Tips Menghilangkan Stres Jika Belum Jelas Sebabnya

    Stres dapat mengganggu keseimbangan emosional dan dapat mempersempit kemampuan untuk berpikir jernih. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips menghilangkan stres. Kamu tidak perlu mengalokasikan banyak waktu untuk mengatasi stres. Tetapi Kamu perlu menyisihkan sedikit waktu untuk bersantai dan mengelola stres.

    Tujuannya adalah untuk dapat menikmati kehidupan yang seimbang dalam pekerjaan dan berhubungan. Tentu tips di bawah ini bukanlah satu ukuran untuk semua. Namun Kamu bisa mencari tahu tips mana yang paling cocok untuk membantu menghilangkan stres.

    1. Olahraga

    Olahraga merupakan salah satu tips utama yang dapat Kamu lakukan untuk menghilangkan stres.  Bahkan olahraga bisa memberikan efek langsung yang dapat berlangsung selama beberapa jam. Sedangkan untuk jangka panjang, olahraga bermanfaat bagi pikiran dan tubuh. Olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur yang memiliki pengaruh positif untuk mengatasi stres.

    2. Tidur yang cukup

    Tidur adalah waktu untuk menyuplai ulang energi untuk tubuh dan otak. Dengan demikian, kualitas dan kuantitas tidur yang Kamu dapatkan memengaruhi suasana hati, tingkat energi, konsentrasi, dan keseluruhannya.

    Jika Kamu memiliki terlalu banyak hal untuk dipikirkan dan dilakukan, maka dapat menyebabkan stres dan kesulitan tidur. Pastikan bahwa Kamu memiliki rutinitas tidur yang tenang, santai, dan tetap pada jadwal yang konsisten. Hindari kafein di malam hari yang berlebihan jika menyebabkan tidur terganggu. Lalu berhenti melakukan pekerjaan lain yang juga menyebabkan kesulitan tidur.

    3. Kurangi konsumsi kafein

    Jika Kamu memperhatikan bahwa kafein membuat Kamu cemas atau stres, pertimbangkan untuk mengurangi. Kendati banyak penelitian menunjukkan bahwa kopi bisa sehat dalam jumlah sedang, itu jumlah sedang. Sedangkan sensitivitas orang terhadap kafein bisa sangat bervariasi.

    4. Makan makanan yang sehat

    Makanan sehat adalah bagian penting dari menjaga kesehatan. Makanan sehat dapat dari beragam buah dan sayuran. Beberapa orang mungkin menghadapi stres dengan minum terlalu banyak kafein atau alkohol dan makan terlalu banyak. Kebiasaan itu justru dapat membahayakan kesehatan.

    5. Habiskan waktu bersama teman dan keluarga

    Ketika Kamu stres, mungkin Kamu menginginkan untuk mengisolasi diri sendiri. Namun dukungan dari teman dan keluarga dapat membantu Kamu melewati masa-masa yang penuh tekanan. Menjadi bagian dari pertemanan dan kekeluargaan juga memberi Kamu rasa memiliki yang dapat membantu di masa-masa sulit dan menurunkan risiko stres. Bicaralah dengan orang lain dan bagikan apa yang terjadi, namun harus tetap pada batas. Maka Kamu bisa mendapatkan perspektif baru sambil menjaga hubungan.

    6. Belajar mengatakan tidak

    Kendati tidak semua pemicu stres berada dalam kendali Kamu, tetapi beberapa di antaranya mungkin ada. Oleh karena itu, kendalikan bagian-bagian hidup Kamu yang dapat menyebabkan stres dan ubah.

    Mengatakan ya mungkin tampak seperti cara mudah untuk menjaga perdamaian, mencegah konflik dan menyelesaikan pekerjaan. Namun itu sebenarnya dapat menyebabkan Kamu mengambil lebih dari yang bisa Kamu lakukan. Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah dengan mengatakan tidak pada apa yang tidak perlu dan tidak dapat Kamu tangani. Selektif dengan tidak mengambil lebih dari yang bisa Kamu lakukan dapat mengurangi stres.

    7. Mengurangi penyebab stres

    Banyak orang menemukan bahwa hidup mereka dipenuhi dengan terlalu banyak tuntutan dan terlalu sedikit waktu untuk diri sendiri. Sedangkan sebagian besar tuntutan adalah pilihan. Oleh karena itu, penting untuk menetapkan prioritas dan mengelola waktu.

    8. Belajar menghindari penundaan

    Tips lain untuk menghilangkan stres adalah tetap mengutamakan prioritas dan berhenti menunda-nunda pekerjaan. Penundaan dapat membuat Kamu bertindak reaktif dan bergegas untuk mengejar ketinggalan. Lalu melakukan banyak pekerjaan dan dapat menyebabkan stres. Oleh karena itu, Kamu bisa membuat daftar apa yang perlu Kamu lakukan berdasarkan prioritas. Lalu tetap mengacu pada daftar untuk dapat membantu menghilangkan stres.

    9. Mencari bimbingan dan konseling

    Jika stres Kamu semakin tidak terkendali dan macam-macam tips menghilangkan stres tidak membantu mengatasi stres Kamu. Mungkin Kamu perlu berkonsultasi untuk mendapat bantuan bimbingan dan konseling dari psikolog. Psikolog dapat membantu Kamu mengidentifikasi sumber stres.

    Loading...