Tanggal Merah Bulan Mei 2023 Pemerintah, Catat & Lihat Disini!

Mello.id – Mungkin bagi sebagian karyawan kantor hari libur merupakan salah satu hari yang sangat istimewa. Tidak hanya berlaku untuk para karyawan saja, tetapi pelajar juga menantikan hal yang sama. Nah maka dari itu sedang banyak sekali pencarian terkait Tanggal Merah 2023.

Sepertinya hari libur ini merupakan hari yang sangat dinantikan, karena pada hari tersebut orang-orang bisa berkumpul bersama keluarga. Tidak akan ada hal yang mengganggu seperti pekerjaan atau hal lainnya yang biasa dilakukan setiap hari.

Banyak orang yang memanfaatkan momen libur tanggal merah untuk beristirahat dirumah. Atau mungkin sekedar berjalan-jalan diluar rumah bersama dengan keluarga, teman, kerabat atau sahabat. Maka dari itu pengetahuan tentang hari libur ini sangat penting agar bisa menyiapkan segala kebutuhannya dari jauh-jauh hari.

Nah maka dari itu artikel ini sudah menyiapkan pembahasan mengenai beberapa tanggal merah dan juga hari libur yang bisa diperoleh oleh para pembaca di tahun 2023 ini. Kalau begitu bisa langsung saja simak pembahasan terkait tanggal merahnya di bawah.

Daftar Tanggal Merah 2023 Indonesia

Nah kalau membahas masalah hari libur tentunya akan sangat menyenangkan. Karena saat hari libur orang-orang akan bisa menikmati waktu luang bersama keluarga, kekasih, kerabat atau orang tersayang lainnya. Apalagi untuk para pekerja mengetahui hari libur akan menambah semangat untuk bekerja.

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui, setiap tahunnya pasti memiliki hari liburyang berbeda-beda. Tepatnya tanggal merah tidak akan jatuh pada hari yang sama pada setiap tahunnya. Maka dari itu kita memerlukan informasi mengenai beberapa tanggal merah yang ada di tahun 2023 ini.

Pada tahun ini para pelajar ataupun karyawan yang sudah menunggu-nunggu adanya tanggal merah. Pasti akan sangat senang setelah mendengar adanya kabar yang berkaitan dengan tanggal merah. Kalau dilihat total tanggal merah 2023 sebanyak 24 tanggal.

Dari jumlah tanggal merah yang ada di tahun ini, terdiri dari 16 tanggal merah perayaan hari besar dan 8 tanggal merah cuti bersama. Bukankah tanggal merah yang ada di tahun ini cukup banyak dan tentu ini akan membuat semua orang merasa gembira.

Data yang diberikan di atas juga sudah sesuai dengan SKB (Surat Keputusan Bersama) 3 Menteri. Nah untuk yang merasa penasaran dan ingin tahu tanggal berapa saja yang merupakan hari libur nasional dan juga cuti bersama yang bisa di dapatkan oleh para pembaca pada tahun ini.

Mello.id sudah menyediakan beberapa penjelasan terkait Tanggal Merah 2023 yang bisa di dapatkan oleh pembaca di bawah ini. Semua tanggal merah lengkap beserta informasinya akan tersaji di dalam pembahasan yang ada setelah ini, langsung saja simak semua informasi menariknya.

Januari (1 Januri 2023 & 22 Januari 2023)

Pada bulan pertama tahun 2023 ini ada dua tanggal merah yang di dapatkan oleh masyarakat Indonesia. Di kedua tanggal merah ini pembaca bisa nikmati waktu libur sembari bersantai dengan keluarga tanpa adanya gangguan pekerjaan atau lainnya. Kedua tanggal libur pada bulan Januari yaitu :

  • 1 Januari 2023
    Nah para tahun 2023 ini diawali dengan libur pada tanggal 1 Januari 2023. Yang mana Minggu tanggal 1 Januari 2023 ini merupakan hari libur nasional perayaan Tahun Baru Masehi. Pada tanggal tersebut biasanya dimanfaatkan sebagai momen untuk kumpul keluarga dan bersantai untuk menyambut tahun yang baru. Tidak hanya pada negara Indonesia tetapi seluruh warga dunia juga merayakan pergantian tahun pada tanggal tersebut.
  • 22 Januari 2023
    Tanggal merah kedua yang ada di bulan Januari 2023 yaitu memperingati tahun baru Imlek 2574. Memang tanggal 22 Januari 2023 ini jatuh pada hari Minggu, tetapi untuk yang merayakannya masih memiliki kesempatan untuk berkumpul dengan keluarga dengan waktu yang lebih panjang. Karena pada Senin, 23 Maret 2023 merupakan cuti bersama. Pada Shio kelinci air tahun ini para masyarakat yang merayakan bisa mempererat tali silaturahmi dengan keluarga dan memanfaatkan waktu libur dengan baik.

Tanggal Merah 2023 Februari (18 Februari 2023)

Pada bulan kedua di tahun 2023 ini juga terdapat satu tanggal merah. Yap tepatnya pada tanggal 18 Februari 2023 seluruh umat muslim merayakan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Hari libur nasional ini jatuh pada hari Sabtu 18 Februari 2023.

Biasanya pada perayaan Isra Mi’raj ini setiap umat muslim memiliki cara perayaan yang berbeda-beda. Setiap daerah memiliki keunikan dan juga tradisinya masing-masing. Ada yang merayakannya dengan mengadakan acara Rajaban, biasanya orang-orang sekitar Cirebon yang melakukannya.

Atau bahkan ada yang merayakannya dengan acara Ambengan pada wilayah Jawa Timur dan juga Jawa Tengah. Perayaan ini dibuat semeriah mungkin untuk mengingat peristiwa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad melakukan perjalanan dalam satu malam. Selain itu peristiwa yang satu ini juga sangat penting bagi umat islam. Karena memang perintah sholat 5 waktu diterima oleh Nabi Muhammad pada peristiwa tersebut.

Maret (22 Maret 2023)

Selanjutnya adalah Tanggal Merah 2023 yang ada pada bulan Maret. Pada bulan ini juga tanggal merahnya sama dengan bulan Februari yaitu hanya memiliki 1 tanggal merah saja. Hari libur nasional yang ada pada bulan ini jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023.

Tanggal 22 maret 2023 diperingati sebagai hari Raya Nyepi1945 Saka. Dimana perayaan ini merupakan perayaan bagi umat Hindu. Seluruh umat Hindu akan melakukan permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk kembali menyucikan alam semesta dan juga alam manusia.

Dalam perayaan Hari Raya Nyepi ini setiap umat Hindu tidak akan melakukan aktivitas apapun di luar rumah. Seluruh umat Hindu apalagi yang ada di wilayah Bali akan berdiam diri di rumahnya masing-masing. Tidak akan menemukan aktivitas umum di wilayah Bali saat Hari Raya Nyepi sedang berlangsung. Hanya ada aktivitas di dalam Rumah Sakit yang tetap harus beroperasi.

April (7 April 2023 & 22-23 April 2023)

Kalau di dalam bulan Januari sampai dengan Maret sudah terdaoat 4 tanggal merah. Di dalam bulan April masyarakat Indonesia akan mendapatkan tanggal merah yang cukup banyak. Apalagi pada bulan April ini umat muslim menjalanlan ibadah puasa Ramadhan sekaligus merayakan Idul Fitri 1444 H.

Nah di dalam bulan april ini ada beberapa hari perayaan yang bisa ditemukan. Untuk itu para pembaca yang ingin tahu apa saja hari perayaan yang tersedia, simak di bawah ini :

  • 7 April 2023
    Pada hari Jum’at, 7 April 2023 ini para umat kristen memperingati Wafat Isa Al Masih. Dimana hari jumat ini dikenal sebagai Jumat Agung, karena memang hari ini dianggap hari suci. Dalam perayaan ini bisanya para umat Katolik akan melakukan puasa dan juga beberapa pantangan. Puasa dan patang ini dilakukan umat katolik pada Rabu Abu dan Jumat Agung saja. Hal ini dimaknai dengan memberikan rasa dukacita pada Yesus yang disalib tepat dihari itu.
  • 22 – 23 April 2023
    Seperti yang sudah diketahui kalau bulan April umat muslim sedang menjalankan puasa dan akan merayakan Hari Raya Idup Fitri. Yap Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Sabtu-Minggu 22-23 April 2023 yang merupakan hari kemenangan para umat Muslim. Tidak hanya itu tetapi cuti bersama memperingati hari Raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 21-26 April 2023.

Mei (1 Mei 2023 & 18 Mei 2023)

Di bulan Mei juga terdapat dua tanggal merah 2023 yang bisa di dapatkan. Kedua tanggal merah tersebut adalah sebagai berikut :

  • 1 Mei 2023
    Pada hari Senin, 1 Mei 2023 diperingati sebagai hari buruh nasional. Hari buruh nasional ini merupakan salah satu hari libur internasional. Masyarakat seluruh dunia akan ikut merayakan hari buruh Internasional atau yang bisa disebut dengan May Day.
  • 18 Mei 2023
    Kamis, 18 Mei 2023
    juga merupakan tanggal merah libur nasional yang memperingati Kenaikan Isa Al Masih. Nah para umat nasrani pasti akan melakukan beberapa perayaan dengan melalukan Misa di Gereja atau lain sebagainya. Bahkan para masyarakat yang merayakan juga akan berkumpul keluarga untuk makan malam bersama.

Juni (1 Juni, 4 Juni & 29 Juni 2023)

Bulan Juni merupakan salah satu bulan yang paling banyak memiliki hari libur nasional. Ada sekitar 3 tanggal hari libur nasional yang bisa di dapatkan oleh masyarakat Indonesia. Nah tanggal-tanggalnya adalah sebagai berikut :

  • 1 Juni 2023
    Yang mana pada tanggal 1 Juni memang selalu diperingati sebagai hari lahir Pancasila. Pada tahun ini perayaan hari lahir Pancasila ini jatuh pada hari Senin, 1 Juni 2023. Sesuai dengan keputusan Presiden bahwa hari lahir pancasila ditetapkan sebagai hari libur nasional setiap tahunnya.
  • 4 Juni 2023
    Minggu, 4 Juni 2023
    akan ditetapkan sebagai hari Raya Waisak. Para umat Budha akan merayakan perayaan tersebut dengan berbagai ritual dan juga festival. Biasanya festival akan diadakan pada setiap candi Budha yang ada di Indonesia.
  • 29 Juni 2023
    Pada Kamis, 29 Juni 2023 umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Dimana perayaan ini merupakan salah satu terbesar bagi umat muslim. Setiap umat muslim akan beramai-ramai melakukan pemotongan hewan kurban seperti kambing, sapi, kerbau bahkan unta.

Juli (19 Juli 2023) – Tanggal Merah 2023

Bulan Juli tepatnya Rabu, 19 Juli 2023 akan diperingati sebagai Tahun Baru Islam 1445 H. Pada tahun baru masehi ini biasanya setiap masyarakat merayakannya dengan berbagai acara yang meriah. Di setiap wilayah Indonesia juga memiliki berbagai macam tradisi yang berbeda-beda.

Agustus (17 Agustus 2023)

Kalau sudah masuk pada bulan Agustus pasti seluruh masyrakat Indonesia akan mengingat hari kemedekaan Indonesia. Tepatnya pada Kamis, 17 Agustus 2023 merupakan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia dan merupakan salah satu hari libur nasional.

Berbagai acara yang memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia juga bisanya digelar pada bulan ini. Tahun ini Indonesia genap berusia 78 Tahun. Masyarakatnya juga wajib mengibarkan bendera merah putih pada setiap tiang depan rumah, kantor atau lain sebagainya.

September (28 September 2023)

Kamis, 28 September 2023 akan diadakan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW oleh seluruh umat muslim. Pada tanggal ini juga masyarakat Indonesia pasti akan mendapatkan hari libur nasional dan bisa menikmati waklu luang bersama keluarga.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad ini digelar oleh umat muslim untuk mengenang kepergian Nabi Muhammad. Beragam tradisi juga akan tersedia di dalam perayaan ini dan seperti biasa tradisi setiap masyarakatnya berbeda-beda.

Tanggal Merah 2023 Desember (25 Desember 2023)

Akhir bulan akan di tutup dengan perayaan Natal yang jatuh pada Senin, 25 Desember 2023. Hari Raya ini merupakan salah satu hari yang memperingati kelahiran Yesus Kristus. Biasanya para umat nasrani akan merayakan hari raya ini dengan melakukan Misa Natal di gereja dan beberapa tradisi Natal Lainnya.

Temukan Informasi Menarik Lainnya :

Tinggalkan Balasan