Susunan dan Tugas Panitia Pameran Seni Rupa

    Berbagai persiapan diperlukan untuk mendukung keberhasilan kegiatan pameran seni rupa. Salah satunya adalah pembagian tugas. Penyelenggaraan pameran memerlukan pembagian tugas ini untuk bisa bekerjasama, yang mana bisa dibuat dengan menyusunan panitia pameran. Struktur susunan kepanitiaan bisa terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan berbagai seksi-seksi yang mendukungnya.

    Di bawah ini adalah contoh struktur susunan kepanitiaan pameran dan tugas yang dimilikinya.

    1. Ketua panitia memiliki tanggung jawab atas penyelenggaraan pameran.

    2. Wakil ketua ditugaskan untuk membantu ketua panitia.

    3. Sekretaris ditugaskan untuk menangani persoalan administrasi.

    4. Bendahara ditugaskan untuk mengelola keuangan.

    5. Seksi-seksi ditugaskan untuk berbagai pekerjaan sesuai dengan keperluan.

    a. seksi perlengkapan ditugaskan untuk mengelola dan menyediakan berbagai perlengkapan pameran.

    b. Seksi karya ditugaskan untuk memilih karya seni yang hendak dipamerkan.

    c. Seksi dekorasi ditugaskan untuk dekorasi ruangan dan menata penempatan karya seni.

    d. Seksi penjaga ditugaskan untuk menjaga karya seni dan sebagai pemandu (guide).

    e. Seksi publikasi ditugaskan untuk menyebarkan informasi bahwa akan diadakan pameran.

    f. Seksi dokumentasi ditugaskan untuk dokumentasi pada bagian penting ketika kegiatan berlangsung

    Penjelasan struktur kepanitiaan pameran

    1. Ketua panitia

    Ketua panitia adalah pemimpin penyelenggaraan pameran yang bertanggung jawab atas berjalannya kegiatan. Ketua diharapkan bisa menemukan jalan keluar untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang mungkin terjadi dari awal perencanaan hingga akhir pameran. Oleh karena itu, ketua panitia harus dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak yang ikut mendukung berjalannya kegiatan pameran.

    2. Wakil ketua

    Wakil ketua menjadi pendamping ketua panitia, yang bertanggung jawab untuk mengelola kegiatan pameran. Wakil ketua juga menggantikan ketua dan melaksanakan tugasnya, jika ketua tidak dapat hadir.

    3. Sekretaris

    Tugas utama sekretaris biasanya untuk menulis kegiatan panitia pameran. Lalu jika pameran diadakan di sekolah, maka perlu membuat surat pemberitahuan kepada kepala sekolah dan orang tua. Sedangkan jika pameran akan diadakan di luar sekolah, maka perlu memiliki izin dan pemberitahuan kepada instansi pemerintah yang berwewenang.

    Tugas lain sekretaris juga termasuk mengarsipkan dokumen-dokumen penting dan menyusunnya sesuai dengan waktu pengeluarannya. Lalu bersama dengan ketua panitia, membuat laporan kegiatan sebelum, sedang, dan setelah pameran diselenggarakan.

    4. Bendahara

    Bendahara memiliki tanggung jawab atas penggunaan, penyimpanan, dan penerimaan dana yang diterima sebagai pengeluaran untuk menyelenggarakan pameran. Bendahara juga harus dapat menyusun laporan pertanggungjawaban untuk penggunaan dan pengelolaan keuangan ketika pameran diadakan.

    5. Seksi-seksi

    Seksi-seksi dibentuk untuk membantu berbagai pekerjaan yang diperlukan, guna mendukung keberhasilan kegiatan. Pembentukan ini bisa berkembang sesuai dengan kebutuhan acara yang diadakan.

    a. Seksi perlengkapan

    Seksi perlengkapan adalah panitia pameran yang memiliki tugas untuk mengelola dan menyediakan berbagai peralatan perlengkapan yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan pameran. Perlengkapan pameran ini bisa berupa perlengkapan informasi, perlengkapan administrasi, perlengkapan dekorasi, perlengkapan publikasi, dan perlengkapan dokumentasi.

    b. Seksi karya

    Seksi karya adalah panitia pameran yang memiliki tugas untuk memilih dan menyeleksi berbagai karya seni. Lalu mengumpulkan mana saja yang cocok untuk dipajang.

    c. Seksi dekorasi

    Seksi dekorasi panitia pameran yang memiliki tugas untuk dekorasi lokasi dan ruangan yang akan digunakan untuk pameran. Lalu juga memiliki tugas untuk perencanaan tata ruang dan mengatur penempatan karya seni rupa.

    d. Seksi penjaga

    Seksi penjaga adalah panitia pameran yang memiliki tugas untuk menjaga karya seni dan sebagai pemandu (guide). Bagian ini ditugaskan menjaga stand pameran dan menyambut para pengunjung. Sebagai pemandu, seksi penjaga harus dapat menjelaskan beberapa informasi yang berhubungan denga karya seni rupa yang dijaganya dan harus bisa menjawab beberapa pertanyaan dari pengunjung. Oleh karena itu, di bagian ini sebaiknya bagi yang memiliki pengetahuan banyak untuk karya seni rupa yang dipamerkan.

    e. Seksi publikasi

    Seksi publikasi memiliki tugas untuk menyebarkan informasi bahwa akan diadakan pameran. Penyebaran ini bisa melalui berbagai media, misalnyai dengan surat pemberitahuan, spanduk, poster, katalog, undangan, dll.

    f. Seksi dokumentasi

    Seksi dokumentasi memiliki tugas dokumentasi kegiatan pameran yang sedang berlangsung. Dokumentasi bisa berupa foto, video, dan laporan tertulis. Seksi dokumentasi harus mengetahui bagian yang mana saja yang perlu didokumentasikan ketika pameran berlangsung.