Ragam Upaya untuk Mengisi Kemerdekaan di Masa Kini

    Kemerdakaan Indonesia adalah momentum penting bagi kita karena telah meraih hak kendali penuh atas seluruh wilayah di Indonesia. Tidak mudah untuk mengakhiri masa penjajahan kala itu, para pahlawan telah berkorban untuk membela tanah air dan mendapatkan kemerdekaan ini. Oleh karena itu untuk menghargai jasa perjuangan mereka, penting untuk memiliki upaya mengisi kemerdekaan. Kita dapat berupaya dengan berkontribusi bagi bangsa kita melalui hal-hal positif.

    Di bawah ini adalah ragam upaya yang bisa kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan di masa kini.

    Upaya mengisi kemerdekaan

    1. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    2. Menciptakan kondisi masyarakat yang aman dan saling toleransi.
    3. Mencintai dan menjunjung tinggi seni budaya Indonesia.
    4. Menghormati dan menjunjung tinggi hukum yang berlaku.
    5. Menghargai perbedaan pendapat.
    6. Ikut serta dalam pelaksanaan pemilu.
    7. Mendukung kebijakan pemerintah yang dibuat untuk kesejahteraan.
    8. Kritis terhadap kebijakan pemerintah yang mengesampingkan kesejahteraan.
    9. Mencintai produk-produk Indonesia.
    10. Memiliki semangat berwirausaha.

    Uraian upaya mengisi kemerdekaan

    1. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi

    Peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat penting bagi kita untuk dapat menjadi negara maju setara dengan negara-negara lain yang telah maju. Kebanyakan dari mereka memiliki minat baca yang tinggi. Dengan demikian, meningkatkan budaya membaca di Indonesia sangat penting, yang mana bisa menjadi sumber informasi untuk beragam pengetahuan.

    Dengan pengetahuan, kita bisa menjadi anggota masyarakat yang produktif dan berkontribusi pada kehidupan sosial secara positif. Maka meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, dapat dikatakan sebagai langkah awal untuk upaya mengisi kemerdekaan.

    2. Menciptakan kondisi masyarakat yang aman dan saling toleransi

    Kondisi keamanan masyarakat dapat diciptakan dengan menunjukkan rasa kebersamaan dan saling membantu di kehidupan sosial. Lalu mengupayakan rasa toleransi terhadap adanya perbedaan dengan tetap berpegang pada Bhinneka Tunggal Ika.

    3. Mencintai dan menjunjung tinggi seni budaya Indonesia

    Begitu banyak kesenian dan kebudayaan yang lahir di negara kita, dengan begitu kita perlu menjaganya. Jangan sampai mendewakan budaya lain, namun justru meninggalkan budaya kita. Demikian juga di bidang kesenian, paling tidak kita mengetahui beragam kesenian di Indonesia. Misal pada seni rupa, tari, musik, teater, dan sastra di Indonesia.

    4. Menghormati dan menjunjung tinggi hukum yang berlaku

    Masyarakat yang damai dan tentram dapat diciptakan ketika semua orang mencerminkan dan menjunjung tinggi hukum yang berlaku. Jika terjadi suatu persoalan, kita dapat mengacu pada hukum-hukum kita sebagai parameter utama. Hukum yang berlaku dapat menjadi antibodi dan pengarahan untuk lingkungan yang kondusif. Dengan begitu, tidak ada ketakutan di antara semua warga negara.

    5. Menghargai perbedaan pendapat

    Dengan menghargai perbedaan pendapat, dapat menjadikan kita masyarakat yang baik satu sama lain dan meningkatkan rasa kebersamaan. Jika kita mendapati dua atau lebih perspektif yang berbeda. Maka kita bisa menerima dan menghargainya, bukan langsung menolaknya yang mana dapat mengakibatkan pertikaian.

    6. Ikut serta dalam pelaksanaan pemilu

    Setiap kali ada pemilihan umum, kita melihat kampanye besar-besaran yang mendorong setiap orang untuk keluar rumah dan memilih. Namun statistik mengatakan banyak juga orang yang tidak memilih. Tetapi kita dapat ikut serta paling tidak mendukung mana yang menurut kita lebih baik sebagai bentuk kontribusi di dalam demokrasi. Dengan ikut memilih, dapat berdampak untuk membuat negara kita menjadi lebih baik.

    7. Mendukung kebijakan pemerintah yang dibuat untuk kesejahteraan

    Kadang-kadang kesenjangan sosial dan kecemburuan sosial dapat memicu meningkatnya kriminalitas. Bahkan seringkali dikatakan bahwa kemiskinan adalah ibu dari segala kejahatan. Namun kemiskinan merupakan salah satu musuh terbesar di dunia. Oleh karena itu, paling tidak kita mendukung upaya pemerintah ketika dibuat kebijakan yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan. Kita pun dapat membantu sesama berdasarkan kejujuran untuk menciptakan rasa kerbersamaan yang lebih baik. Bukan untuk sekadar meminta imbalan dari Tuhan, menginginkan karma baik, ataupun meningkatkan elektabilitas.

    8. Kritis terhadap kebijakan pemerintah yang mengesampingkan kesejahteraan

    Jika mendukung kebijakan pemerintah yang dibuat untuk kesejahteraan penting. Dengan begitu, mengkritik jika terjadi kebijakan yang mengesampingkan kesejahteraan juga sangat penting. Namun tentu sikap kritis yang disampaikan adalah yang berkapasitas, bukan sekadar argumentasi yang didasari emosi negatif dan sangat subjektif.

    9. Mencintai produk-produk Indonesia

    Upaya mengisi kemerdekaan lainnya adalah mencintai produk-produk lokal. Sebagai warga negara tentu kita harus mencintai dan bangga dengan produk-produk yang telah dihasilkan oleh anak bangsa. Tidak harus menunggu untuk dapat menjadi inovator, dengan memakai produk-produk lokal kita telah berkontribusi untuk pengembangan industri di Indonesia.

    10. Memiliki semangat berwirausaha

    Generasi milenial sangat bagus jika memiliki semangat berwirausaha. Dengan menjadi seorang wirausaha kita dapat mengurangi jumlah angka pengangguran di Indonesia. Kita pun dapat melatih diri kita untuk berani dan mengambil risiko dengan rencana yang terstruktur.