Apa Fungsi Sebuah Termos? Apa Bahan yg Digunakan untuk Membuat?

    Termos merupakan suatu benda yang umumnya berwujud menyerupai tabung, yaitu seperti botol yang memiliki dinding berlapis. Benda ini dibuat dengan berwujudkan seperti kaca dari bahan mengkilap untuk bisa mempertahankan suhu air yang disimpan di dalamnya. Dengan dinding yang dibuat seperti kaca tersebut, kalor atau panas pada air di dalamnya tidak dapat berpindah dengan cepat. Meski demikian, sebaik apakah fungsi termos dipengaruhi oleh seberapa tebal dindingnya.

    Kebanyakan orang telah mempunyai benda ini di rumahnya. Termos memanglah penting untuk keperluan rumah tangga. Lebih-lebih jika di keluarga mempunyai bayi yang biasa membutuhkan susu. Nah, Apakah fungsi sebuah termos? Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat termos pada masa itu? Berikut adalah pembahasannya.

    Apakah fungsi sebuah termos?

    Fungsi termos adalah untuk menyimpan air panas atau hangat agar tidak cepat mendingin hingga waktu mau digunakan.

    Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat termos pada masa itu?

    Bahan yang dipakai untuk membuat termos pada masa itu adalah botol hampa udara, yaitu semacam tempat atau wadah yang dibuat dari bahan kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan serta tertutup.

    Gambar bagian-bagian termos

    Berikut gambar bagian-bagian termos sesuai bacaan di atas.

    Bagian Bagian Termos
    Gambar Bagian-Bagian Termos
    1. Tutup botol
    2. Dinding dlm kaca
    3. Dinding luar kaca
    4. Air
    5. Ruang hampa udara
    6. Dinding pelindung
    7. Karet penahan kaca

    Apa saja benda di sekitar yang menggunaan prinsip yang hampir sama dengan termos?

    Contoh benda di sekitar kita ada yang menggunakan prinsip yang hampir sama dengan termos, yaitu selimut dan jaket.

    Penutup

    Sekarang ini termos tidak cuma dipakai untuk menyimpan air panas, melainkan bisa pula untuk menyimpan air dingin agar tetap dingin.

    Membahas tentang termos, dalam sejarah orang yang paling awal menciptakan adalah James Dewar, yaitu saat tahun 1902. Penemuan itu didorong oleh keperluannya untuk bisa menyimpan minuman bagi anaknya yang masih bayi agar tetap hangat. Sebab pada waktu itu untuk mempertahankan suhu minuman agar tetap hangat tidak mudah. Lebih-lebih kondisi cuaca di Eropa begitu dingin.

    Nah, karena keperluan tersebut James Dewar ingin membuat suatu botol hampa udara. Botol tersebut merupakan tempat atau wadah dari kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dinding dikosongkan dan tertutup guna mencegah suhu air keluar. Sedangkan dinding pada bagian dalam botol tersebut dilapisi perak untuk mempertahankan suhu. Botol hampa udara tersebut yang nantinya jadi cikal bakal lahirnya termos.

    Mungkin sementara itu cukup untuk pembahasan apakah saja fungsi sebuah termos dan bahan yang digunakan untuk membuat. Moga-moga bisa bermanfaat ya.


    Share this post:
    Loading...