Tutorial Pakai Contour Sesuai Bentuk Wajah dan Tips Hasil Bagus

Contour adalah bagian dari produk make up yang biasanya digunakan untuk membentuk wajah menjadi lebih tegas. Jika Anda suka riasan bold, mungkin sudah tidak asing lagi dengan penggunaan produk ini. Sebaliknya, para pemula mungkin masih membutuhkan tutorial pakai contour yang baik dan benar.

Oleh karena itu, artikel kali ini bertujuan untuk memberikan contour tutorial lengkap sekaligus cara memakai contour yang benar bagi pemula. Contour ini biasanya dipakai untuk area seperti tulang pipi, rahang, hidung, dahi, dan bagian lainnya yang dirasa butuh penegasan dalam makeup.

Tutorial Pakai Contour

Menggunakan teknik contouring adalah cara efektif untuk menonjolkan fitur wajah dan menciptakan dimensi yang lebih tajam. Teknik ini memanfaatkan pencahayaan dan bayangan untuk memberikan tampilan wajah yang lebih terdefinisi dan simetris.

Berikut adalah tutorial langkah demi langkah dalam menggunakan teknik contouring untuk menciptakan tampilan wajah yang menakjubkan:

1. Persiapan Wajah

Pertama, pastikan wajah dalam kondisi kering sebelum memulai proses pengaplikasian contour. Hal ini penting agar contour dapat menempel dengan baik dan menghasilkan tampilan yang halus serta tahan lama.

Setelah membersihkan wajah, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan pelembap. Pelembap berfungsi untuk melembabkan kulit wajah, menjaga kelembaban, dan memberikan perlindungan agar kulit tetap terjaga kesehatannya.

Pilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda, apakah kulit kering, berminyak, atau kombinasi, untuk hasil yang optimal. Kebersihan dan kelembapan kulit akan membantu contour meresap dengan baik, sehingga dapat menonjolkan fitur wajah dengan lebih baik.

2. Pilih Produk Contour

Jangan hanya fokus mengikuti tutorial memakai contour jika belum punya pilihan warna contour yang cocok. Ada beberapa jenis produk contour yang umum digunakan, yaitu bronzer, cream contour, dan powder contour.

Bronzer umumnya berbentuk seperti bedak padat dengan warna coklat yang lebih gelap. Cream contour berbentuk krim yang lebih mudah dibaurkan dan memberikan tampilan yang lebih alami. Sementara itu, powder contour berbentuk bedak bubuk yang memberikan efek yang lebih ringan dan mudah diaplikasikan.

Pilihlah warna contour yang dua hingga tiga nada lebih gelap dari warna kulit. Jangan terlalu gelap, karena hasilnya akan terlihat tidak alami dan tidak menyatu dengan kulit. Warnanya harus memberikan efek bayangan yang cukup terlihat tanpa membuat wajah terlihat kusam.

3. Identifikasi Area Wajah

Tutorial pakai contour berikutnya adalah kenali area wajah yang ingin ditonjolkan. Area yang umumnya dicontour adalah rahang, tulang pipi, hidung, dan dahi. Selain area tersebut, Anda juga dapat mengontour area lain seperti rahang bawah, garis rahang, dan garis rambut.

4. Aplikasikan Concealer

Sebelum menggunakan contour, aplikasikan concealer di bawah mata untuk menutupi lingkaran hitam dan memberikan tampilan yang cerah pada area mata. Pilihlah concealer dengan warna yang sesuai dengan warna kulit Anda atau satu hingga dua nada lebih terang.

Jika Anda memiliki lingkaran hitam yang lebih gelap, pilihlah concealer yang lebih terang untuk menyamarkannya dengan lebih baik. Pastikan area di bawah mata dalam keadaan bersih dan kering sebelum menggunakan concealer.

5. Contour Tulang Pipi

Anda bisa memulai proses contouring dengan mengambil produk contour menggunakan kuas contour yang memiliki ujung agak runcing. Pertama, tariklah garis dari tengah telinga menuju bagian bawah pipi secara perlahan.

Pastikan contour berada tepat di bawah tulang pipi untuk menciptakan efek bayangan yang menonjolkan tulang pipi dengan lebih tajam. Selanjutnya, dengan lembut ratakan contour menggunakan kuas contour atau jari-jari Anda.

Proses penggabungan atau blending ini sangat penting untuk menciptakan transisi warna yang lebih alami dan tidak terlihat tegas. Hindari mengaplikasikan contour dengan terlalu banyak tekanan agar warna dapat tercampur dengan baik dengan warna kulit Anda.

6. Contour Rahang

Tutorial pakai contour untuk area rahang ini harus benar-benar dilakukan dengan hati-hati agar tetao simetris. Caranya adalah aplikasikan contour di bawah rahang untuk memberikan efek rahang yang lebih tegas dan terdefinisi. Oleskan produk dengan kuas contour dan ratakan secara lembut.

Setelah mengaplikasikan contour, gunakan ujung kuas atau ujung jari untuk ratakan produk contour secara lembut dan merata di bawah rahang. Penggunaan teknik blending yang baik akan membantu menciptakan transisi warna yang lebih alami, sehingga contour akan terlihat menyatu dengan kulit.

Pastikan contour di bawah rahang pada sisi kanan dan kiri wajah Anda terlihat simetris. Jika ada perbedaan, perbaiki dengan ratakan contour secara merata. Jika diperlukan, boleh saja menambahkan atau mengurangi produk contour untuk mencapai efek rahang sesuai dengan keinginan Anda.

7. Contour Hidung

Untuk menyempitkan hidung atau menyamarkan gundukan, oleskan sedikit contour di kedua sisi hidung dan di bagian ujung hidung. Ambil kuas kontur yang lebih kecil dan ramping untuk presisi yang lebih baik saat mengaplikasikan contour pada hidung.

Oleskan sedikit produk contour di kedua sisi hidung, mulai dari tulang hidung menuju bagian bawah hidung secara perlahan. Hindari garis yang terlalu tebal dan gunakan teknik tap-tap atau ketukan ringan dengan kuas untuk mengaplikasikan contour.

Aplikasikan juga sedikit contour pada bagian ujung hidung untuk memberikan efek hidung yang lebih terdefinisi dan mengarahkan perhatian ke atas hidung. Setelah mengaplikasikan contour pada hidung, gunakan ujung kuas atau jari-jari Anda untuk ratakan produk dengan lembut.

8. Contour Dahi

Jika Anda ingin menyembunyikan dahi yang lebar, aplikasikan contour di kedua sisi dahi di garis rambut dan ratakan produk dengan lembut. Gunakan kuas kontur yang ramping dan aplikasikan sedikit produk contour di kedua sisi dahi, di sepanjang garis rambut di bagian atas dahi.

Setiap wajah memiliki bentuk yang unik, jadi penting untuk menyesuaikan teknik contouring dengan bentuk wajah agar hasilnya lebih maksimal. Dengan mengaplikasikan contour pada kedua sisi dahi secara tepat, Anda dapat menciptakan efek dahi lebih sempit dan mengurangi tampilan lebar pada bagian tersebut.

Sekilas Tips Memakai Contour

Selain daripada tutorial pakai contour di atas, ada beberapa tips yang juga harus Anda ketahui. Tips ini bertujuan agar Anda bisa memaksimalkan contour dengan sebaik mungkin.

1. Blend dengan Sempurna

Pastikan semua contour telah di-blend dengan baik agar tidak ada garis atau transisi warna yang terlihat tegas. Anda bisa menggunakan spons makeup atau kuas contour untuk menyempurnakan hasil akhir.

2. Set dengan Bedak

Setelah contour terlihat rapi dan di-blend dengan baik, aplikasikan bedak untuk mengunci contour agar tahan lebih lama. Bedak mampu mengunci contour agar tidak bergeser sekaligus tidak terlalu terlihat aneh saat diaplikasikan.

3. Highlight

Selanjutnya, aplikasikan highlighter di atas tulang pipi, ujung hidung, dahi, dan bagian atas bibir. Highlighter akan memberikan kilau dan cahaya pada wajah, menonjolkan fitur yang ingin Anda sorot. Periksa hasil akhir guna memastikan contour terlihat alami dan tampilan wajah tampak simetris.

Jangan berlebihan dalam menggunakan contour dan ikuti tutorial pakai contour ini jika Anda bingung dalam memakainya. Ingatlah bahwa tujuan contouring adalah menciptakan dimensi, bukan mengubah wajah sepenuhnya. Gunakan teknik ini dengan bijaksana dan sesuai dengan kebutuhan Anda!

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan