Apa itu Vas Bunga serta Fungsinya?

    Pengertian vas bunga

    Vas bunga adalah wadah terbuka yang diisi dengan rangkaian bunga. Wadah ini bisa dibuat dari bermacam-macam bahan, misalnya dari tanah liat, gelas, besi, plastik, dll. Bahkan bahan kayu juga bisa digunakan untuk membuat vas.

    Vas dapat didekorasi dengan lukisan atau semacamnya untuk menambahkan nilai estetis. Vas dapat memiliki berbagai ukuran untuk dapat menyimpan bermacam-macam bunga.

    Deskripsi vas

    Kebanyakan vas memiliki bentuk yang mirip, yaitu berbentuk tabung dengan memiliki lubang di bagian tengahnya. Kaki atau alasnya bisa bulat, rata, berukir, ataupun bentuk lainnya. Badan vas merupakan bagian utama dari bentuknya. Beberapa vas memiliki bentuk badan yang melengkung ke dalam atau leher, yang memberi tinggi, lalu melengkung kembali hingga ke bagian atas. Beberapa vas juga memiliki pegangan.

    Perbedaan vas dengan pot bunga

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata vas diartikan sebagai berikut.

    Vas adalah tempat bunga untuk hiasan di atas meja dan sebagainya. Lebih lanjut KBBI juga mengartikan vas sebagai jambangan.

    Sedangkan pot diartikan KBBI sebagai berikut.

    Pot adalah tempat yang terbuat dari tanah, semen, plastik, dan sebagainya untuk menanam pohon (bunga), biasanya untuk menghias halaman rumah.

    Dengan berdasarkan pengertian vas dan pot tersebut, dapat diketahui perbedaan bahwa pot digunakan untuk media menanam. Sedangkan vas hanya digunakan untuk menaruh bunga hias, namun tidak dapat digunakan sebagai tempat untuk menanam.

    Berdasarkan bentuknya pun keduanya biasanya juga berbeda, umumnya vas lebih bagus dan menarik, karena vas biasa digunakan juga sebagai dekorasi di dalam rumah. Sedangkan bentuk pot kebanyakan tampak sederhana dan relatif berukuran besar, namun ada juga yang kecil.

    Pot umumnya untuk diletakkan di halaman rumah atau pekarangan rumah. Sedangkan vas biasanya diletakkan di dalam rumah untuk hiasan.

    Fungsi vas bunga

    Fungsi vas bunga adalah sebagai tempat atau wadah untuk menaruh bunga dengan tersusun rapi yang ditujukan untuk memperindah ruangan.

    Dengan demikian, tujuannya adalah untuk tempat atau wadah bunga. Lalu memiliki manfaat untuk memperindah ruangan dengan wadah dan bunga tersebut.

    Memilih vas

    Vas sudah ada sejak lama dan dengan fungsi yang sama juga, yaitu untuk dekorasi. Sekarang ini, berbagai vas bisa dibuat dari berbagai bahan, seperti tanah liat, gelas, besi, plastik, dan bahkan kayu.

    Jika memilih vas yang berbahan kayu sebaiknya, pilih yang menggunakan jenis kayu yang tahan terhadap pelapukan seperti kayu dari pohon jati. Dapat juga dengan menambahkan lapisan pelindung pada vas kayu.

    Dengan memiliki bentuk yang bervariasi, bisa memilih bentuk vas berdasarkan rangkaian bunga yang dibuat. Lalu ukuran dan warnanya pun juga perlu dipertimbangkan.

    Lalu yang terakhir adalah memilih tempat di mana vas diletakkan. Vas tidak harus diletakkan di atas meja, namun bisa juga di lantai dan sudut ruangan.