi Xiaomi Note 12 Turbo, Harga & Review Lengkapnya

Apakah kamu termasuk penggemar Xiaomi? Jika iya, ada kabar gembira untukmu, karena ada produk Xiaomi yang baru saja rilis di tahun 2023 ini, namanya adalah Xiaomi Note 12 Turbo. Sebenarnya, apa sih yang istimewa dari smartphone ini? Kenapa banyak yang hype dengannya?

Setiap kali Xiaomi meluncurkan smartphone terbaru mereka, banyak yang penasaran tentang spesifikasi dan fitur terbaru di dalamnya. Well, sekarang kamu tidak perlu penasaran lagi, karena di bawah ini akan dijelaskan dengan gamblang spesifikasi dan harga dari smartphone ini.

Review Xiaomi Note 12 Turbo

Setelah bocoran yang terus bermunculan beberapa saat yang lalu, akhirnya Redmi Note 12 Turbo rilis juga. Banyak yang menunggunya, khususnya penggemar Xiaomi garis keras, karena smartphone ini diklaim sebagai smartphone pertama di dunia yang menggunakan chipset terbaru Snapdragon 7 Plus Gen 2.

Menariknya, ternyata smartphone ini dibanderol dengan harga yang berbeda dari perkiraan banyak orang. Padahal, mengingat spesifikasi yang diusungnya, seharusnya harga smartphone ini lebih mahal. Apa pun itu, kamu perlu mempelajari spesifikasi dan fiturnya sebelum membelinya.

1. Desain

Dari segi desain, smartphone ini tidak jauh berbeda dengan keluarga Redmi Note lainnya. Jika ada yang berbeda, mungkin terletak pada kamera belakangnya, yang tidak didesain menonjol, namun justru dibenamkan ke cangkangnya.

Soal warna, smartphone ini memiliki 4 warna yang berbeda, mulai dari hitam, putih, biru dan edisi Harry Potter. Untuk kamu yang kebetulan penggemar Xiaomi dan Potterhead, bisa mempertimbangkan untuk membeli smartphone ini.

Beralih ke dimensi, Redmi Note 12 Turbo mengusung dimensi 161.11 x 74.95 x 7.9 mm. Soal berat, Redmi Note 12 Turbo termasuk ringan, karena hanya memiliki bobot 181 gram. Pastinya, tidak akan terasa berat dan terkesan mobile dibawa ke mana-mana.

Yang menarik dari desain Redmi Note 12 Turbo adalah ketahanannya terhadap air. Smartphone ini memang sudah mengantongi sertifikat IP53. Selain tahan dari percikan air, juga dari debu, jadi smartphone tidak akan mudah kotor.

2. Layar

Review Xiaomi Note 12 Turbo berikutnya menyasar layarnya, yang memiliki bentang 6,67 inci. Layar Redmi Note 12 Turbo sendiri menggunakan panel AMOLED, yang jauh lebih baik dibandingkan dengan lacar IPS LCD Touchscreen.

Resolusi layar Redmi Note 12 Turbo juga bisa diandalkan, yaitu 1080 x 2400 piksel. Pastinya, layar smartphone ini bisa menghadirkan tampilan yang tajam dan jernih. Akan terasa istimewa ketika kamu menggunakannya untuk bermain game, menonton film dan aktivitas lainnya.

Jangan lupakan juga tingkat kecerahan layarnya yang mencapai 1000 nits. Semakin tinggi tingkatannya, maka semakin jelas pula layar terlihat di bawah sinar matahari. Jadi, meski kamu sedang di luar, diterpa panas sinar matahari, tetap bisa melihat layar Redmi Note 12 Turbo dengan jelas.

Menariknya lagi, smartphone ini sudah memiliki refresh rate 120Hz, bisa menghadirkan grafis yang sangat smooth. Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai aktivitas dengan lancar, tidak hanya saat bermain game, namun aktivitas lain yang lebih ringan.

Fitur-fitur lainnya yang dibenamkan di Redmi Note 12 Turbo adalah :

  • Teknologi color gambut DCI-P3.
  • Peredupan PWM Dimming.
  • Dolby Visuon.

Intinya, dengan spesifikasi dan fitur seperti di atas, sangat bisa mengakomodasi kebutuhan harianmu. Sangat cocok dijadikan daily driver, kecuali jika kamu memiliki opsi yang lebih baik, seperti iPhone 14 Pro Max misalnya.

3. Performa

Performa Xiaomi Note 12 Turbo  juga tidak perlu diragukan lagi, sebagaimana klaim yang telah disebutkan di atas. Katanya, smartphone ini termasuk yang pertama kali menggunakan chipset Snapdragon 7 Plus Gen 2 (4 nm), yang menjanjikan tenaga dan performa yang gahar.

Untuk mendukung chipset tersebut, khususnya untuk menjamin tampilan grafis yang berkualitas, telah ada GPU Andrena 725. Sangat bisa diandalkan untuk mengolah grafis dengan baik, sehingga bisa menampilkan grafik yang smooth dan jelas.

Chipset Snapdragon 7 Plus Gen 2 sendiri memiliki rincian (1×2.91 GHz Cortex X2 & 3×2.49 GHz Cortex-A710 & 4×1.8 GHz Cortex-A510). Jika belum cukup gahar, tersedia dukungan tambahan dari kombinasi RAM dan ROM dengan varian yang berbeda-beda.

Ada empat varian dari Xiaomi Note 12 Turbo yang dijual, yaitu :

  • Redmi Note 12 Turbo 8/256GB.
  • Redmi Note 12 Turbo 12/256GB.
  • Redmi Note 12 Turbo 12/512GB.
  • Redmi Note 12 Turbo 16/1TB.

Bayangkan saja jika kamu memutuskan untuk membeli varian yang paling gede, yang memiliki RAM 16GB dan penyimpanan 1TB, tentu akan sangat memuaskan. Kamu bisa bermain game di setelan tertinggi dengan lancar, begitu juga dengan multitasking, browsing dan streaming.

4. Baterai

Untuk mendukung dapur pacunya yang luar biasa, tentu butuh baterai dengan kapasitas yang sepadan. Kabar baiknya, smartphone ini tidak mengecewakan, karena telah dibekali dengan baterai jumbo, mencapai 5.000 mAh.

Sangat cukup untuk digunakan selama seharian penuh tanpa harus cas berulang kali. Itu jika untuk penggunaan normal, karena akan berbeda jika digunakan untuk bermain game tanpa henti. Pastinya, daya tahannya pun akan lebih pendek.

Jangan khawatir, untuk menyiasati hal tersebut, telah dimasukkan fitur fast charging alias pengecasan cepat 67W, Power Delivery 3 dan Quick Charga 4.0. Pastinya, kamu bisa isi baterai smartphone ini dari 0 sampai penuh dengan sangat cepat.

5. Kamera

Sekarang kita akan beralih ke spesifikasi kamera yang dimiliki oleh Xiaomi Note 12 Turbo. Smartphone ini hadir dengan tiga kamera belakang, dengan ketentuan sebagai berikut :

  • 64 MP (wide), f/1.79
  • 8 MP (ultrawide), f/2.2
  • 2 MP (macro), f/2.4

Kamera belakang ini memiliki fitur pendukung yang sangat lengkap, mulai dari OSI, EIS, HDR, Panorama, LED Flash dan PDAF. Kamera belakangnya mampu merekam dengan hasil luar biasa, yaitu 4K di 30fps, dan 1080p di 30/60/120/240fps.

Sedangkan, untuk kamera depan, ada satu dengan resolusi 16MP (wide), f/2.2, yang bisa menghasilkan rekaman 1080p di 30/60fps. Pastinya, tidak hanya bisa menghasilkan foto terbaik di segala kondisi cahaya, namun juga bisa merekam video dalam kualitas 4K.

Harga Xiaomi Note 12 Turbo

Smartphone ini pertama kalis rilis di Tiongkok pada Maret 2023, dan sekarang pasti sudah tersedia di Indonesia. Berikut kira-kira harga dari Redmi Note 12 Turbo dalam berbagai varian :

Varian Harga
Redmi Note 12 Turbo 8/256GB. Rp4.300.000
Redmi Note 12 Turbo 12/256GB. Rp4.600.000
Redmi Note 12 Turbo 12/512GB. Rp5.000.000
Redmi Note 12 Turbo 16/1TB. Rp5.700.000

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Note 12 Turbo

1. Kelebihan

  • Chipset gahar.
  • Kamera kualitas jempolan.
  • Baterai kapasitas jumbo.
  • RAM besar hingga 16GB, begitu juga dengan ROM 1TB.
  • Anti terhadap cipratan air.
  • Sudah mendukung 5G.

2. Kekurangan

  • Stok masih langka, karena baru rilis sudah ludes.
  • Tidak anti air, bahaya jika tidak sengaja tercebur ke air.
  • Tidak ada slot untuk memori eksternal.

Xiaomi Note 12 Turbo baru saja dirilis di Tiongkok satu bulan yang lalu, dan langsung habis dalam sekejap. Bisa menjadi bukti bahwa smartphone ini sangat worth it, apalagi harganya yang sangat terjangkau.

Baca Juga:

 

Tinggalkan Balasan