The Village Purwokerto Harga Tiket, Wahana, Jam dan Promo

Mello.id – The Village Purwokerto yaitu sebuah taman wisata, didalamnya dibangun banyak bangunan mewah yang bernuansa Eropa. Dijadikan sebagai tempat untuk berekreasi serja menjadi tempat wisata edukasi. Tempat ini mempunyai daya tarik yang tinggi disertai ciri khas kemegahan bangunannya serta taman-taman yang indah.

Recreation Meets Education menjadi tagline dari The Village Purwokerto. Bermakna memadukan pendidikan dengan berbagai hiburan rekreasi melalui interaksi yang positif antara masyarakat bersama lingkungan sekitar. Hal ini menjadikan The Village Purwokerto sangat berbeda dari tempat wisata lainnya.

Nah, buat kamu yang hobi sekali untuk berwisata, The Village Purwokerto wajib untuk dijadikan destinasi berikutnya. Yuk, kupas tuntas seperti apa tempat wisata yang lagi viral ini.

Sejarah The Village Purwokerto

The Village Purwokerto merupakan sebuah wisata kota yang berada di tengah Karisidenan Banyumas. Menghadirkan taman publik dengan luas sekitar 2.5 hektar.

Tempat wisata ini diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah yaitu Ganjar Pranowo. Diresmikan tanggal 07 Februari 2018. Kemudian dibuka untuk umum sejak tanggal 09 Februari 2018.

Menawarkan sebuah kesempatan bertamasya dengan konsep bangunannya yang memadukan antara karakteristik Barat dan Nusantara, kota dan nuansa alam. Perpaduan semua ini diharapkan akan memberikan pengalaman baru yang memukau serta berkelanjutan bagi masyarakat.

Menyajikan konsep terbaik demi memberikan kesan terbaik adalah tujuan dari The Village. Konsep utamanya menawarkan edukasi tentang dunia pendidikan, kesenian, hiburan dan budaya.

Nilai Utama

Ada 4 nilai utama yang ditampilkan The Village Purwokerto pada tempat wisatanya, yaitu:

The Village menyajikan wahana yang ada sebagai sarana pendidikan yang diberi banyak pilihan interaktif.

Menawarkan bebagai objek seni visual dalam perpaduan bangunan bergaya nusantara, barat serta nuasa alam dan berbagai mural.

Keseluruhan dari elemen serta wahana yang dirancang merupakan tempat plesiran yang disiapkan untuk pengunjung.

Menawarkan berbagai kearifan budaya yang menyatu dengan masyarakat. Budaya ini dapat dirasakan oleh para wisatawan bersama orang-orang yang disayanginya.

Cek Lokasi The Village Purwokerto

The Village Purwokerto merupakan Family City Park. Berlokasi di Jalan Raya Baturaden Kilometer 7 wilayah Dusun I, Desa Rempoah. Terletak di Kecamatan Baturaden, tepatnya di Kabupaten Banyumas, provinsi Jawa Tengah.

Merupakan lokasi wisata dengan desain bangunan dan berbagai spot klasik bergaya Eropa. Dilengkapi berbagai wahana permainan biasa dijadikan area liburan bersama annggota keluarga oleh para wisatawan.

Lokasinya yang sangat strategis memudahkan para wisatawan untuk mengunjungi The Village. Kamu bisa menggunakan kenderaan pribadi dan umum untuk dapat menjangkau tempat ini.

The Village Purwokerto dibangun di atas lahan seluas sekitar 2,5 hektar, sangat cocok untuk dijadikan tempat refreshing. Dieksplor dengan berjalan santai menyusuri setiap spot unik dari tempat ini bersama orang-orang yang tersayang. The Village dikenal “asri dan bersih”.

FYI, disarankan untuk kamu berkunjung di waktu pagi ataupun sore hari karena cuacanya tidak terlalu panas. Hal ini akan membuat rekreasi kamu lebih menyenangkan. Satu lagi, untuk menjaga kebersihan dan lainnya, ternyata wisatawan tidak diperkenankan untuk membawa minuman dan makanan dari luar The Village.

Perjalanan Menuju The Village Purwokerto

Untuk sampai ke The Village Purwikerto, kamu bisa memulai perjalanan dari titik pusat kota Banyumas. Jarak tempuhnya sekitar 25 km dan waktu tempuh sekitar satu jam saja.

Kamu akan melewati Jalan Purwijati-Cilongok, dilanjut ke Jalan Kaliputih, dilanjut ke Jalan Jatisaba Kidul. Setelah itu kamu akan sampai di Jalan Raya Gedong, Jalan Bojong, Jalan Raya Pejogol, hingga sampai Jalan Raya Karang kemiri.

Kemudian melanjutkan perjalanan ke Jalan Ajibarang-Secang, Jalan Syekh al-Maqdum Wali, Jalan Kertwibawa, dan Jalan Kyai an-Nur Chakim. Terakhir akan dilanjut ke Jalan KS Tubun, Jalan Candrawijaya, Jalan Suparto, dan Jalan Moh Besar.

Selanjutnya ikuti arah-petunjuk menuju Jalan Raya Baturaden yang berada di sebelah kiri. Setelah sekitar 1,6 km kamu belok ke arah kanan ke Jln Sapphire Village. Lokasi tujuan kamu berada di sebelah kanan.

Apabila kamu berkunjung menggunakan transportasi umum, seperti Bus Trans Banyumas. Kemudian turun di Halte Saphire Village. Kamu cukup menyebrang jalan, dan kamu sudah sampai ke lokasi tujuan.

Kalau kamu menggunakan kendaraan pribadi dan titik keberangkatan kamu dari alun-alun Purwokerto, maka belok kananlah Jalan Moh Besar. Kamu hanya butuh sekitar 17 menit untuk sampai ke lokasi The Village.

Untuk parkiran, sebagai wisatawan kamu tidak perlu khawatir. Sebab The Village memiliki halaman parkiran yang luas untuk kendaraan kamu tersedia di sini.

Banyak Wahana The Village Purwokerto

Berbagai wahana dapat kamu nikmati selama berwisata di The Village Purwikerto, yaitu:

  • Berbagai Wahana Outbond Menarik
  • Bangunan ala Eropa
  • Playground
  • Kereta Mini
  • Rumah Kelinci
  • Kolam Renang
  • Paddle Boat
  • Kubah Burung
  • Mobil Antik
  • Mini Zoo
  • Kolam Pemancingan Ikan
  • Food Court
  • Gembok Cinta
  • Mushola
  • Toilet
  • Area Parkir Kendaraan

Jika dikelompokkan ke dalam jenis yang lebih spesifik, maka akan di bagi dalam 5 jenis, yaitu sebagai berikut:

WAHANA JENIS TRANSPORTASI:

  • Happy Train
  • Antique Car
  • Machine Boat
  • Paddle Boat

MENANTANG ADRENALINE:

BERBAGAI JENIS SATWA:

  • Mini Zoo
  • Horse Riding
  • Rabbit Feeding
  • Dove Feeding
  • Bird Dome

BERMAIN DALAM AIR DAN INDOOR:

FASILITAS KULINER & SOUVENIR:

  • Kebon Ijo Resto Cafe
  • Coffee Shop
  • Kedai
  • Souvenir Shop

Daya Tarik, Spot Foto Serta Pesona The Village Purwokerto

Diantara pesona dan daya tarik The Village yang dapat kamu nikmati selama berwisata, ialah sebagai berikut:

1. Ber-Foto Selfie Ala Luar Negeri

The Village Purwokerto memang unik, sebab terdapat beragam wahana. Akan banyak kamu temukan spot-spot ala Eropa (luar negeri) untuk berfoto ataupun untuk sekadar duduk bersantai. Ditambah, beberapa titik lokasi swafoto memiliki properti penuh warna.

Nikmati keseruan kamu untuk ber-foto selfie ala luar negeri. Dengan latar belakang banyak gedung-gedung mewah yang elegan bergaya Eropa. Buat orang-orang sekitar kamu terkesan dengan selfie liburanmu yang seperti berada di luar negeri.

Bangunan unik yang  menjulang tinggi seperti yang terdapat di istana dongeng, Membuat para wisatawan tidak bisa tidak untuk memperhatingannya.

Beberapa di-antara bangunannya ialah kincir angin yang membuat kamu seperti sedang berada di negeri Belanda. Juga ada jembatan di danau bening dilengkapi paddle boat yang menyusuri jalur kanal persis Venesia. Adapun bangunannya sendiri sangat terlihat menyerupai bangunan Disney World yang ada di Jepang.

2. Area Taman Bertema Unik: The Village Purwokerto

Setiap sudut taman The Village bisa kamu jadikan spot foto menarik. Area taman di-desain dengan berbagai bangunan ikonik yang berasal dari berbagai negara di dunia. Taman-taman yang dapat memanjakan mata banyak terhampar.

Wisatawan bisa berkeliling serta berswafoto bersama kaum kerabat serta teman-teman.  Pepohonan hijau membuat suasana wisata jadi nyaman juga tenang.

3. Kebun Binatang Mini (Mini Zoo)

The Village Purwokerto, dengan nuansa wisata dan pendidikan menghadirkan Mini Zoo. Didalamnya terdapat berbagai jenis hewan yang cocok untuk menjadi sarana edukasi anak-anak. Diantaranya seperti: Kelinci, Kera, Ayam, Sapi, Kuda, Burung Kijang, dan lainnya.

Wisatawan khususnya anak-anak pasti akan sangat menyukainya. Wisatawan boleh memberi makan kelinci yang terdapat di taman dengan terlebih dahulu membeli makanan kelinci.

4. Playground (Tempat Bermain Anak) Lengkap

Wahana ini menghadirkan berbagai jenis permainan anak-anak yang seru. Terdapat ayunan,  tempat mandi bola, hingga slider. Area Playground ini bersih dan luas dan sehingga anak-anak bisa sangat  leluasa untuk menghabiskan waktu bermainnya.

Juga dilengkapi Labirint Shipventure dan Ecoforest Adventure. Semua ini akan membantu berkembangnya kecerdasan anak.

5. Danau Buatan Serta Jalur Kanal

Para wisatawan dapat menaiki perahu untuk mengitari kanal ala Venesia. Spot ini menyajikan sebuah panorama istimewa yang sangat menawan yaitu dengan hadirnya sebuah danau buatan. Danau ini dikelilingi taman yang beraneka bunga serta rerumputan hijau.

6. Perahu dan Paddle Boat

Salah satu daya tarik saat berada di The Village Purwokerto ialah menaiki perahu dan Paddle Boat. Kamu dapat mengitari danau buatan dengan bersantainya. Juga terdapat kapal bajak laut untuk jadi spot foto menarik.

Ditambah suasana hijaunya rerumputan dan udara segar di sepanjang danau, serta bangunan-bangunan keren yang mengelilingi. Vibes-nya persis seperti kamu sedang berada di tempat wisata Italia. Kamu harus mengabadikan momen liburan ini dengan baik.

7. Kubah Burung (Bird Dome)

Merupakan bangunan megah yang bentuknya seperti kubah dan didalamnya terdapat banyak jenis burung yang unik dan lucu. Selain burung kenari juga ada merpati serta berbagai jenis burung yang lain. Kubah burung ataupun rumah burung menjadi salah satu bangunan utama (sentral) yang terdapat di The Village Purwokerto.

Wisatawan bisa memberi makan burung-burung yang ada di Bird Dome. Di dalamnya semua burung bebas untuk bergerak dan terbang

8. Gembok Cinta (Lovelock)

Kalau kamu berwisata ke The Village Purwokerto maka kurang lengkap rasanya apabila tidak menyematkan gembok cinta. Terlebih jika kamu datang bersama pasangan.

Lovelock atau gembok cinta merupakan spot yang berupa jembatan. Terdapat di atas jalur-kanal The Village. Tempat ini persis lokasi wisata Lovelock ala Korea Selatan.

9. Mobil Antik

Pengelola telah menyediakan berbagai sarana untuk wisatawan agar bisa mengelilingi area taman. Di antaranya terdapat kereta mini dan mobil antik. Kamu bisa menyewa keduanya untuk mendapatkan liburan yang maksimal.

10. Video Mapping

Berbeda dari spot yang lain, Video Mapping merupakan wahana berisi video ilusi optik yang pertama di Purwokerto. Nah, saat kamu berada di The Village, maka kamu akan melihat cahaya serta video yang dimainkan sedemikian rupa. Next, akan menghasilkan sebuah ilusi optik yang sangat memukau.

11. Area Food Court

Tidak lengkap rasanya jika sudah puas berkeliling The Village namun tidak ada tempat untuk mengisi perut. di The Village Purwokerto terdapat area Food Court. 

Fasilitas tempat makan dan minum ini menyediakan berbagai menu western serta makanan khas wilayah Banyumas. Uniknya, tempat bersantap ini terdapat di berbagai titik di sekitar area taman.

Wisatawan juga bisa menikmati berbagai kopi istimewa dari peracik kopi profesional yang ada di coffe shop. Letaknya persis di tepi-jalur-kanal ditambah dengan indahnya pemandangan area taman. Selain itu juga terdapat Gelato point, Queen bakery serta pusat Merchandise. 

Jam Operasional: The Village Purwokerto

Tempat wisata ini beroperasi sejak hari Minggu sampai dengan Sabtu. Buka pukul 08.00 WIB hingga 17.30 WIB. Namun perlu diketahui, The Village Purwokerto ternyata tidak beroperasi alias tutup pada setiap hari Selasa.

Berikut Jam Operasional The Village Purwokerto:
Hari Jam Buka
Senin, Rabu, Kamis, Jum’at Pkl: 08.00 – 17.00 WIB
Sabtu-Minggu Jam : 08.00 -17.30 WIB
Selasa TUTUP
Hari Besar TETAP BUKA

 

Intip Berapa Biaya Berwisata The Village Purwokerto

Buat seorang wisatawan, berwisata tetap harus dengan perencanaan yang matang dan sesuai porsinya. Nah, buat kamu yang ingin melancong ke The Village Purwokerto, ini nih biaya yang harus kamu siapkan selama berwisata:

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk The Village Purwokerto sebesar Rp.25.000 (per orang). Hal ini berlaku untuk semua pengunjung yang sudah berusia 2 tahun ke atas. Tetapi anak berusia sebelum 2 tahun, ternyata gratis tiket masuk.

FYI, harga tiket The Village Purwokerto lebih murah (senin-jum’at) weekday dibanding weekend (Sabtu-Minggu). Begitu juga untuk Juni-Juli dan Desember-Januari serta libur lebaran, memiliki harga tiket yang berbeda dengan bulan lainnya.

Hal ini dikarenakan bisa jadi tidak semua wahana akan beroperasi di weekday atau hari kerja. Sehingga yang kamu dapat mungkin akan tidak selengkap di weekend. Makanya HTM The Village Purwokerto saat weekday.

HTM Belum Termasuk HTW (Harga Tiket Wahana)

Meskipun HTM belum include dengan Tiket Wahana, kamu tidak perlu khawatir. arena Harga tiket Wahana The Village tidak akan buat kantong kamu teriak-teriak. Tiket wahana di The Village Purwokerto hanya berkisar Rp.10.000 sampai Rp.20.000-an, rata-rata.

Harga tiket setiap wahana sudah ditempel pada loket penjualan tiket. Kamu bisa langsung saja ke bagian loket penjualan tiket. Satu informasi penting buat kamu, sebagian besar wahana di The Village hanya beroperasi sampai pkl: 17.30 sore.

Berikut Harga Tiket Wahana The Village:
No Wahana Harga Tiket (Per-Orang)
1 Playground Rp. 27.000,-
2 Paddle Boat atau Perahu Air (sewa) Rp. 10.000,-
3 Kereta Mini atau Mobil Antik Rp. 20.000,-
4 Kubah Burung Rp. 10.000,-
5 Flying fox Rp. 20.000,-
6 Kereta keliling Rp. 14.000,-
7

Beri Makan Ikan

Rp. -,-
8 Ngasih Makan Kelinci Rp. 0,-
9 Naik Kuda Rp. 0,-
10 Memancing Ikan Rp. 20.000,-
11 Wedding package Mulai 7juta-an

FAQ

Bagaimana Cara Pesan Tiket The Village Purwokerto?

Buat kamu yang ingin berwisata ke The Village Purwokerto bisa pesan tiket lewat websitenya ya. Nanti kamu akan diarahin untuk mengisi beberapa data, diantaranya:

  • Nama (Depan & Belakang)
  • Alamat atau instansi
  • Nomor Telepon (Whatsapp)
  • Tanggal Rencana Kunjungan
  • Jumlah Tiket Yang Dipesan

Setelah itu, kamu cukup tekan tombol kirim kemudian pilih opsi WhatsApp. Ini maksudnya adalah kamu memilih pemesanan lewat WhatsApp dan pemesanan tiket kamu akan segera di proses.

Kalau kamu menemui kendala, bisa hubungi nomor Contact Person yang tersedia di website.

Kapankah Waktu Terbaik Berkunjung ke the Village Purwokerto?

Kamu pasti ingin liburan tanpa gagal ataupun nggak maksimal. Pertanyaan kapan waktu terbaik pasti langsung dibenak kamu saat merencanakan satu target wisata.

Nah wisatawan yang ingin berkunjung The Village Purwokerto, harus kamu sesuaikan dengan tujuan utama kamu untuk berwisata. Misalnya, kamu pengen dapat hasil foto terbaik, atau agar dapat momen bisa menikmati The Village Purwokerto untuk refreshing.

Agar kamu dapat keduanya, disarakan untuk datang berkunjung pada waktu menjelang sore hari. Karena pengunjung sudah akan mulai sepi, sebab banyak wisatawan yang juga berasa dari luar kota. Ditambah lagi kondisi cuaca di waktu sore tidak terlalu panas.

Namun jika kamu ingin mengeksplor semua spot yang ada di The Village Purwokerto, maka disarankan datanglah di waktu pagi. Kamu bakal punya waktu banyak untuk menyusuri semua wahana yang ada. The Village Purwokerto cocok untuk dijadikan tempat ngobrol dan nongkrong.

Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen kamu disana.

Akhir Kata

Ini dia artikel yang mengulas tentang The Village Purwokerto. Buat kamu yang udah penasaran, langsung aja pesan tiket. Selamat menikmati serunya liburan di wisata The Village Purwokerto.

Enjoy Your Holiday With The Village Purwokerto.

Jangan lupa untuk kamu mengunjungi artikel – artikel menarik dari kami lainnya berikut ini :

Tinggalkan Balasan