Tema Karya Seni Rupa Murni Daerah Meliputi Apa Saja?

    Seni rupa murni daerah adalah ide manusia yang berupa nilai-nilai daerah yang bisa diekspresikan lewat tindakan menggunakan unsur-unsur seni rupa untuk menghasilkan karya. Unsur-unsur seni rupa yang dimaksud bisa meliputi titik, garis, bidang, bentuk, warna, dan gelap terang. Lalu unsur-unsur tersebut dipadukan dan ditata sedemikian rupa sesuai tema dengan prinsip-prinsip seni hingga menghasilkan karya seni rupa murni daerah.

    Ragam karya seni rupa murni ini terdiri dari 2 jenis, yaitu 2 dimensi berupa seni lukis daerah dan 3 dimensi berupa seni patung daerah. Lalu tema dari karya seni rupa murni ini bisa dibagi menjadi 6, antara lain adalah sebagai berikut.

    1. Hubungan antara manusia dengan dirinya

    Seni rupa merupakan salah satu media yang bisa digunakan untuk menuangkan ide seseorang. Lalu untuk menuangkan ide, bisa dengan mengungkapkannya melalui ekspresi dan melakukan tindakan. Ketika ingin mengungkapkannya, seseorang bisa menggunakan potret dirinya sebagai objek karya seni.

    Affandi Self Portrait
    Lukisan Affandi Self Portrait

    2. Hubungan antara manusia dengan manusia lain

    Seorang perupa juga bisa mengekspresikan idenya menggunakan objek orang lain yang berada di sekitarnya. Misalnya adalah pasangannya, anaknya, orang tua, saudara, teman, dll. Yang mana orang tersebut berada di pikirannya.

    Lukisan Perempuan
    Image credit: Dailymotion

    3. Hubungan antara manusia dengan alam di sekitarnya

    Bbanyak objek di alam sekitar yang bisa dijadikan sebagai tema untuk seni rupa, yaitu untuk lukisan. Misalnya adalah pemandangan, gunung, laut, sungai, hutan, sawah, pedesaan, perkotaan, dll.

    Lukisan Pemandangan Alam
    Image credit: Pinterest

    4. Hubungan antara manusia dengan benda

    Benda-benda di sekitar kita memiliki banyak bentuk. bagi para pelukis, benda-benda tersebut bisa dijadikan objek untuk lukisannya.

    Lukisan Benda
    Image credit: yearofcleanwater.org

    5. Hubungan antara manusia dengan aktivitasnya

    Banyak aktivitas di kehidupan sehari-hari yang bisa dijadikan objek bagi perupa. baik itu untuk karya seni lukis maupun patung.

    Lukisan Aktivitas
    Image credit: Steemkr

    6. Hubungan antara manusia dengan alam khayal

    Alam khayal yang dimaksud adalah imajinasi. manusia bisa berimajinasi, baik itu ketika sadar ataupun ketika tidak sadar. Bagi perupa, imajinasi yang didapatkan bisa diwujudkan menjadi karya seni. Hasil karya yang seperti ini biasa disebut dengan surealisme.

    Lukisan Surealis Roby Dwi Antono
    Lukisan Surealis Roby Dwi Antono