Style Anak Bandung yang Trend dan Hits 2023, Wajib Tahu!

Menjadi pusat mode di Indonesia, Bandung memiliki perkembangan fashion yang luar biasa hingga melahirkan gaya hidup urban yang kreatif dan dinamis, sehingga membentuk gaya fashion khas alias style anak Bandung yang menjadi tren hingga saat ini.

Pasalnya, ada begitu banyak industri tekstil yang melahirkan brand ternama baik lokal maupun luar negeri yang melakukan produksi di kota ini. Maka tak heran jika Bandung mendapat julukan ‘surganya’ dunia fashion.

Mengeksplorasi Style Anak bandung dalam Dunia Mode

Anak Bandung selalu memiliki cara unik untuk mengekspresikan diri, salah satunya melalui pilihan busana maupun aksesori yang mereka kenakan sebagai media ekspresi budaya. Bagi Anda yang penasaran dengan gaya fesyen di kota Kembang ini, berikut kami berikan ulasannya untuk Anda!

Ciri Khas Style Anak Bandung

Setiap daerah tentu memiliki cara sendiri untuk mengekspresikan budaya melalui busana. Termasuk juga anak muda Bandung yang memiliki karakteristik pada setiap pakaian yang mereka kenakan. Dimana ciri khas tersebut meliputi:

  • Menggunakan kombinasi busana formal dan informal.
  • Pemilihan warna-warna dasar yang dominan atau kombinasi dengan warna cerah yang kontras.
  • Menggunakan aksesoris tambahan seperti kacamata hitam, topi, anting, dan masih banyak lagi.
  • Pemilihan bahan-bahan yang unik seperti denim dan kulit sintet
  • Kreatif dalam menciptakan busana dan aksesoris dengan cara yang tidak biasa.

Trend Fashion Terbaru di Bandung

Berbeda dengan model fashion jaman dulu, kini Bandung telah mengalami perkembangan yang cukup dinamis. Hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari brand luar negeri, namun tetap mempertimbangkan budaya dan kearifan lokal.

1. Pemilihan Warna

Jika dulu populer penggunaan warna yang cukup berani, kini mayoritas anak muda Bandung menggunakan warna dasar seperti hitam, putih, dan abu-abu atau menggunakan kombinasi warna yang berani dengan warna dasar supaya lebih kontras.

2. Model Outfit Kekinian

Kemudian untuk saat ini, model outfit yang tengah populer di kalangan anak Bandung yakni jenis kasual dengan memadupadankan outfit yang cenderung simple, seperti celana jeans dan kaos.

Pemilihan bahan pun tidak seperti dulu. Sebab kini cuaca Bandung sudah tak sedingin dulu, sehingga pakaian dengan bahan katun yang tipis dan menyerap keringat banyak menjadi pilihan.

Sementara itu, model celana dengan bahan denim juga semakin digemari belakangan ini. Banyak anak muda yang kian kreatif memadupadankan celana jeans dengan model ripped atau sobek-sobek dengan kaos, jaket, kemeja, hingga blazer untuk penampilan yang lebih trendy.

Sedangkan, bagi pecinta dress, banyak di antara mereka yang mempermanis tampilan dengan mengenakan cocktail dress atau gaun sepanjang lutut dengan motif berani serta dipadukan dengan sepatu flat yang santai.

3. Style Hijab Anak Bandung

Selain untuk menutup aurat, belakangan ini pemakaian hijab telah berkembang menjadi tren fesyen yang banyak dikenakan, termasuk menjadi salah satu style anak bandung.

Berbeda dengan Jakarta yang memiliki tren hijab yang cenderung chic, rupanya mode hijab di kota Paris Van Java lebih quirky, dengan warna yang berani.

Inspirasi Outfit Anak Bandung

Style anak Bandung telah menjadi sumber inspirasi dalam menentukan outfit of the day (ootd) baik untuk acara formal, maupun informal. Bagi Anda yang tertarik untuk mencobanya, berikut kami berikan rekomendasi outfit anak Bandung yang kekinian.

1. Outfit Acara Formal

Untuk menghadiri acara resmi ataupun bekerja di kantor, tentu menentukan outfit yang sesuai patut dipertimbangkan. Berikut kami berikan rekomendasinya.

Untuk pakaian, Anda bisa memilih jenis outfit formal, seperti kemeja, blazer, dan jaket. Selain itu, pemilihan warna dasar juga direkomendasikan, seperti putih, hitam, biru tua, maupun abu-abu yang cenderung terlihat profesional.

Selain itu, Anda juga bisa memadupadankan atasan dengan bawahan seperti rok atau celana formal bagi wanita. Supaya terlihat elegan, maka rok atau celana yang memiliki potongan sederhana dan warna netral bisa menjadi pilihan Anda.

Terakhir, Anda bisa menyatukan outfit dengan sepatu hak formal atau sepatu dengan warna dasar seperti hitam atau coklat tua supaya terlihat formal, namun tetap fashionable..

2. Outfit Acara Semi-Formal

Selanjutnya, gaya outfit Semi-Formal cocok digunakan untuk menghadiri acara resmi, seperti bisnis, pesta, maupun acara sosial. Sebab outfit jenis ini memperlihatkan kesan yang rapi dan sesuai dengan situasi.

Dalam memilih outfit untuk acara semi-formal, pastikan Anda memilih model yang fit dengan bentuk tubuh, tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar. Kemudian, Anda bisa memilih bahan yang baik, seperti sutra, katun, atau wol yang bisa membuat Anda terlihat rapi dan profesional.

Terakhir, alih-alih memilih warna yang terang, Anda bisa memilih outfit dengan elemen warna yang cenderung gelap dan terdapat sentuhan formal, seperti navy, abu-abu, hitam, atau merah maroon.

3. Outfit Casual

Outfit Casual merupakan jenis pakaian yang biasanya digunakan untuk aktivitas harian. Dimana outfit ini tidak terlalu formal dan tidak terlalu santai, sehingga cocok digunakan dalam berbagai situasi.

Anak bandung biasanya cenderung memadupadankan celana jeans dengan t-shirt, atau rok panjang dan blus, maupun cocktail dress yang dipadukan dengan sepatu hak untuk mempercantik penampilan.

Untuk pemilihan warna sendiri cukup bervariasi, karena Anda bisa membuat kombinasi warna dasar dengan warna yang lebih terang, misalnya, hitam dan oranye, pink dan abu-abu, dan masih banyak lagi.

Semua outfit di atas memperlihatkan ciri khas style anak Bandung yang kreatif, dinamis, sekaligus mencerminkan ekspresi budaya melalui busana.

Penting untuk diingat bahwa gaya fashion bersifat pribadi dan setiap orang memiliki preferensinya masing-masing, sehingga kita dapat menyesuaikan outfit di atas dengan gaya yang kita inginkan.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan