Tutorial Make Up Karnaval Natural, Tidak Terlihat Menor Lho!

Make up karnaval mempunyai ciri yang khas, seperti eyeshadow warna-warni, lipstik neon hingga tempelan manik-manik wajah yang artistik. Ini merupakan cara unik untuk mengekspresikan diri. Kalau Anda ingin belajar make up tersebut, pastikan mengikuti tutorial make up karnaval ini.

Biasanya jenis make up ini ditemukan di acara festival atau karnaval. Ramainya make up tersebut justru membuat acara semakin meriah dan menyenangkan. Pada dasarnya, wajah Anda adalah kanvas kosong yang siap dilukis dengan make up penuh warna.

Jika Anda berencana untuk menghadiri salah satu festival hiburan yang meriah, itu ada kesempatan yang bagus untuk memamerkan karya make up Anda. Sebelum itu, pelajari bagaimana cara make up yang mudah sebagai berikut!

Tutorial Make Up Karnaval Meriah yang Bisa Dilakukan Sendiri

Terlalu banyak make up tidak selalu membuahkan hasil yang bagus, justru Anda harus tahu kapan harus berhenti menambahkan riasan ketika wajah tampak penuh. Anda tetap bisa mendapatkan make up yang meriah namun tetap sederhana dengan cara berikut:

1. Persiapan Kulit Wajah dengan Pelembab

Kemungkinan besar Anda akan menghabiskan waktu lama mengenakan make up karnaval ini, maka mengenakan produk skincare adalah kewajiban yang tidak boleh dilewatkan. Membekali kulit wajah dengan nutrisi yang tetap akan membuat make up awet hingga berjam-jam.

Maka aplikasikan pelembab kesukaan Anda dan ratakan ke seluruh kulit wajah. Kemudian oleskan tabir surya dengan SPF minimal 30 ke seluruh wajah. Tabir surya juga harus digunakan meski Anda berencana akan menghabiskan waktu di dalam ruangan.

Kemudian tepuk-tepuk wajah sedikit untuk memastikan penyerapan yang maksimal. Untuk make up karnaval, disarankan menghindari pelembab yang mengandung minyak, karena bisa menghasilkan finish yang terlalu berkilau.

2. Alasi dengan Primer Warna Kulit

Setelah semuanya meresap dengan maksimal, gunakan primer untuk mengalasi kulit wajah. Dengan begitu Anda mendapatkan alas yang mulus. Primer diaplikasikan dengan bantuan spons lembab. Spons akan membantu menghasilkan efek pori-pori yang natural.

Tidak usah khawatir jika primer menyebabkan efek yang terlalu berkilau. Anda bisa mengakalinya dengan membubuhkan loose powder yang transculent pada area-area yang terlalu berminyak. Anda juga bisa menggunakan loose powder warna kulit untuk mendapatkan penampilan yang lebih menyatu.

Ketika membubuhkan bedak, hindari mengaplikasikannya ke seluruh wajah karena mendapatkan tampilan yang terlalu tebal. Justru ini bisa membuat make up rentan retak. Anda tinggal fokus pada area zona T saja.

3. Gunakan Permata Wajah pada Area yang Diinginkan

Ini merupakan ciri utama dari make up karnaval, yaitu menggunakan permata wajah. Untuk menentukan mana permata wajah yang diinginkan, Anda bisa mencari referensi di internet terlebih dahulu.

Jika ingin mencontoh seperti pada gambar di atas, maka Anda memerlukan permata wajah berwarna pastel. Gunakan lem wajah dan tempelkan pada bagian dahi. Bentuk permata wajah menyerupai mahkota dahi yang cantik.

Tempelkan pula sepasang permata pada kedua pipi untuk hasil yang lebih simetris. Namun Anda bisa membentuk motif apa saja sesuai kreativitas Anda. Pastikan menggunakan lem yang berkualitas agar permata tidak mudah copot selama digunakan untuk beraktivitas di karnaval kostum atau seni nanti.

4. Tambahkan Shimmer pada Pipi

Pada kebanyakan tutorial make up karnaval pastinya menggunakan blush on yang dipercantik dengan shimmer atau glitter. Ini juga kewajiban yang harus Anda ikuti. Pilih blush dengan warna yang senada dengan permata wajah tadi.

Aplikasikan blush pada tulang pipi menggunakan kuas yang lembut. Anda bisa menorehkan dari tulang pipi sampai ke pipi bawah sedikit. Setelah dasar blush on sudah, tambahkan shimmer silver di atasnya sehingga pipi Anda terlihat mengkilap.

Tidak perlu takut menggunakan terlalu banyak highlighter, karena melalui make up karnaval ini Anda dapat mengekspresikan diri secara berlebihan tanpa terkesan aneh. Untuk menambah keunikam, Anda bisa memberikan glitter wajah di area pipi dengan warna yang mirip kulit.

5. Pilih Eyeshadow yang Berani

Tidak ada yang lebih artistik ketika menggunakan eyeshadow penuh warna. Di sini Anda diuji untuk memainkan warna. Untuk mengimbangi make up yang warna-warni, Anda perlu mengoleskan eyeshadow warna cokelat muda pada kelopak mata.

Perlahan tambahkan eyeshadow warna medium seperti emas, kemudian pilih eyeshadow yang warnanya berkebalikan dari eyeshadow dasar. Gunakan eyeshadow yang komplementer pada bagian bawah mata. Lengkapi riasan mata dengan shimmer pada bagian bawah mata.

6. Gunakan Eyelash yang Kreatif

Tutorial make up karnaval berikutnya adalah menggunakan eyelash dekoratif yang luar biasa. Tetapi ini baru dijadikan opsi kalau make up Anda belum terlalu ramai. Jika sudah ramai dan menggunakan permata wajah, maka cukup menggunakan bulu mata palsu hitam panjang saja.

Pilih bulu mata yang tebal dan penuh sehingga mata terlihat lebih besar dan menjadi pusat perhatian dari wajah.

7. Buat Garis Eyeliner yang Artistik

Inilah saat yang tepat untuk mengeluarkan sisi kreatif Anda dan menggunakan eyeliner warna selain hitam. Gunakan eyeliner cair dengan warna yang mendukung eyeshadow, lalu gambar garis sesuai keinginan Anda.

Bisa dengan membuat wing yang tajam. Anda dapat menggunakan dua macam warna eyeliner, seperti eyeliner hitam dan eyeliner yang lebih cerah.

8. Oleskan Highlighter untuk Memancarkan Aura Wajah

Highlighter tidak boleh ketinggalan untuk mendapatkan make up karnaval yang paripurna. Anda bisa mengaplikasikan highlighter pada bagian tulang pipi, pangkal hidung, batang hidung, bawah alis dan bagian ujung mata dalam.

Itu adalah titik-titik yang bagus untuk mendapatkan kilau wajah yang alami. Anda bisa menggunakan highlight cair agar lebih mudah menempel pada kulit wajah. Ini akan bertahan lama ketika dipakai untuk menghadiri festival.

9. Selesaikan dengan Lipstik Nude

Semua warna dari make up yang menempel di wajah Anda tentunya bisa berlebihan jika Anda tidak mengimbanginya dengan lipstik yang pas. Untuk make up karnaval, pilihlah lipstik yang berwarna nude, seperti cokelat atau merah tua.

Anda juga bisa menggunakan lip liner agar hasilnya lebih rapi. Untuk menggunakan lip liner, mulailah menggambar garis silang pada bibir atas. Kemudian beri lengkungan di bibir bawah. Sambungkan garis tersebut mengelilingi bibir.

Jika sudah, tutup semuanya dengan lip liner yang sama sampai bibir tertutup sempurna. Cukup gunakan satu warna saja agar hasilnya tidak berlebihan.

9. Semprot dengan Setting Spray

Terakhir, ambil setting spray yang biasa Anda gunakan dan semprot ke wajah dengan jarak yang sedikit jauh dari wajah. Pastikan semua bagian wajah telah tertutup dengan cairan tersebut. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan bedak transculent dan membubuhkannya pada bagian yang membutuhkan.

Kedua produk ini membantu supaya make up tidak mudah longsor ketika wajah berkeringat. Anda bisa membawa kertas minyak untuk menyerap kilau minyak yang tidak diinginkan. Setelah itu, semuanya pun selesai.

Banyak model make up karnaval yang tidak kalah heboh dan menarik. Tutorial make up karnaval ini hanyalah panduan dasar yang bisa membantu Anda memahami elemen-elemen yang sering ada. Kebanyakan make up karnaval menggunakan permata wajah dan glitter, jadi tidak usah takut mencoba.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan