Ukuran Poster Standar Pada Umumnya: A4, A3, A2, B2, A1, A0

    Ketika pergi ke percetakan untuk memesan poster, ada banyak opsi ukuran yang bisa Kamu pilih, dari kecil hingga besar. Namun mungkin Kamu menginginkan ukuran standar atau yang telah populer daripada personalisasi atau meminta ukuran khusus.

    Kendati tidak ada ukuran standar resmi, banyak perusahaan menggunakan beberapa ukuran yang sama untuk poster mereka. Mereka menetapkan ukuran umum secara konsisten berdasarkan efektivitasnya.

    Ukuran penting dipertimbangkan untuk memastikan keberhasilan penggunaan poster, dapat dibuat dengan mengacu pada media yang ingin diaplikasikan. Pada umumnya, ukuran poster standar dari yang kecil hingga besar, biasanya dibuat pada kertas sekitar A4 hingga A0. Poster A4 dan A3 masuk kategori kecil, A2 masuk kategori sedang, sedangkan A1 dan A0 bisa masuk kategori ukuran besar.

    Di bawah ini adalah macam-macam ukuran poster beserta efektivitasnya, dengan 5 seri A dan 1 seri B dari ukuran kertas.

    Ukuran Poster:

    A4

    Ukuran poster A4 dalam sentimeter adalah 21 x 29,7 cm. Ukuran poster ini biasanya yang paling kecil. Kebanyakan diaplikasikan ke lingkungan yang tidak menyita terlalu banyak ruang. Misal di lampu jalan dan papan pengumuman.

    Bagi perusahaan, poster kecil ini cocok untuk mempromosikan acara dan bisnis tanpa harus menghabiskan banyak uang dan ruang. Seringkali ukuran ini ditemukan di gedung-gedung atau di samping pintu untuk memberi informasi kepada pengunjung tentang petunjuk tertentu. Poster A4 ini juga merupakan yang biasanya digunakan untuk dekorasi loker atau lemari pakaian.

    A3

    Ukuran poster A3 dalam sentimeter adalah 29,7 x 42 cm. Dengan membuat poster berukuran A3 dapat lebih banyak memuat informasi daripada A4. Poster ini seringkali terlihat di universitas, kantor, dan papan pengumuman. Dengan ukuran A3 Kamu dapat menampilkan rincian informasi lebih lanjut dengan tulisan kecil. Dengan begitu, setelah pesan utama Kamu diterima audiens, mereka dapat memilih untuk mendekati poster Kamu untuk mendapatkan informasi lebih banyak.

    A3  juga masuk dalam format ruangan standar dan pilihan pas untuk poster kamar. Seringkali gambar atau foto favorit, musik, aktor film, dan kolase dibuat pada A3. Jika Kamu memilih ukuran ini, Kamu dapat menggunakan kertas untuk bahan poster Kamu. Sekarang ini banyak percetakan yang menyediakan jasa cetak A3 untuk macam-macam jenis ketas. Sedangkan untuk ukuran yang lebih dari A3, baru sedikit percetakan yang menyediakan.

    A2

    Ukuran poster A2 dalam sentimeter adalah 42 x 59,4 cm. Poster berukuran sedang ini cukup efektif untuk bisnis, konser, dan acara festival.

    Jika Kamu ingin memesan poster A2 untuk bahan kertas, Kamu perlu mencari percetakan yang memiliki printer kertas yang mendukungnya. Namun sejauh ini di Jakarta sekalipun baru beberapa percetakan yang menyediakan. Tetapi jika ingin lebih mudah, Kamu bisa menggunakan bahan banner yang biasa diproduksi dengan printer large format. Printer large format dapat mencetak hingga ukuran dengan satuan meter. Banyak percetakan yang memiliki printer ini, hasil cetak banner juga tidak kalah dengan kertas. Dengan bahan banner, poster justru dapat memiliki peningkatan tampilan dengan nuansa yang lebih khusus.

    B2

    Ukuran B2 dalam sentimeter adalah  50 x 70,7 cm. Poster ini hanya sedikit lebih besar dari A2. Namun B2 merupakan yang paling populer untuk jenis poster iklan bisnis. Seringkali poster ini terlihat di pameran dagang dan mal, juga sangat umum untuk toko dan poster film. Ketika bisnis akan diiklankan untuk jangka panjang, poster B2 ini bisa menjadi alat pemasaran yang sempurna.

    A1

    Ukuran poster A1 dalam sentimeter adalah 59,4 x 84,1 cm. Poster berukuran ini seringkali ditempatkan di daerah yang memiliki lalu lintas tinggi seperti kedai kopi dan pameran dagang. Fungsi poster A1 ini biasanya dibuat untuk menarik perhatian menggunakan teks besar dan desain grafis yang menonjol.

    Ukuran A1 ini juga cocok untuk iklan luar ruang. Tentu harus dibuat dengan bahan banner untuk lebih tahan lama, tahan air, dan tidak mudah sobek saat basah atau saat dilem untuk pengaplikasiannya.

    A0

    Ukuran poster A1 dalam sentimeter adalah 84,1 x 118,9 cm. Poster A1 ini seringkali digunakan untuk tujuan dekorasi dan untuk menampilkan desain besar guna menarik audiens lebih banyak. Bisnis dapat menggunakan poster berukuran A1 ini untuk iklan produk, dekorasi kantor, promosi penjualan, pengumuman urgen, dan banyak lagi.

    Penutup

    Perlu diketahui bahwa ukuran yang disebutkan di atas adalah ukuran pada umumnya. Kamu tidak harus membuatnya dengan ukuran persis yang disebutkan di atas. Jika menginginkan ukuran yang lebih kecil, lebih besar, atau ukuran personalisasi lainnya yang berbeda tidak ada masalah. Poster bisa diproduksi selama ukuran bahan dan area cetak mesin mencukupi. Oleh karena itu, Kamu dapat menghubungi toko percetakan langganan Kamu untuk menanyakan maksimal ukuran cetak mereka.


    Share this post:
    Loading...