Pengertian Pamflet, Perbedaan Pamflet dan Brosur, Ukuran Pamflet

    Pamflet memiliki kesamaan dan perbedaan dengan brosur. Kesamaannya adalah pamflet dan brosur merupakan selebaran cetakan yang dibuat dengan ukuran kertas tertentu, lalu diisi dengan informasi singkat namun lengkap. Isinya tersebut bisa berupa iklan produk atau layanan perusahaan, organisasi, dan informasi lainnya. Artinya keduanya sama ditujukan untuk menyampaikan pesan dengan jelas.

    Daftar Isi:

    Pengertian pamflet

    Pamflet adalah selebaran yang berisikan teks yang bisa disertai dengan gambar maupun tidak, bisa satu sisi maupun dua sisi, tanpa diberi penjilidan, melainkan dilipat sedemikian rupa hingga kelihatan kecil.

    Perbedaan pamflet dan brosur

    Bedanya adalah brosur biasanya digunakan untuk istilah yang lebih luas, yaitu selebaran yang dilipat maupun yang tidak dilipat, lalu umumnya digunakan untuk menjual. Sedangkan pamflet biasanya digunakan untuk istilah yang lebih sempit, yaitu selebaran yang dilipat dan umumnya lebih banyak ruang yang digunakan untuk memberikan informasi daripada untuk menjual.

    Ukuran pamflet

    Pamflet biasanya diprint pada kedua sisi dan bisa dibuat dengan ukuran yang sesuai kebutuhan. Lalu dilipat untuk menjadi buku sederhana, namun bukan dengan dijilid. Banyak lipatan yang bisa dipilih, bisa dilipat 2 di tengah, dilipat zigzag, dilipat roll, dan dilipat gerbang. Dengan pemilihan ukuran dan lipatan yang tepat, selebaran kertas sederhana ini dapat berubah menjadi media penyampaian informasi yang efektif.

    Memilih ukuran pamflet tidak perlu melibatkan rumus matematika yang rumit. Namun yang diperlukan adalah memastikan lipatan yang diinginkan, ukuran ketika dibuka atau dibaca, yaitu sebelum menjadi lipatan, dan ukuran ketika dibagikan atau disebarkan, yaitu sesudah menjadi lipatan. Berikut adalah beberapa contoh ukuran pamflet yang paling banyak digunakan.

    a. A5 lipat 2

    Ukuran pamflet paling kecil kebanyakan adalah A5. Ukuran A5 dalam sentimeter yaitu 14,8 cm x 21 cm. Jika dilipat menjadi 2, maka menjadi A6, yaitu 10,5 cm x 14,8 cm. Paflet A5 dilipat 2 ini biasanya dibuat dengan orientasi lanscape ketika terbuka, lalu potrait ketika tertutup.

    b. A4 lipat 2

    Lipatan pamflet A4 dilipat 2 serupa dengan A5 dilipat 2. Namun yang membedakannya adalah ukuran terbuka dan tertutup. Ukuran pamflet A4 terbuka adalah 21 cm x 29,7 cm. Lalu ketika tertutup dengan dilipat 2, maka menjadi A5, yaitu 14,8 cm x 21 cm.

    Pamflet Lipat 2
    Pamflet lipat 2 | Image credit: Fotolia

    c. A4 lipat roll

    Dinamakan sebagai lipat roll, karena untuk membentuk lipatannya dengan digulung. Ukuran A4 dengan lipatan roll bisa dibuat dengan dilipat 3 atau lebih. Misalnya jika dilipat 3, berarti mendapatkan 6 halaman pamflet dan dari ukuran 21 cm x 29,7, ketika dilipat berubah menjadi 21 cm x 9,9 cm. Sedangkan jika dilipat 4, maka mendapatkan 8 halaman dan dari ukuran 21 cm x 29,7, ketika dilipat berubah menjadi 21 cm x 7,4 cm.

    Pamflet Lipat Roll
    Pamflet lipat roll | Image credit: Free Mockup

    d. A4 lipat zigzag

    Dinamakan sebagai lipat zigzag, karena lipatannya dibuat dengan membentuk Z. Baik itu pamflet yang dilipat roll maupun zigzag, bisa dibuat dengan dilipat 3 atau lebih. Lalu keduanya memiliki ukuran terbuka dan tertutup yang sama sesuai dengan lipatan. Namun yang membedakannya adalah bentuk lipatannya. Dengan bentuk lipatan yang berbeda, maka urutan halamannya pun juga berbeda.

    Pamflet Lipat Zigzag
    Pamflet lipat zigzag | Image credit: Mockup Hunt

    e. A4 lipat gerbang

    Ukuran pamflet A4 bisa dilipat dengan bentuk yang menyerupai gerbang. Yaitu dengan membaginya menjadi 3 lipatan, yang berarti mendapatkan 6 halaman. Namun pada halaman kiri dan halaman kanan harus dibuat dengan ukuran setengah dari halaman yang di tengah. Lalu halaman kiri dan halaman kanan dihubungkan ke tengah, maka lipatan tersebut berbentuk menyerupai gerbang. Jika dibuat dengan A4, maka ukuran halaman tengah adalah 21 cm x 14,85 cm. Sedangkan halaman kiri dan halaman kanan adalah 21 cm x 7,4 cm. Lalu ketika dilipat ukuran tertutup menjadi 14,85 cm x 14,85 cm.

    Pamflet Lipat Gerbang
    Pamflet lipat gerbang | Image credit: Adobe Stock

    Penutup

    Ukuran pamflet yang paling banyak digunakan adalah A5 dan A4.
    1. A5 dalam sentimeter adalah 14,8 cm x 21 cm.
    2. A4 dalam sentimeter adalah 21 cm x 29,7 cm.

    Beberapa ukuran pamflet di atas merupakan sekadar contoh saja dari kebanyakan pamflet yang biasa dibuat oleh perusahaan dan dibagikan ke audiens bisnisnya. Ukuran lain juga bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan.


    Share this post:
    Loading...