Tips Menabung Saksama dalam Tempo Tidak Singkat

    Menabung terdengar membosankan bukan? Namun dalam keuangan pribadi, hal-hal yang membosankan justru memungkinkan Kamu menyimpan uang lebih banyak untuk jangka panjang. Kendati tidak mudah dan tidak menyenangkan, dengan menerapkan tips menabung Kamu bisa menjadi lebih selektif untuk membelanjakan uang Kamu.

    Tentu tips menabung di bawah ini tidak semuanya berlaku untuk semua orang. Cukup periksa daftar yang sesuai untuk Kamu, lalu bisa diterapkan.

    1. Catat pengeluaran Kamu

    Langkah pertama untuk tips menabung adalah mengetahui berapa banyak uang yang Kamu keluarkan. Rupiah demi rupiah dapat disisir untuk mendapatkan total angka pengeluaran Kamu. Pencatatan dapat dilakukan dengan pengelompokan pengeluaran dengan membuat kategori transaksi untuk lebih mudah mengidentifikasi.

    Misal di hari pertama bulan depan, Kamu bisa mulai menyimpan tanda terima untuk semua yang Kamu beli. Lalu masukkan ke dalam kategori seperti makanan, minuman, dan transportasi. Pada akhir bulan Kamu akan dapat melacak dengan jelas ke mana uang Kamu pergi. Dengan melacak ke mana uang pergi, Kamu akan lebih sadar akan kebiasaan belanja Kamu dan menghilangkan pengeluaran yang tidak perlu.

    2. Buat anggaran

    Jika Kamu mengalami masalah dengan pengeluaran yang berlebihan, coba buat anggaran untuk menggunakan sejumlah uang tunai pada sebagian besar pengeluaran. Anggaran bisa diterapkan untuk mengatur pengeluaran, lalu melakukan pencatatan. Anggaran dapat dibuat dengan mengacu pada perbandingan antara pengeluaran dengan penghasilan. Lalu membatasi pengeluaran yang berlebihan. Selain pengeluaran rutin, pengeluaran yang tidak rutin juga perlu dikalkulasi.

    3. Atur belanja Kamu

    Semakin selektif saat berbelanja semakin banyak uang yang dapat Kamu hemat. Siapkan daftar barang yang perlu Kamu beli dan siapkan anggaran maksimum untuk dihabiskan ketika belanja. Penting untuk berbelanja sekali namun mendapatkan semua yang Kamu butuhkan. Misal ketika ke minimarket untuk membeli roti dan susu. Lalu melupakan susu dapat menyebabkan Kamu mengeluarkan uang berulang kali dengan ditambah lagi membuang-buang bensin.

    4. Lunasi utang

    Jika Kamu mencoba untuk menghemat uang melalui penganggaran namun masih memiliki beban utang yang besar, mungkin sulit. Namun jika Kamu bebas utang dan bunga, uang dapat lebih mudah dimasukkan ke dalam tabungan.

    5. Identifikasi pengeluaran yang tidak penting

    Jika pengeluaran Kamu sangat tinggi dan merasa tidak bisa menabung banyak, mungkin sudah waktunya untuk mengurangi margin sekecil apapun. Untuk melakukannya, identifikasi hal-hal yang tidak penting yang dapat Kamu kurangi lebih sedikit, seperti hiburan dan makan malam.

    Dapat pula dengan melakukan pekerjaan yang bisa dikerjakan sendiri. Misal jasa laundry setiap minggu yang bisa mahal selama setahun. Mungkin Kamu perlu turun dari sofa, lalu pergi ke minimarket dan beli deterjen untuk mengurangi pengeluaran dari margin sekecil apapun. Kendati membutuhkan waktu ekstra, melakukan sesuatu sendiri daripada meminta orang lain adalah tips menabung.

    6. Miliki tujuan menabung

    Salah satu tips menabung adalah dengan menetapkan tujuan. Mulai dengan memikirkan apa yang ingin dicapai dengan meabung. Mungkin Kamu ingin membangun rumah, liburan, biaya kuliah, atau menabung untuk masa pensiun. Lalu cari tahu berapa banyak uang yang diperlukan dan berapa lama untuk mencapainya.

    7. Simpan uang receh Kamu

    Menyisihkan hanya dengan 500 rupiah setiap hari selama setahun akan membuat Kamu mendapatkan 365.000 rupiah. Aturan ini membantu menghindari kecenderungan meremehkan uang receh. Ini sangat sering ketika berbelanja di minimarket.

    Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa aplikasi juga telah dibuat untuk Emoney untuk pembayaran otomatis dengan akun tabungan. Layanan ini dapat menyimpan uang receh Kamu yang tidak akan pernah tahu dialihkan ke mana.

    8. Kurangi makan dan minum di luar

    Makan di luar dan minum di kedai kopi mahal. Jika Kamu ingin mulai menabung banyak, maka perlu mengurangi pemesanan menu makanan mahal. Lalu mengalihkan dengan menyeduh kopi sendiri daripada pergi ke kedai. Demikian pula ketika di tempat kerja atau kuliah, jika membeli makan siang harganya 12.000 rupiah, sedangkan membawa makan siang dari rumah hanya 4.000 rupiah. Maka dengan mengemas makan siang dari rumah selama setahun, Kamu mendapatkan 2.920.000 rupiah.

    9. Lupakan barang bermerek

    Apakah Kamu harus membeli pakaian bermerek? Jika pakaian bermerek Kamu adalah penyebab kurangnya tabungan Kamu, maka saatnya untuk mengevaluasi kembali kebiasaan belanja Kamu.

    10. Berhenti berlangganan email toko online

    Hindari tawaran dengan berhenti berlangganan dari email marketing milik toko-toko online tempat Kamu berbelanja online. Secara kebijakan, setiap email biasanya memiliki tautan berhenti berlangganan, biasanya di bagian bawah email.

    11. Jual barang yang tidak lagi Kamu butuhkan

    Daripada membuang barang yang tidak lagi Kamu gunakan, coba untuk menjualnya terlebih dahulu untuk mendapatkan uang tambahan. Dengan melakukan ini, Kamu bisa mengumpulkan beberapa ratus ribu rupiah per tahun.

    12. Jaga kesehatan

    Kita semua memahami pentingnya menjaga kesehatan karena berhubungan umur panjang, namun kesehatan juga berhubungan dengan keuangan. Dengan merawat diri sendiri lebih baik, Kamu akan menghabiskan lebih sedikit uang untuk menangani dampak penyakit umum seperti pilek dan flu.

    Faktor lain yang berhubungan dengan kesehatan adalah tingkat energi. Semakin sehat semakin produktif. Lalu dengan lebih banyak produktivitas dalam pekerjaan atau dalam bisnis, tingkat kesehatan dan energi seringkali memengaruhi pendapatan.

    13. Perhatikan perkembangan tabungan

    Periksa perkembangan tabungan setiap bulan untuk membantu mengidentifikasi dan mengatasi jika terjadi masalah.