Ternyata Ini 7 Perbedaan BB Cream dan Foundation untuk Wajah

BB cream sering dianggap sebagai foundation. Padahal dua produk kosmetik tersebut mempunyai perbedaan yang cukup signifikan. Jadi, meskipun keduanya digunakan sebagai base makeup, tetapi ada perbedaan bb cream dan foundation.

Perbedaan tersebut terkait dengan tekstur, cara pemakaian, kegunaan, dan juga formula yang digunakan untuk membuat produk tersebut. Nah, artikel berikut ini akan membahas semua perbedaan tersebut secara lengkap untukmu.

Perbedaan BB Cream dan Foundation yang Wajib Diketahui

Base makeup merupakan hal paling penting dalam membuat riasan wajah. Itu ibarat sebuah pondasi yang akan menentukan ketahanan riasan. N menggunakan base makeup yang tepat, maka riasan akan lebih tahan lama.

BB cream dan foundation merupakan jenis produk yang digunakan sebagai base makeup. Karena keduanya mempunyai fungsi yang sama, tak heran jika banyak wanita yang keliru dengan bedanya BB cream dan foundation. Oleh karena itu, penjelasan berikut akan membantumu mengetahui bedanya.

1. Pengertian

Mari kita mulai dengan perbedaan pengertian antara BB cream dan foundation. Jadi, BB cream merupakan singkatan dari Beauty Balm Cream. Itu merupakan krim yang digunakan untuk melembabkan wajah dan mempunyai fungsi sebagai tabir surya, alas bedak, serta primer.

Konsep BB cream tersebut sudah dibuat sejak tahun 1950. Namun, kemunculannya memang baru dikenal baru-baru ini. Berdasarkan data sejarah, penemu BB cream adalah seorang dermatolog yang berasal dari Jerman bernama dr. Christine Schrammek.

Dia melakukan perawatan pada pasien yang mengalami pengelupasan kulit wajah dengan menggunakan BB cream. Setelah rutin mendapatkan perawatan kulit wajah dengan BB cream, akhirnya kulit wajah pasien itu mulai membaik.

Bukan hanya itu saja, BB cream juga mampu menjadikan kulit wajah tersamarkan dari berbagai noda atau flek hitam dan kemerahan.

Sementara itu, foundation memang merupakan alas bedak, tanpa fungsi lain seperti BB cream. Foundation sudah ada sejak masa Mesir Kuno dan juga zaman Yunani Kuno. Pada masa lampu, foundation dibuat dari kapur putih dan bubuk timbal.

Foundation digunakan untuk menyempurnakan riasan wajah. Jadi, kulit wajah akan terlihat mulus dan cerah tahan lama jika menggunakan foundation. Berbeda dengan foundation pada zaman dahulu, kini foundation hadir dalam berbagai jenis dan formula.

Semua itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan para wanita terkait dengan foundation yang cocok digunakan pada berbagai tipe kulit wajah. Contohnya adalah foundation dalam bentuk krim, cair, liquid, water-base, dan powder.

2. Tekstur

Perbedaan BB cream dan foundation yang kedua adalah terkait dengan tekstur. Karena BB cream sebenarnya merupakan krim pelembab, jadi tekstur BB cream memang lebih ringan daripada foundation.

Ada juga BB cream yang dibuat dengan tekstur cair sehingga pengaplikasiannya di wajah bisa dilakukan dengan mudah. Tekstur tersebut juga menjadikannya lebih mudah meresap dengan baik pada wajah.

Sementara itu, foundation mempunyai tekstur yang lebih kental dibandingkan BB cream. Tujuannya adalah untuk memberikan efek matte pada wajah sehingga makeup akan lebih tahan lama. Hal itu juga untuk menghindarkan wajah dari minyak atau efek kilap.

3. Formula

Perbedaan lain dari dua jenis produk kosmetik tersebut adalah formula yang digunakan untuk membuat produk kecantikan itu. Ini sebenarnya merupakan kunci utama untuk mengetahui perbedaan foundation dan BB cream.

Jadi, BB cream dibuat dengan formula yang lebih ringan dan cair. Ini dianggap lebih aman digunakan sebagai base makeup karena krim itu tidak akan menutupi pori-pori wajah.

Namun, jika kamu menginginkan riasan yang flawless dan benar-benar menutupi pori-pori wajah, maka gunakan foundation. Pasalnya, foundation mempunyai formulasi yang lebih pekat agar bisa menyamarkan noda dan pori-pori wajah.

Sebagai tambahan informasi terkait dengan formula dari dua produk tersebut, kini keduanya sama-sama sudah dilengkapi dengan sunscreen SPF tinggi, serum anti-aging, dan bahan aktif untuk kulit sensitif. Selain itu, keduanya juga mempunyai banyak varian shade.

4. Tingkat Coverage

Perbedaan BB cream dan foundation yang selanjutnya adalah tingkat coverage dari dua jenis produk kecantikan tersebut. Tingkat coverage inilah yang juga menjadi pembeda utama dari foundation dan BB cream yang paling menonjol.

BB cream mempunyai tingkat coverage dalam level medium. Jadi, BB cream tidak cukup tahan lama untuk menjadi base makeup. Oleh karena itu, BB cream lebih cocok digunakan oleh kamu yang ingin tampil natural.

Selain itu, karena teksturnya yang lebih ringan dan cair, jadi kamu membutuhkan touch up beberapa kali untuk bisa menghasilkan riasan yang lebih tahan lama dengan BB cream tersebut.

Berbeda dari BB cream, tingkat coverage foundation jauh lebih tinggi. Jadi, foundation sangat bagus jika digunakan untuk menutupi jerawat dan pori-pori di kulit wajah secara sempurna. Bukan hanya itu saja, coverage dari foundation juga lebih tahan lama.

Bahkan, ada beberapa merk foundation yang mampu bertahan lama dalam waktu 8-12 jam setelah pemakaian tanpa harus melakukan touch up lagi.

5. Fungsi

BB cream mengandung bahan-bahan yang bagus untuk perawatan kulit. Jadi, BB cream tak hanya cocok dijadikan sebagai base makeup, tetapi juga sebagai skincare, khususnya saat pagi hari.

Hal ini juga semakin bagus karena kebanyakan BB cream mengandung SPF yang lebih tinggi daripada SPF pada foundation. Jadi, BB cream sangat sempurna untuk melindungi kulit wajahmu dari paparan UVA dan UVB yang berdampak buruk pada kulit wajah.

BB cream juga bisa membantumu terlindungi dari polusi dan radikal bebas yang membawa banyak pengaruh buruk pada wajah. Sementara itu, foundation hanya berfungsi sebagai alas bedak atau base makeup saja.

Jadi, foundation tidak mempunyai kemampuan lain seperti pada BB cream seperti melindungi kulit wajah dari polusi atau digunakan sebagai skincare.

6. Warna

Perbedaan lain dari BB cream dan foundation bisa dilihat dari warna yang tersedia pada dua jenis produk kosmetik tersebut. Foundation mempunyai lebih banyak variasi warna dibandingkan dengan BB cream.

Hal itu karena fungsi utama foundation adalah sebagai alas bedak sehingga warnanya harus tersedia dalam berbagai shade sesuai dengan beragamnya jenis warna kulit orang-orang.

Sementara itu, BB cream tersedia dalam varian shade yang terbatas. Hal itu karena BB cream dibuat dengan formula ringan sehingga BB cream akan lebih mudah menyatu dengan warna kulit.

Secara umum, BB cream dihadirkan dalam tiga pilihan warna saja, yaitu gelap, terang (sedang), dan putih.

7. Kandungan Pelembab

Ada kandungan pelembab dalam BB cream. Jadi, BB cream tidak akan menjadikan wajah terlihat cakey. Oleh karena itu, kamu tidak perlu menggunakan pelembab ketika menggunakan BB cream.

Sementara itu, kamu masih harus menggunakan pelembab sebelum memakai foundation. Pasalnya, tidak ada kandungan pelembab dalam foundation.

Setelah mengetahui tentang perbedaan BB cream dan foundation tersebut, kamu sekarang akan lebih paham dengan mana produk base makeup yang cocok untuk kulit dan kebutuhanmu. Perlu diketahui juga bahwa BB cream dan foundation harus diaplikasikan sebelum produk kecantikan lainnya.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan